Dampak Menonton Video Dakwah di Media Sosial Tik Tok terhadap Pengalaman Agama Remaja Masjid Desa Medan Krio

Authors

  • Ahmad Fauzi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muktarruddin Muktarruddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v7i2.29398

Keywords:

Pengamalan Agama, Dakwah, Tiktok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak memonton video dakwah di media social Tik Tok terhadap pengalaman agama remaja di Masjid Medan Krio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dalam   penelitian   ini   diperoleh   dari   sumber   data primer  yaitu  hasil  wawancara  mendalam,  observasi mengenai  tinjauan  yang  dijadikan fokus    penelitian    ini.    Format    pengolahan    data menggunakan  analisis  deskriptif  dimana  data  yang dikumpulkan berupa kata-kata. Sedangkan,   untuk   sumber   data   penunjang   dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal terdahulu yang selaras dengan penelitian ini. Penelitian ini didasarkan pada dampak pengguna pengguna aplikasi Tik Tok akan berusaha mengubah perilaku keagamaan remaja yang terabaikan, seperti shalat, mengaji, menaati orang tua, dan menjaga lingkungan sosialnya. Dari semua hasil wawancara yang telah dilakukan para remaja masjid mengaku menonton video dakwah di Tik Tok sangat berpengaruh untuk pengamalan agama mereka, karena setiap menonton konten dakwah dimedia sosial Tik Tok mereka jadi tertarik untuk melakukan hal-hal yang disampaikan video tersebut. Dengan adanya konten dakwah tersebut mereka akan mengikuti apa yang disampaikan oleh para da’i jika itu sesuai dan apalagi da’i tersebut adalah orang yang mereka sukai. Seperti sholat, ketika konten dakwah tidak masuk ke beranda mereka pastinya mereka akan mengulur waktu untuk sholat, tetapi dengan adanya konten dakwah pada media sosial Tik Tok akan meningkatkan pengamalan agama mereka. Banyak hal yang mereka awalnya tidak tahu dengan menonton konten dakwah menjadi tahu, seperti tuntunan doa-doa sehari-hari yang bisa diamalkan, efek apabila mereka melakukan sedekah, berperilaku baik, berkata-kata-kata baik.  

 

This study aims to analyze the impact of da'wah videos on Tik Tok social media on the religious experience of adolescents at Medan Krio Mosque. This research uses qualitative methods with the type of field research (field research). The data in this study was obtained from primary data sources, namely the results of in-depth interviews, observations about the review that was the focus of this study. The data processing format uses descriptive analysis where the data collected is in the form of words. Meanwhile, the supporting data sources in this study are previous books and journals that are in line with this study. This research is based on the impact that users of the Tik Tok application will try to change the neglected religious behavior of adolescents, such as praying, reciting, obeying parents, and maintaining their social environment. From all the interviews that have been conducted, mosque teenagers claim to watch da'wah videos on Tik Tok is very influential for their religious practice, because every time they watch da'wah content on Tik Tok social media they become interested in doing the things conveyed by the video. With the content of da'wah they will follow what is conveyed by the da'is if it is appropriate and moreover the da'i is the person they like. Like praying, when da'wah content does not enter their homepage, of course they will buy time to pray, but with the da'wah content on Tik Tok social media will increase their religious practice. Many things that they initially did not know by watching da'wah content became known, such as the guidance of daily prayers that can be practiced, the effects if they do alms, behave well, speak good words.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afghany, I. M. (2021). Pesan dakwah di media sosial Tiktok: Analisis isi pesan dakwah pada akun tiktok @basyasman00 periode mei 2020. Etheses.Uinsgd.Ac.Id.

Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. SOSIORELIGIUS: JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI AGAMA, 6(2), 74–83. https://doi.org/10.24252/SOSIORELIGIUS.V6I2.27617

Amrina, T. N., Mufidah, Z., Azmi, Z. K., & Suryandari, M. (2023). Respon Mahasiswa Iai Al-Aziz Dalam Menanggapi Konten Dakwah Islam di Media Sosial Tiktok. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 87–112. https://doi.org/10.59246/ALADALAH.V1I1.152

Dwina, N., Ambodo, L., Kurniaputri, N., Khatijah, U., & Riyani, W. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Dusun Tugu Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 5(2), 293–306. https://doi.org/10.22515/ACADEMICA.V5I2.4124

Fajrussalam, H., Nursyahbani, A., Khoirunnisa, A., Nurbaiti, N., & Ningrum, N. C. (2023). Konten Dakwah Habib Ja’far Al-Haddar di Media Sosial Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V7I1.6039

Faturohmi, I., & Chairiawaty. (2022). Pesan Dakwah dalam Akun @Basyasman00. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 25–30. https://doi.org/10.29313/JRKPI.V2I1.861

Febriana, A. (2021). Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah: (Studi Kasus Ustad Syam, di akun @syam_elmarusy). KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(02), 180–194. https://doi.org/10.35905/KOMUNIDA.V11I02.2068

Ferlitasari, R., & Rosana, E. (2020). Pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku keagamaan remaja. Socio Religia, 1(2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/article/view/8435

Hayati, D. R. (2021). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Media Dakwah Oleh Ikhwan Mukhlis. Skripsi, 1–71. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11907%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/11907/1/SKRIPSI_DINDA RIZKY HAYATI_1717102009.pdf

Ihza, M., Adnan, I., Kurtiati, N., & Arif, M. F. (2023). Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Media Sosial TikTok pada Akun @buyayahyaofficial. Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, 3(1), 48–52. https://doi.org/10.29313/BCSIBC.V3I1.5990

Imam, A. (2022). Efektivitas Dakwah dalam Membentuk Akhlakuk Karimah Remaja Islam Masjid (Risma) di Masjid Rochmatul Ummah Desa Sidoharjo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang. Repository.Radenintan.Ac.Id.

