Dampak Menonton Video Dakwah di Media Sosial Tik Tok terhadap Pengalaman Agama Remaja Masjid Desa Medan Krio
DOI:
https://doi.org/10.22219/satwika.v7i2.29398Keywords:
Pengamalan Agama, Dakwah, TiktokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak memonton video dakwah di media social Tik Tok terhadap pengalaman agama remaja di Masjid Medan Krio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer yaitu hasil wawancara mendalam, observasi mengenai tinjauan yang dijadikan fokus penelitian ini. Format pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata. Sedangkan, untuk sumber data penunjang dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal terdahulu yang selaras dengan penelitian ini. Penelitian ini didasarkan pada dampak pengguna pengguna aplikasi Tik Tok akan berusaha mengubah perilaku keagamaan remaja yang terabaikan, seperti shalat, mengaji, menaati orang tua, dan menjaga lingkungan sosialnya. Dari semua hasil wawancara yang telah dilakukan para remaja masjid mengaku menonton video dakwah di Tik Tok sangat berpengaruh untuk pengamalan agama mereka, karena setiap menonton konten dakwah dimedia sosial Tik Tok mereka jadi tertarik untuk melakukan hal-hal yang disampaikan video tersebut. Dengan adanya konten dakwah tersebut mereka akan mengikuti apa yang disampaikan oleh para da’i jika itu sesuai dan apalagi da’i tersebut adalah orang yang mereka sukai. Seperti sholat, ketika konten dakwah tidak masuk ke beranda mereka pastinya mereka akan mengulur waktu untuk sholat, tetapi dengan adanya konten dakwah pada media sosial Tik Tok akan meningkatkan pengamalan agama mereka. Banyak hal yang mereka awalnya tidak tahu dengan menonton konten dakwah menjadi tahu, seperti tuntunan doa-doa sehari-hari yang bisa diamalkan, efek apabila mereka melakukan sedekah, berperilaku baik, berkata-kata-kata baik.
This study aims to analyze the impact of da'wah videos on Tik Tok social media on the religious experience of adolescents at Medan Krio Mosque. This research uses qualitative methods with the type of field research (field research). The data in this study was obtained from primary data sources, namely the results of in-depth interviews, observations about the review that was the focus of this study. The data processing format uses descriptive analysis where the data collected is in the form of words. Meanwhile, the supporting data sources in this study are previous books and journals that are in line with this study. This research is based on the impact that users of the Tik Tok application will try to change the neglected religious behavior of adolescents, such as praying, reciting, obeying parents, and maintaining their social environment. From all the interviews that have been conducted, mosque teenagers claim to watch da'wah videos on Tik Tok is very influential for their religious practice, because every time they watch da'wah content on Tik Tok social media they become interested in doing the things conveyed by the video. With the content of da'wah they will follow what is conveyed by the da'is if it is appropriate and moreover the da'i is the person they like. Like praying, when da'wah content does not enter their homepage, of course they will buy time to pray, but with the da'wah content on Tik Tok social media will increase their religious practice. Many things that they initially did not know by watching da'wah content became known, such as the guidance of daily prayers that can be practiced, the effects if they do alms, behave well, speak good words.
Downloads
References
Afghany, I. M. (2021). Pesan dakwah di media sosial Tiktok: Analisis isi pesan dakwah pada akun tiktok @basyasman00 periode mei 2020. Etheses.Uinsgd.Ac.Id.
Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. SOSIORELIGIUS: JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI AGAMA, 6(2), 74–83. https://doi.org/10.24252/SOSIORELIGIUS.V6I2.27617
Amrina, T. N., Mufidah, Z., Azmi, Z. K., & Suryandari, M. (2023). Respon Mahasiswa Iai Al-Aziz Dalam Menanggapi Konten Dakwah Islam di Media Sosial Tiktok. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 87–112. https://doi.org/10.59246/ALADALAH.V1I1.152
Dwina, N., Ambodo, L., Kurniaputri, N., Khatijah, U., & Riyani, W. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Dusun Tugu Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 5(2), 293–306. https://doi.org/10.22515/ACADEMICA.V5I2.4124
Fajrussalam, H., Nursyahbani, A., Khoirunnisa, A., Nurbaiti, N., & Ningrum, N. C. (2023). Konten Dakwah Habib Ja’far Al-Haddar di Media Sosial Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V7I1.6039
Faturohmi, I., & Chairiawaty. (2022). Pesan Dakwah dalam Akun @Basyasman00. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 25–30. https://doi.org/10.29313/JRKPI.V2I1.861
Febriana, A. (2021). Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah: (Studi Kasus Ustad Syam, di akun @syam_elmarusy). KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(02), 180–194. https://doi.org/10.35905/KOMUNIDA.V11I02.2068
Ferlitasari, R., & Rosana, E. (2020). Pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku keagamaan remaja. Socio Religia, 1(2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/article/view/8435
Hayati, D. R. (2021). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Media Dakwah Oleh Ikhwan Mukhlis. Skripsi, 1–71. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11907%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/11907/1/SKRIPSI_DINDA RIZKY HAYATI_1717102009.pdf
Ihza, M., Adnan, I., Kurtiati, N., & Arif, M. F. (2023). Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Media Sosial TikTok pada Akun @buyayahyaofficial. Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, 3(1), 48–52. https://doi.org/10.29313/BCSIBC.V3I1.5990
Imam, A. (2022). Efektivitas Dakwah dalam Membentuk Akhlakuk Karimah Remaja Islam Masjid (Risma) di Masjid Rochmatul Ummah Desa Sidoharjo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang. Repository.Radenintan.Ac.Id.
