Peran SASUDE sebagai gerakan swadaya literasi anak dalam membangun Sustainable Development Goals

Authors

  • Annisa Thaharah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Karim Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25599

Keywords:

Peran, Sasude, Literasi Anak, SDGs

Abstract

Sanggar Anak Sungai Deli (SASUDE) merupakan lembaga non pemerintah yang bergerak pada bidang swadaya literasi anak pada wilayah tepian Sungai Deli, kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran SASUDE sebagai gerakan swadaya literasi anak dalam membangun SDGs khususnya pada pilar ke 4, 5 dan 10. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan mengacu pada model Miles dan Huberman. Dalam dilakukannya penelitian ini terdapat 7 informan, terdiri dari : Founder SASUDE, tim pengajar SASUDE, 2 relawan SASUDE dan 3 orang tua dari anak murid SASUDE. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa SASUDE memiliki peranan dalam mendukung SDGs, yaitu : 1) Menyediakan tempat belajar anak sebagai sarana edukasi anak tepian Sungai Deli, 2) Membangun kualitas literasi anak dengan diadakannya kelas literasi dan program literasi lingkungan, 3) Memperbaiki lingkungan dengan diadakannya program Eco Brick, 4) Menegaskan kesetaraan gender yang ada di tepian Sungai Deli, dan 5) Mengurangi ketimpangan sosial yang hidup di wilayah pinggiran khususnya ketimpangan pendidikan dan ekonomi. Dampak yang diberikan SASUDE cukup besar, meningkatnya kualitas pendidikan anak yang memiliki ekonomi rendah maupun tidak. 

 

Sanggar Anak Sungai Deli (SASUDE) is a non-governmental organization engaged in children's literacy self-help on the banks of the Deli River, Medan City. This study aims to discover the role of SASUDE as a child literacy self-help movement in building SDGs, especially on pillars 4, 5 and 10. This research uses descriptive qualitative research techniques that use data collection techniques through observation, interviews and documentation. Researchers used data validity tests in this study through source and technique triangulation. The data analysis used refers to the Miles and Huberman model. In conducting this research, there were seven informants: the SASUDE Founder, the SASUDE teaching team, 2 SASUDE volunteers and three parents of SASUDE students. Based on the research that has been done, it can be concluded that SASUDE has a role in supporting the SDGs, namely: 1) Providing a place for children's learning as a means of educating children on the banks of the Deli River, 2) Building the quality of children's literacy by holding literacy classes and environmental literacy programs, 3) Improving the environment by holding the Eco Brick program, 4) Affirming gender equality on the banks of the Deli River, and 5) Reducing social inequality living in suburban areas, primarily educational and economic inequality. The impact given by SASUDE is quite significant, increasing the quality of education for children with a low economy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, F. J. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Kampung Pelangi Di Kota Semarang.

Alamsyah, D. K., & Rosita, N. (N.D.). Literacy Movement Based On Community For Sustainable Development Goals: Case Study In Tbm Tanah Ombak. Https://Doi.Org/10.24036/Spektrumpls.V2i4.107491

Barkah, S. M. (2022). Taman Bacaan Masyarakat sebagai Lembaga Pendidikan Nonformal untuk Meningkatkan Minat Baca di Desa Langensari. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(3), 118-123. https://doi.org/10.37010/pnd.v1i3.919

Benner, A. D., Boyle, A. E., & Sadler, S. (2016). Parental Involvement And Adolescents’ Educational Success: The Roles Of Prior Achievement And Socioeconomic Status. Journal Of Youth And Adolescence, 45(6), 1053–1064. Https://Doi.Org/10.1007/S10964-016-0431-4

Boby-Prabowo, Batubara, A. K., & Jamil, K. (2023). Strategi Perpustakaan Desa Rahul Dalam Implementasi Program Inklusi Sosial Menjadi Perpustakaan Terbaik Nasional. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 50–56. Https://Doi.Org/10.31849/Pb.V10i1.11912