Islamuvida, Z. (2022). Strategi Dakwah Ustadz Syamsuddin Nur Makka Pada Akun @Syam_Elmarusy. Etheses.Iainponorogo.Ac.Id.

Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa di Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/TULLAB.VOL3.ISS1.ART7

Maemona, R., & Pratiwi, M. R. (2020). Teknik Asosiasi: Strategi Pesan Dakwah di Instragram. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 254–268. https://doi.org/10.38194/JURKOM.V3I2.169

Mutia, T., Imam Taufiqurrahman, M., & Handoko, T. (2022). Dakwah Melalui Media Sosial (Studi Netnografi Konten Ruqyah Syar’iyah pada Akun Tiktok Ustadz @eriabdulrohim). Idarotuna, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/IDAROTUNA.V4I1.13515

Nadhiroh, Y. A. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kediri. Etheses.Iainkediri.Ac.Id.

Nurhasanah, N., Fatikah, S. I., Arifah, S. A., & Suryandari, M. (2023). Pendekatan Media Sosial Terhadap Aktivitas Dakwah Kalangan Milenial Di Era Digital. Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 63–76. https://doi.org/10.59246/ALADALAH.V1I1.149

Nurzanah, S. A. (2021). Pesan dakwah melalui media sosial Tiktok : Studi analisis isi pesan dakwah pada video konten akun milik @amritsaraje. Etheses.Uinsgd.Ac.Id.

Pebirawati, T. W. (2023). Etika Komunikasi Islam Dalam Dakwah Koh Dennis Lim Di Media Sosial Tiktok. Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam , 3(2), 48–62. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/alinsan/article/view/327

Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., & Hidayatullah, A. F. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83–94. https://doi.org/10.29240/JDK.V6I1.2959

Putri, A. W. (2021). Pesan dakwah melalui media sosial TikTok : Analisis isi pesan dakwah pada konten TikTok Husain Basyaiban. Etheses.Uinsgd.Ac.Id.

Putri, S. C. K., & Asri, D. N. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMPN 2 Balong. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2(2), 890–897. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4630

Qadri, M. (2022). Dampak media sosial TikTok pada akhlak anak-anak di kota makassar. Washiyah : Jurnal Kajian Dakwah Dan Komunikasi, 3(2). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/28194

Rahmawati, M. (2022). Efektivitas Dakwah Akun Tiktok @dinda_ibrahiim Bagi Generasi Z di Masa Pandemi Covid-19. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64101

Riskiyanti, V. D. (2022). Pesan Dakwah di Media Sosial Tiktok @Zahidsamosir. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65290

Romadhoni, L., Anam, D., & Lestari, M. (2021). Smart Uses Da’wah Social Media: Konsep Revolusi Kesehatan Mental Remaja Melalui Strengthening Morals of Islam. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2(0), 401–412. https://doi.org/10.30659/PSISULA.V2I0.13201

Sabila, A., & Mutrofin, M. (2023). Urgensi Peningkatan Kualitas Literasi Keislaman Melalui Digitalisasi (Studi Pada Followers Tiktok Da’i Muda Husain Basyaiban. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(1), 45–66. https://doi.org/10.29240/JDK.V8I1.7335

Saprudin, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku pada Mahasiswa UIN SMH Banten (Studi Korelasi: Tiktok @buyayahyaofficial). Repository.Uinbanten.Ac.Id. https://repository.uinbanten.ac.id

Setiawan, D., Rahman, A., & Ramadhan, I. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa. Mozaic : Islam Nusantara, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.47776/MOZAIC.V5I1.133

Supratman, S. H., Khuza’I, R., & Suhendi, H. (2022). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keberagamaan. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 9–14. https://doi.org/10.29313/JRKPI.V2I1.748

Syah, A. M. (2019). Pengaruh Dakwah Media Sosial Youtube terhadap Religiusitas Remaja di MA.Al-Muhtadi Sendangagun. Busyro: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 1(1), 20–36. https://jurnalinsud.sinov.id/index.php/kpi/article/view/121

Syarif, M. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Salat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin. Idr.Uin-Antasari.Ac.Id.

Zulkifli, A. (2021). Pengaruh Sosial Media Tiktok terhadap Nasib Kebudayaan Nasional. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(2), 34–47. https://doi.org/10.55623/AD.V2I2.81

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Fauzi, A., & Muktarruddin, M. (2023). Dampak Menonton Video Dakwah di Media Sosial Tik Tok terhadap Pengalaman Agama Remaja Masjid Desa Medan Krio. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(2), 575–583. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i2.29398

Issue

Section

Table of Content