Islamuvida, Z. (2022). Strategi Dakwah Ustadz Syamsuddin Nur Makka Pada Akun @Syam_Elmarusy. Etheses.Iainponorogo.Ac.Id.
Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa di Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/TULLAB.VOL3.ISS1.ART7
Maemona, R., & Pratiwi, M. R. (2020). Teknik Asosiasi: Strategi Pesan Dakwah di Instragram. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 254–268. https://doi.org/10.38194/JURKOM.V3I2.169
Mutia, T., Imam Taufiqurrahman, M., & Handoko, T. (2022). Dakwah Melalui Media Sosial (Studi Netnografi Konten Ruqyah Syar’iyah pada Akun Tiktok Ustadz @eriabdulrohim). Idarotuna, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/IDAROTUNA.V4I1.13515
Nadhiroh, Y. A. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri. Etheses.Iainkediri.Ac.Id.
Nurhasanah, N., Fatikah, S. I., Arifah, S. A., & Suryandari, M. (2023). Pendekatan Media Sosial Terhadap Aktivitas Dakwah Kalangan Milenial Di Era Digital. Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 63–76. https://doi.org/10.59246/ALADALAH.V1I1.149
Nurzanah, S. A. (2021). Pesan dakwah melalui media sosial Tiktok : Studi analisis isi pesan dakwah pada video konten akun milik @amritsaraje. Etheses.Uinsgd.Ac.Id.
Pebirawati, T. W. (2023). Etika Komunikasi Islam Dalam Dakwah Koh Dennis Lim Di Media Sosial Tiktok. Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam , 3(2), 48–62. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/alinsan/article/view/327
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., & Hidayatullah, A. F. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83–94. https://doi.org/10.29240/JDK.V6I1.2959
Putri, A. W. (2021). Pesan dakwah melalui media sosial TikTok : Analisis isi pesan dakwah pada konten TikTok Husain Basyaiban. Etheses.Uinsgd.Ac.Id.
Putri, S. C. K., & Asri, D. N. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMPN 2 Balong. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2(2), 890–897. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4630
Qadri, M. (2022). Dampak media sosial TikTok pada akhlak anak-anak di kota makassar. Washiyah : Jurnal Kajian Dakwah Dan Komunikasi, 3(2). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/28194
Rahmawati, M. (2022). Efektivitas Dakwah Akun Tiktok @dinda_ibrahiim Bagi Generasi Z di Masa Pandemi Covid-19. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64101
Riskiyanti, V. D. (2022). Pesan Dakwah di Media Sosial Tiktok @Zahidsamosir. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65290
Romadhoni, L., Anam, D., & Lestari, M. (2021). Smart Uses Da’wah Social Media: Konsep Revolusi Kesehatan Mental Remaja Melalui Strengthening Morals of Islam. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2(0), 401–412. https://doi.org/10.30659/PSISULA.V2I0.13201
Sabila, A., & Mutrofin, M. (2023). Urgensi Peningkatan Kualitas Literasi Keislaman Melalui Digitalisasi (Studi Pada Followers Tiktok Da’i Muda Husain Basyaiban. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(1), 45–66. https://doi.org/10.29240/JDK.V8I1.7335
Saprudin, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku pada Mahasiswa UIN SMH Banten (Studi Korelasi: Tiktok @buyayahyaofficial). Repository.Uinbanten.Ac.Id. https://repository.uinbanten.ac.id
Setiawan, D., Rahman, A., & Ramadhan, I. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa. Mozaic : Islam Nusantara, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.47776/MOZAIC.V5I1.133
Supratman, S. H., Khuza’I, R., & Suhendi, H. (2022). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keberagamaan. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 9–14. https://doi.org/10.29313/JRKPI.V2I1.748
Syah, A. M. (2019). Pengaruh Dakwah Media Sosial Youtube terhadap Religiusitas Remaja di MA.Al-Muhtadi Sendangagun. Busyro: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 1(1), 20–36. https://jurnalinsud.sinov.id/index.php/kpi/article/view/121
Syarif, M. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Salat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin. Idr.Uin-Antasari.Ac.Id.
Zulkifli, A. (2021). Pengaruh Sosial Media Tiktok terhadap Nasib Kebudayaan Nasional. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(2), 34–47. https://doi.org/10.55623/AD.V2I2.81
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Fauzi, Muktarruddin Muktarruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial agree to the following terms:
- For all articles published in Satwika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)