Cahyani, I. R. (2020). Upaya Perpustakaan Universitas Airlangga dalam Mewujudkan Airlangga University Library Sustainable Development Goals (SDGs). JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 10(2), 83-93. https://e-journal.unair.ac.id/JPERPUS/article/download/23501/13089

Chu, F. W., Vanmarle, K., & Geary, D. C. (2015). Early Numerical Foundations Of Young Children’s Mathematical Development. Journal Of Experimental Child Psychology, 132, 205–212. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jecp.2015.01.006

Chu, S. L., Quek, F., Bhangaonkar, S., Ging, A. B., & Sridharamurthy, K. (2015). Making The Maker: A Means-To-An-Ends Approach To Nurturing The Maker Mindset In Elementary-Aged Children. International Journal Of Child-Computer Interaction, 5, 11–19. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijcci.2015.08.002

Damayantie, A. R. (2015). Literasi Dari Era Ke Era. Sasindo, 3(1). Https://Doi.Org/10.26877/Sasindo.V3i1.2076

Darmawan. (2017, 03 01). Berita Perpusnas : Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Tpb. Retrieved from Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Tpb: https://www.perpusnas.go.id/berita/peran-perpustakaan-dalam-mendukung-tpb

Fajrussalam, H., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural Di Jawa Barat. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1). Https://Doi.Org/10.24235/Edueksos.V9i1.6385

Fitriani, Y., Ikhsan, D., & Aziz, A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa), 3(1). Https://Doi.Org/10.22219/.V3i1.2592

Handrian, E., & Andry, H. (2020). Sustainable Development Goals : Tinjauan Percepatan Pencapaian Di Provinsi Riau. Publika : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 77–87. Https://Doi.Org/10.25299/Jiap.2020.Vol6(1).4995

Harahap, M. E. U. (2020). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah Fdik Iain Padangsidimpuan, 2(1), 189–204. Https://Doi.Org/10.24952/Tad.V2i1.2638

Hidayat, A. (2017). Kesenjangan Sosial Terhadap Pendidikan Sebagai Pengaruh Era Globalisasi. Justisi: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1). Https://Doi.Org/10.36805/Jjih.V2i1.400

Ishatono, I., & Raharjo, S. T. (2016). Sustainable Development Goals (Sdgs) dan Pengentasan Kemiskinan. Share : Social Work Journal, 6(2), 159. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V6i2.13198

Istiqomah. (2022). Peran Taman Baca dalam Pengembangan Masyarakat di Yogyakarta : Pendekatan, Pelibatan dan Pelaksanaan. Jurnal Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(2), 280. doi:10.24235/empower.v7i2.11461

Kuncoro, M. (2004). Otonomi & Pembangunan Daerah : Reformasi, Perencanaan, Strategi Dan Peluang.

Lee, A. (2016). Implementing Character Education Program Through Music And Integrated Activities In Early Childhood Settings In Taiwan. International Journal Of Music Education, 34(3), 340–351. Https://Doi.Org/10.1177/0255761414563195

Mubarok, S., & Afrizal, M. (2018). Islam Dan Sustainable Development: Studi Kasus Menjaga Lingkungan Dan Ekonomi Berkeadilan. Dauliyah: Journal Of Islam And International Affairs, 3(1), 129–146. Https://Doi.Org/10.21111/Dauliyah.V3i1.1872

Nashihuddin, W., & Anwar, S. (2017). Optimasi Layanan Perpustakaan Digital Untuk Peningkatan Kapasitas Sosial Masyarakat. Pusat Dokumentasi Dan Informasi Ilmiah-Lipi, 1–13.

