Peran Kampanye Ular Tangga AKSI (Antikorupsi) sebagai Media Belajar di SDN 11 Jimbaran

Authors

  • Nanda Aqshal Cendharana Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Handriyotopo Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v7i2.29350

Keywords:

Ular Tangga, Antikorupsi, Anak-anak Sekolah Dasar

Abstract

Korupsi adalah masalah serius yang dapat menghancurkan integritas dan pembangunan suatu negara. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memulai upaya pencegahan sejak dini, termasuk melibatkan anak-anak sebagai generasi masa depan yang berintegritas. Dalam, kampanye "Ular Tangga AKSI" diimplementasikan di SDN 11 Jimbaran, Bali, dengan fokus pada anak-anak sekolah dasar.Kampanye ini dirancang untuk mengajarkan anak-anak tentang arti pentingnya antikorupsi, serta memberikan pemahaman tentang etika, kejujuran, dan transparansi. Melalui permainan ular tangga yang interaktif dan edukatif, anak-anak diajak untuk memahami konsep-konsep ini secara menyenangkan. Hasil dari penelitian berdasarkan kuesioner pre-test, post-test, serta kuesioner opini yang responden ikuti menunjukkan bahwa permainan ini efektif dalam meningkatkan kesadaran mereka tentang korupsi dan mendorong mereka menjadi agen perubahan dalam melawan korupsi melalui pemahaman nilai-nilai integritas dan peran aktif dalam menyebarkan pesan antikorupsi. Dari hasil penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa kampanye ular tangga AKSI (Antikorupsi) dapat meningkatkan kesadaran anak-anak dalam pemahaman antikorupsi namun kekurangan penelitian ini belum ada sistem untuk memantau perilaku responden ke depannya.

 

Corruption is a serious problem that can undermine the integrity and development of a country. To address this issue, it is important to start prevention efforts early, including involving children as the future generation of integrity. In the "Ular Tangga AKSI" campaign implemented in Jimbaran, Bali, the focus is on elementary school children. This campaign is designed to teach children about the importance of anti-corruption and provide an understanding of ethics, honesty, and transparency. Through interactive and educational snake and ladder games, children are invited to understand these concepts in a fun way. The results of the research, based on pre-test and post-test questionnaires, as well as opinion surveys conducted with the respondents, indicate that this game is effective in enhancing their awareness of corruption and motivating them to become agents of change in the fight against corruption through an understanding of the values of integrity and an active role in spreading anti-corruption messages. From the existing research findings, it can be concluded that the AKSI (Anti-Corruption) snakes and ladders campaign can increase children's awareness of anti-corruption understanding. However, a limitation of this research is the absence of a system to monitor the respondents.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, P., Wardah, H., & Ovin Sofian, dan M. (2019). SATWIKA: Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial Nilai Sosial Masyarakat Madura dalam Kumpulan Syair Lagu Daerah Madura. Jurnal SATWIKA. https://doi.org/prefix 10.22219

Annur, C. M. (2022). indeks-persepsi-korupsi-indonesia-memburuk-pada-2022. Databoks: Pusat Data Ekonomi Dan Bisnis Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/01/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-memburuk-pada-2022#:~:text=Tercatat%2C%20IPK%20Indonesia%20pada%202022,air%20memburuk%20sepanjang%20tahun%20lalu.

Asyafiq, S. (2017). Implementasi pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran PPKn berbasis project citizen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Civiqs. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.15664

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2002). Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Korupsi Pada Pengelolaan APBN/APBD. Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan. https://www.bpkp.go.id/pustakabpkp/index.php?p=show_detail&id=12976

Balimula, S., Harsanto, P. W., & Milka, R. (2020). Perancangan Kampanye Media Sosial tentang Nilai-Nilai Anti Korupsi untuk Anak-Anak Sekolah Dasar di Surabaya. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/10375

Becker, K., Hauser, C., & Kronthaler, F. (2013). Fostering management education to deter corruption: What do students know about corruption and its legal consequences? Crime, Law and Social Change, 60(2), 227–240. https://doi.org/10.1007/s10611-013-9448-8

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Channiago, E., Gomang, J. H., Cahyani, I. F., Ginting, F. T., & Isnin, H. (2022). Media and Character Education in Preventing Corruption in Indonesia: The Future Challenges. Indonesia Media Law Review, 1(2), 199–230. https://doi.org/10.15294/IMREV.V1I2.60582

Daroe Iswatiningsih. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. JURNAL SATWIKA, 3(2), 155–164. https://doi.org/://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244

Dirwan, A. (2019). The Effect of Education against Corruption In Indonesia. OIDA International Journal of Sustainable Development, 12(1), 53–64. www.oidaijsd.comAlsoavailableathttp://www.ssrn.com/link/OIDA-Intl-Journal-Sustainable-Dev.html

