Manjalang Niniak Mamak: Makna komunikasi verbal dan non-verbal di Nagari Gunuang Malintang Kecamatan Pangkalan Luhak Limo Puluah Kota

Authors

  • Elfiani Elfiani IAIN Bukittinggi
  • Dahyul Daipon IAIN Bukittinggi
  • Basri Na'ali IAIN Bukittinggi
  • Fajrul Wadi IAIN Bukittinggi
  • Hendri Hendri IAIN Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.20789

Keywords:

Komunikasi, Niniak Mamak, Nonverbal, Verbal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis makna komunikasi  verbal dan nonverbal yang terdapat pada Tradisi Manjalang Niniak Mamak di Nagari Gunuang Malintang. Hal ini dilatarbelakngi oleh seiring kemajuan teknologi dan perkembangan zaman kebiasaan saling mengunjungi oleh sebagai orang sudah mulai berkurang bahkan ada yang sudah hilang dikarenakan mereka memilih melaksanaknya secara online namun pada masyarakat Nagari Gunuang Malintang  tetap menjaga hal tersebut dengan Tradisi Manjalang Niniak Mamak yang dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu etnografi dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga hasil didapatkan temuan bahwa Tradisi Manjalang Niniak Mamak dimulai dengan pawai dari balai adat hingga istana tuan rumah. Peserta pawai disepanjang jalan membaca syair, diiringi alat musik rebana. Tradisi melestarikan budaya tradisi nenek moyang, ini bentuk nyata penghargaan kepada niniak mamak yang terkandung nilai religius, nilai ukhuwah dan nilai akhlak. Adapun makna komunikasi verbal pada Tradisi Manjalang Niniak Mamak yaitu pada prosesi salam samba melalui salam samba dengan makna bahwasanya niniak mamak harus di muliakan. Selanjutnya makna komunikasi nonverbal pada Tradisi Manjalang Niniak Mamak seperti tingkuluak tanduak bundo kanduang, pakaian niniak mamak. Tradisi Manjalang Niniak Mamak memiliki makna sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi secara lansung pada saat lebaran atau hari hari tertentu yang dilakukan oleh masyarakat Nagari Gunuang Malintang kepada pemimpin dalam kaum mereka seperti niniak mamak, dubalang, bundo kanduang dengan kemenakan. Kemudian dalam Tradisi Manjalang Niniak Mamak terdapat simbol simbol yang diinterpretasikan oleh masyarakat kepada makna pesan verbal dan nonverbal.

 

The purpose of this study was ti analyze the meaning of verbal and nonverbal communication contained in the manjalang niniak mamak tradition in Nagari Gunuang Malintang. Ths is motivated by the advancement of technology and the development of the era Along with technological advances and the development of the times, the habit of visiting each other by people has begun to decrease and some have even disappeared because they chose to it online, but the Nagari Gunuang Malintang community still maintains this with the tradition of manjalang niniak mamak which is carried out after Eid al-Fitr or before entering the month of ramadhan which is followed by niniak mamak, clerical scholars, clerever cadiak pandai, bundo kanduang and all levels of society. The tradition of manjalang niniak mamak begins with a parade called arak iriang or “baaghak” from the traditional hall to the host’s palace. Parade participants along the way read poetry, songs written on books and accompanied by a tambourine musical instruments plus a traditional umbrella. This tradition aims to preserve the culture of ancestral traditions, this activity is a tangible form of appreciation for niniak mamak, especially for nephews and nephews. The meaning of verbal communication in the manjalang niniak mamak tradition is in the procession of samba greetings through samba greetings with the meaning that niniak mamak are people who must be honored. Furthermore, the meaning of nonverbal communication in the manjalang niniak mamak tradition can be seen In the clothes worn by participants such as the tingkuluak tanduak bundo kanduang clothing which symbolizes the greatness of a Minangkabau woman, then the niniak mamak clothing which is a traditional dress which illustrates that niniak mamak is a leader and then jamba which sysbolizes that respect for niniak mamak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustianto, A. (2011). Makna Simbol Dalam Kebudayaan Manusia. In Jurnal Ilmu Budaya Unilak (Vol. 8, Issue 1, pp. 1–63). https://doi.org/10.31849/jib.v8i1.1017

Arifin, M. (2016). Islam dan Akulturasi Budaya Lokal di Aceh. Islam Futura, 15(2), 251–284. ttp://dx.doi.org/10.22373/jiif.v15i2.545

Bakasumbar.com, P. (2019). Tradisi Manjalang Ninik Mamak. 10 Juni 2019, 1. https://www.pasbana.com/2019/06/tradisi-manjalang-ninik-mamak.html

Basah, Z. D. (2021). wawancara terstruktur.

Beritasumbar.com. (2019). Manjalang Niniak Mamak, Tradisi Budaya Anak Nagari Muaro Paiti. Juni 7, 2019, 1. https://beritasumbar.com/manjalang-niniak-mamak-tradisi-budaya-anak-nagari-muaro-paiti/

Cristina, W. (2011). Petani Gambir di Nagari Gunung Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 1998-2008. In Phys. Rev. E. http://ridum.umanizales.edu.co:8080/jspui/bitstream/6789/377/4/Muñoz_Zapata_Adriana_Patricia_Artículo_2011.pdf

Dias. (2021). wawancara terstruktur dengan bundo kanduang persukuan.