Prayogo, A. (2022). Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 107–119. Https://Doi.Org/10.15548/Jib.V6i2.235

Putri, C. K. (2018). Peran Aiesec Local Committee (Lc) Bandung Dalam Mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals (Sdgs). Global Political Studies Journal, 2(1), 41–55. Https://Doi.Org/10.34010/Gpsjournal.V2i1.2008

Rahayu, N. (2012). Kesetaraan Gender Dalam Aturan Hukum Dan Implementasinya Di Indonesia (Gender Equality In The Rule Of Law In Indonesian And Implementation). Jurnal Legislasi Indonesia, 9(1), 15–32.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan Konten Positif Sebagai Bagian Dari Gerakan Literasi Digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31–43. Https://Doi.Org/10.24198/Jkk.V7i1.20575

Saifulloh, M., & Nanang Djamaludin. (2022). Gerakan Literasi Bagi Pelajar Melalui “Tantangan Membaca” Di Tali Jaranan Jakarta Timur. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(1), 7–13. Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.Vol5.No1.108-118

Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2022). Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan (Kajian Perbandingan Indonesia-India). Balobe Law Journal, 2(1), 7. Https://Doi.Org/10.47268/Balobe.V2i1.791

Simatupang, A. R., & Syam, A. M. (2021). Kelas Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Maktabatuna, 3(1), 65–79. Https://Doi.Org/10.15548/Mj.V3i1.3165

Situmorang, L., & Sihotang, M. Y. (2022). Edukasi Menjaga Lingkungan Perairan Dengan Membudayakan Gaya Hidup 5 R (Recycle, Reduce, Repair, Replace Dan Reuse). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 787–791. Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V6i3.10058

Sofianto, A. (2019). Integrasi Target Dan Indikator Sustainable Development Goals (Sdgs) Ke Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Di Jawa Tengah. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 17(1), 25–41. Https://Doi.Org/10.36762/Jurnaljateng.V17i1.784

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Perpustakaan Uin Sultan Syarif Kasim Riau (P. 456 Hlm). P. 456 Hlm.

Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. Ijougs: Indonesian Journal Of Gender Studies, 1(2), 1–14. Https://Doi.Org/10.21154/Ijougs.V1i2.2317

Sutikno, Harifa, A. C., Hanggara, I., & Sholeh, M. (2021). Pendirian Taman Baca Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Literasi. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1157–1164.

Teja, M. (2015). Pembangunan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Kawasan Pesisir. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(1), 63–76. Https://Doi.Org/10.46807/Aspirasi.V6i1.463

Tinanoff, N., Baez, R. J., Diaz Guillory, C., Donly, K. J., Feldens, C. A., Mcgrath, C., … Twetman, S. (2019, May 1). Early Childhood Caries Epidemiology, Aetiology, Risk Assessment, Societal Burden, Management, Education, And Policy: Global Perspective. International Journal Of Paediatric Dentistry, Vol. 29, Pp. 238–248. Blackwell Publishing Ltd. Https://Doi.Org/10.1111/Ipd.12484

Tseng, S. M. (2017). Investigating The Moderating Effects Of Organizational Culture And Leadership Style On It-Adoption And Knowledge-Sharing Intention. Journal Of Enterprise Information Management, 30(4), 583–604. Https://Doi.Org/10.1108/Jeim-04-2016-0081/Full/Xml

Wibowo, Y. A., Jordan, E., Elkasinky, A., Suryana, D. D., Putri, S. N., Puspitaningrum, H., & Kinthen, N. (2020). Pengembangan Bakat Dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Mi Muhammadiyah Sabrang Lor, Trucuk, Klaten. Buletin Kkn Pendidikan, 2(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V2i1.10939

Yanto, A., Rodiah, S., & Lusiana, E. (2016). Model Aktivitas Gerakan Literasi Berbasis Komunitas Di Sudut Baca Soreang. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 107–118. Https://Doi.Org/10.24198/Jkip.V4i1.11629

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Thaharah, A., & Batubara, A. K. (2023). Peran SASUDE sebagai gerakan swadaya literasi anak dalam membangun Sustainable Development Goals . Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 246–262. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25599

Issue

Section

Table of Content