Erlawana, E. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Mata Pelajaran Kimia Melalui Media Game Ular Tangga. In Lantanida Journal (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2055

Fitriyah, M. A. T., & Permatasari, N. A. (2020). Anti-Corruption Behavior Education for Children to Prevent Corruption as Extraordinary Crime in the City of Surabaya. NST Proceeding, 75–83. https://doi.org/10.11594/nstp.2019.0411

Gumelar, S. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pkn Utag-Atik (Ular Tangga Anti Korupsi) Kelas V Semester I Development Civic Education Utag-Atik (Ladders And Snakes For Anti-Corruption) Learning Media For Fifth Grade Students. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 5). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/7008/6728

Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. https://www.academia.edu/34548201/PERBEDAAN_SKALA_LIKERT_LIMA_SKALA_DENGAN_MODIFIKASI_SKALA_LIKERT_EMPAT_SKALA

Indonesia Corruption Watch. (2021). Tren Penindakan Korupsi Sektor Pendidikan: Pendidikan di Tengah Kepungan Korupsi | ICW. Anticorruption.Org. https://antikorupsi.org/id/article/tren-penindakan-korupsi-sektor-pendidikan-pendidikan-di-tengah-kepungan-korupsi

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2015). Integration of anti-corruption education in school’s activities. American Journal of Applied Sciences, 12(6), 445–451. https://doi.org/10.3844/ajassp.2015.445.451

Komari, N., & Sariani, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel Geografi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i1.4268

Latifah, S., Hidayah, N., Shawmi, A. N., Amrullah, M. A., Fitriana, N. S., & Lampung, I. (2019). Snake and Ladder Game Integrated with Asmaul-husna: Development of Learning Media You may also like Snake and Ladder Game Integrated with Asmaul-husna: Development of Learning Media. IOP Publishing Ltd. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012024

Lestari, I. C. (2021). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 1). https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1730/570

Najih, M., & Wiryani, F. (2021). Perspectives on İntegrating anti-corruption curriculum İn Indonesian secondary school education. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(93), 407–424. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.93.20

Ningsih, S. P., Amilda, A., & Jayanti, E. (2021). Desain Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 49–66. https://doi.org/10.19109/OJPK.V5I1.8249

Novita, L., Sundari, F. S., Rohadatul’, K., & Rabani, A. (2020). Penerapan Media Game Ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 126–137. https://doi.org/10.22219/JP2SD.V8I2.12329

Purwanto;, M. N. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosda Karya. //library.fis.uny.ac.id%2Fopac%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D3443%26keywords%3D

Restian, A., & Adah, A. ’. (2019). Kartu Ragam Gerak Tari Pendet Berbasis 3 Bahasa sebagai Stimulasi Kinestetik Anak Tuna Grahita. JURNAL SATWIKA, 3(2), 18–29. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10245

Restian, A., Muzakki, A., & Purnamasari, W. I. (2020). Model Pembelajaran Talking Stick Melalui Permainan Truth or Dare Pada Tari Bungong Jeumpa Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL SATWIKA, 4(1), 1. https://doi.org/10.22219/satwika.vol4.no1.1-9

Riwukore, J. R., Manafe, H., Habaora, F., Susanto, Y., Yustini Strategi Pencegahan dan, T., Richset Riwukore, J., Manafe, H., Habaora, F., Susanto, Y., Tien Yustini, dan, Indo Global Mandiri Jl Jenderal Sudirman, U., Selatan, S., Pascasarjana Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan IPB Jl Raya Dramaga, S., Dramaga, K., Barat, J., Bina Insan Lubuklinggau Jl Jendral Besar Moh Soeharto, U. K., & Lubuk Linggau, K. (2020). Strategi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2), 229–242. https://doi.org/10.46807/ASPIRASI.V11I2.1556

Rofiq, A. (2023). 2 Guru di Bojonegoro Jadi Tersangka Korupsi Dana BOS Rp 300 Juta. Detikcom. https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-6581339/2-guru-di-bojonegoro-jadi-tersangka-korupsi-dana-bos-rp-300-juta

Sanda Rekysika, N. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. In Cakrawala Dini (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000

Sasanty, O. :, Gumelar, R., Guru, P., Dasar, S., & Sekolah Dasar, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pkn Utag-Atik (Ular Tangga Anti Korupsi) Kelas V Semester I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 5. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/7008/6728

Syawaluddin, A., Afriani Rachman, S., & Khaerunnisa. (2020). Developing Snake Ladder Game Learning Media to Increase Students’ Interest and Learning Outcomes on Social Studies in Elementary School. Simulation and Gaming, 51(4), 432–442. https://doi.org/10.1177/1046878120921902

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Cendharana, N. A., & Handriyotopo, H. (2023). Peran Kampanye Ular Tangga AKSI (Antikorupsi) sebagai Media Belajar di SDN 11 Jimbaran. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(2), 562–574. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i2.29350

Issue

Section

Table of Content