Strategi komunikasi pemasaran The Body Shop melalui brand ambassador: Studi kasus Iqbaal Ramadhan
DOI:
https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25348Keywords:
brand ambassador, brand image, media sosialAbstract
Strategi pemasaran memainkan peran penting dalam bisnis untuk mencapai tujuan bisnis yang tepat. Strategi pemasaran yang tepat banyak digunakan dengan cara memasangkan sebuah iklan atau promosi. Salah satunya menggunakan strategi brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi pemasaran The Body Shop dalam menciptakan brand image. Dengan memanfaatkan Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori FRED yaitu familiarity, relevance, esteem, dan differentiation. Data yang dikumpulkan melalui beberapa postingan akun media sosial dari The Body Shop dan akun pribadi Iqbaal Ramadhan. Berdasarkan hasil penelitian ini The Body Shop menggunakan strategi pemasaran sosial media Instagram, TikTok, dan website yang menjadi sebuah media komunikasi juga media penghubung antara konsumen The Body Shop serta penggemar Iqbaal Ramadhan dan para generasi milenial saat ini agar informasi mengenai The Body Shop juga dikenal ke khalayak.
Marketing strategy plays an essential role in achieving the right business goals. The right marketing strategy is widely used by placing an advertisement or promotion. One of them is using the brand ambassador strategy. This study analyses how The Body Shop's marketing communication strategy for creating a brand image by utilizing Iqbaal Ramadhan as a brand ambassador. This type of research uses a qualitative descriptive method with case study research. This study uses the FRED theory: Familiarity, Relevance, Esteem and Differentiation. Data was collected through several social media posts from The Body Shop and Iqbaal Ramadhan's personal account. Based on the results of this study, The Body Shop uses a social media marketing strategy of Instagram, TikTok, and a website which is a medium of communication as well as a liaison medium between The Body Shop consumers and Iqbaal Ramadhan fans and the current millennial generation so that information about The Body Shop is also known to the public.
Downloads
References
Adam, M. R. R., Handra, T., & Annas, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Periklanan Terhadap Brand Image (Peran Digital Marketing). Technomedia Journal, 7(2), 189–201. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i2.1905
Angela, N., & Yoedtadi, M. G. (2019). Pemanfaatan Media Sosial oleh Komunitas Historia Indonesia. Prologia, 3(2), 393. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6371
Ayuningtyas, N. P. S., Sariani, N. L. P., & Sukarnasih, D. M. (2021). Penetapan Brand Ambassador Sebagai Upaya Strategi Komunikasi Pemasaran “Ruangguru” di Era Pandemi Covid-19. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 66. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6401
Bahriyah, E. N. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Universitas Esa Unggul
Firmansyah, D. W. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial melalui Brand Ambassador pada Cakekinian. Bachelor Thesis: Universitas Brawijaya.
Hendayana, Y., & Afifah, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. Kinerja, 3(1), 32–46. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i1.1285
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Kementrian Komunikasi dan Informasi. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia: Strategi dan Sektor Potensial. 1–68.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/670
Mariyanti, L. D., & Rahanatha, G. B. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsers dan Pesan Iklan di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10), 3093–3118. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14429/10522
Mawadah, E. M. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kesadaran Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk di Tokopedia dengan Citra Merek Sebagai Intervening. Bachelor Thesis: UIN Jakarta
Mongay, J. (2006). Munich Personal RePEc Archive Strategic Marketing. A literature review on definitions, concepts and boundaries. 41840.
Poernomo, T. T. (2021). Stimuli pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention melalui mediasi consumer satisfaction. Jurnal Manajemen, 13(3), 515–525. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/10067/0
Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p02
Putra, M. I., Suharyono, & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 1–10.
Rahim, R. (2022). Pengaruh Endors Selebgram Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Gallery Phone Makassar. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 5(2), 10-16. https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i2.392
Saepuloh, M. R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Sekolah Melalui Website Online dalam Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Kasus Pada SMK Medikacom Bandung). Bachelor Thesis: Universitas Pasundan.
Safina, W. D. (2019). Pengaruh Kredibilitas Celebrities Endors Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Sampoo Pantene di Palaza Medan Fair medan. Jurnal Ekonomic, 7(1), 61–68. https://ojs.unm.ac.id/economix/article/view/10308
Saparso, & Lestari, D. (2009). Peranan Endorser Terhadap Brand Image dari Sudut Pandang Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 9(3), 161-180. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/IMB/article/view/560
Sari, K. (2021). Pengaruh Brand Equity dan Advertising terhadap Minat Beli dengan Brand Ambassador sebagai Variable Moderasi (Studi pada Aplikasi Ruang guru di Kota Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678
Sasmita, Y. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Handphone Oppo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi). Tijarah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(18), 58-66. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tjh/article/view/1530
Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 71-80. https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1374
Setiyono, J., & Sutrimah, S. (2016). Analisis Teks dan Konteks Pada Iklan Operator Seluler (XL dengan Kartu AS). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 297–310. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.263
Suparwi, S., & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa Febi Iain Kudus 2016-2017. Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8764
Supriyono. (2010). Kepercayaan dan Minat Beli di Sub Forum Jual Beli. Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis, 10(2), 73–82. http://www.ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/rebis/article/view/343
Suryadi, E. C. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8.
Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. Mbia, 19(3), 293–308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167
Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 798–807. http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/685
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Salma Aisya, Poppy Febriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial agree to the following terms:
- For all articles published in Satwika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)