Gustin, N. F., Baidar, B., & Elida, E. (2016). Makna Juadah pada acara Manjalang Mintuo di Nagari Lubuk Pandan Kabupaten Padang Pariaman. Home Economics and Tourism, 12(2), http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/view/6281/4889

Handayani, R. (2020). Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Berdakwah Di tengah Pandemi. Hikmah, 15(No. 1 Juni), 123–138. 10.24952/hik.v15i1.3569

Hendri, H. (2021). Problematika Ilmu Falak Kontemporer" Studi Kiblat di Rumah Makan Pinggir jalan Lintas Kabupaten Kota se Sumatera Barat. Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 7(01 Juni), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/268350-penanggalan-mesir-kuno-61e38fac.pdf

Isep. (2021). Wawancara dengan kepala jorong Koto Lamo.

Ismi, H. (2015). Fungsi Tradisi Alek Bakajang dalam mempererat Integritas Sosial masyarakat di Kenagarian Gunuang Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://www.neliti.com/publications/31445/fungsi-tradisi-alek-bakajang-dalam-mempererat-integrasi-sosial-masyarakat-di-ken

Izal, K. (2021). wawancara dengan alim ulama Nagari Gunuang Malintang.

Jalinus, N., Rizal, F., Helmi, N., & Arbian, Y. (2018). Peranan Niniak Mamak Dalam Melestarikan Adat Istiadat Minangkabau Ditengah Arus Globalisasi: Studi Kasus Di Nagari Parambahan Dan Nagari Labuah. 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/nmf2k

Kahpi, L., & Harahap, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemangku adat dalam pencegahan konflik keagamaan di kecamatan siporok Kabupaten Tapanuli Selatan. Hikmah IAIN Sidenpuan, 14, 317–338. DOI: 0.24952/hik.v14i2.2958

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83-98. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v6i2.6618

Lepai, M. (2021). "Niniak mamak persekuan Wawancara Terktruktur.

Magek. (2021). Wawancara dengan dubalang.

Masruroh, N., Rahman, A., & Hermawan, Y. (2021). Eksistensi sedekah bumi di era modern: Desa wisata Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 268–283. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17209

Nurmala, R., Maulana, S., & Prasetio, A. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Studi Kasus pada Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bintang Gang Nangkasuni , Wastukencana Bandung). E-Proceeding of Management, 3(1), 1–8. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3461

Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan makna kata estetik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560

Pitopang. (2021). Wawancara Struktur.

Pratama, N. J. (2020). Usaha Gambir di Kecamatan Kapur IX Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Pada Krisisi Moneter 1997-2000. Skripsi Sarjana. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi. http://e-campus.iainbukittinggi.ac.id/ecampus/AmbilLampiran?ref=94177&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain

Puspita, A. S., & Putri, I. P. (2021). Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Dalam Penyampaian Pesan Cara Pencegahan Covid-19 Pada Iklan Grab ‘Armada Higienis Grabkitchen Siap Jaga Kebersihan Pesnanamu!. E-Procedding of Management, 8(3), 1-9. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15025/14919

Rakhmat, P., & Fatimah, J. M. (2016). Makna Pesan Simbolik Non Verbal Tradisi Mappadendang di Kabupaten Pinrang. Kareba, 5(2), 331–348. https://doi.org/10.31947/kjik.v5i2.1911

Salma, S., & Burhanuddin, B. (2018). Kajian ‘Urf pada Tradisi Rompak Paga Di Luhak Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Al-Ihkam: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 12(2), 315. https://doi.org/10.19105/al-ihkam.v12i2.1458

Sari, B. R. N. (2019). Peran Komunikasi Nonverbal Dalam Perkembangan Budaya. Jurnal Hikmah IAIN Sidenpuan, 13, 107–119. 10.24952/hik.v13i1.1340

Sati, D. (2021). Wawancara dengan niniak mamak.

Shanti, A.D. (2018). Etnografi komunikasi tradisi barong ider bumi bagi orang osing. Skrisi Sarjana. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163771

Siddid, M., & Hartini, S. (2019). Etnografi Sebagai Teori dan Metode. Kordinat2, 1(April), 23–48. DOI: 10.15408/kordinat.v18i1.11471

Simarajo, G. (2021). wawancara dengan niniak mamak.

Solihin, O. (2015). Makna Komunikasi Non Verbal dalam Tradisi Sarungan di Pondok Pesantren Tradisional di Kota Bandung. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 4, 1–12. https://repository.unikom.ac.id/30689/

Utami, I., & Ertanto, D. (2020). Tradisi Ramadhan dan Lebaran di Tengah Covid-19. An-Nizom, 5(2), 131–138.

Vebri, L., & Hasmira, M. H. (2019). Manjamu Niniak Mamak. Jurnal Perspektif, 2(3), 262. https://doi.org/10.24036/perspektif.v2i3.99

Wardani, L. K. (2010). Fungsi , Makna dan Simbol ( Sebuah Kajian Teoritik ) Ruang Dalam Arsitektur-Interior. Fungsi, Makna Dan Simbol (Sebuah Kajian Teoritik), 1–10. http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17181

Wikipedia. (2021). Gunuang Malintang, Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota. Wikipedia.Org. https://id.wikipedia.org/wiki/Gunuang_Malintang,_Pangkalan_Koto_Baru,_Lima_Puluh_Kota

Yuliaty, C., & Priyatna, F. N. (2015). Lubuk Larangan: Dinamika Pengetahuan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Perairan Sungai Di Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(1), 115. https://doi.org/10.15578/jsekp.v9i1.1189

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Elfiani, E., Daipon, D., Na’ali, B., Wadi, F., & Hendri, H. (2022). Manjalang Niniak Mamak: Makna komunikasi verbal dan non-verbal di Nagari Gunuang Malintang Kecamatan Pangkalan Luhak Limo Puluah Kota. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(1), 153–166. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.20789

Issue

Section

Original Research