Komunikasi Publik Kementerian Agama Kota Padang

Authors

  • Muryadi Eko Priyanto Universitas Andalas
  • Ernita Arif Universitas Andalas
  • Sarmiati Sarmiati Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.31799

Keywords:

komunikasi pelayanan publik, alur komunikasi, hambatan komunikasi, media komunikasi

Abstract

Komunikasi pelayanan publik yang efektif diperlukan untuk mengoptimalkan pelayanan terpadu satu pintu. Permasalahan berkaitan dengan kurang baiknya peranan komunikasi pelayanan terpadu satu pintu pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang dalam pelayanan kepada masyarakat, bisa saja terjadi karena kurangnya informasi tentang aturan atau program yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan menganalisis aliran pesan komunikasi publik, menganalisis media komunikasi serta menganalisis hambatan komunikasi pelayanan terpadu satu pintu pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang. Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, studi dokumentasi, teknik analisis data interaktif Miles Huberman, pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran pesan komunikasi pelayanan terpadu satu pintu pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang dilakukan secara internal dan eksternal. Proses komunikasi internal melibatkan komunikasi antara petugas pelayanan dan pegawai serta para pimpinan Kantor Kementerian Agama Kota Padang. Sedangkan komunikasi eksternal melibatkan petugas pelayanan bagian pendaftaran, bagian front office dan masyarakat dengan memanfaatkan media komunikasi internal dan eksternal. Pada aktivitas komunikasi tersebut masih ditemukan hambatan berupa hambatan teknis, terbatasnya pemanfaatan sarana prasarana, hambatan perilaku dan sikap pegawai yang kurang memiliki sense of mission. Komunikasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama dengan Publik sudah dilakukan dengan berbagai media baik offline maupun online.

 

Effective public service communication is needed to optimise one-stop integrated services.  Problems related to the poor role of one-stop integrated service communication at the Padang City Office of the Ministry of Religious Affairs in providing services to the community may occur due to a lack of information about the rules or programmes being implemented. This research aims to analyse the flow of public communication messages, analyse communication media and analyse communication barriers of one-stop integrated services at the Padang City Ministry of Religious Affairs Office. This research uses qualitative research methods with a constructivism paradigm, this research uses in-depth interview techniques, documentation studies, Miles Huberman interactive data analysis techniques, data validity testing with source triangulation.  The results showed that the one-stop integrated service communication message flow at the Padang City Ministry of Religious Affairs Office was carried out internally and externally. The internal communication process involves communication between service officers and employees and leaders of the Padang City Ministry of Religious Affairs Office. While external communication involves service officers in the registration section, the front office and the community by utilising internal and external communication media. In these communication activities there are still obstacles in the form of technical obstacles, limited use of infrastructure, behavioural obstacles and attitudes of employees who lack a sense of mission. Communication carried out by the Ministry of Religion with the Public has been carried out with various media both offline and online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT Raja Grafindo Persada.

Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Andi.

BPK, P. (2014). Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 97 Tahun 2014 Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Peraturan.Bpk.Go.Id. https://peraturan.bpk.go.id/Details/41591/perpres-no-97-tahun-2014

Enggarani, N. S. (2016). Kualitas Pelayanan Publik dalam Perizinan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Boyolali. Law and Justice, 1(1), 16. https://doi.org/10.23917/laj.v1i1.2702

Harsini, H. (2018). Transparansi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kota Pekanbaru. Jurnal Niara, 10(2), 65–71. https://doi.org/10.31849/nia.v10i2.1903

Harsono, B. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat. Public Administration Journal, 3(1), 20–38. https://doi.org/https://mail.journal.moestopo.ac.id/index.php/paj/article/view/777

Hartati, S., Herawati, N., & Listiani, E. I. (2013). Kinerja Organisasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang. Jurnal Administrasi Negara, 1–18. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpmis/article/view/2558

Ilpiyanto, M. I., Nidyawati, N., & Sepnonsal, D. (2023). Pengaruh Teladan Pimpinan, Pengawasan, Dan Komunikasi Dua Arah Terhadap Disiplin Kerja Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muara Enim. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 343–356. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3134

Irawan, A. (2018). Transparansi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan. Madani, 10(03), 87–101. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/madani.v10i3.1266

Ismayanti, L. (2015). Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kabupaten Malang. 4(2), 290. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/jisip.v4i2.109

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.15781

Kriyantono, R. (2020). Public Relations Writing. Kencana.

Malayu S.P.Hasibuan. (2007). Dasar-Dasar Perbankan. PT BumiAksara.

Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi Publik Yang Efektif. Jurnal Ilmu Komunikasi, 27(1), 71–82. https://doi.org/https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/issue/view/112

Muhammad Ananda Arif, Rahmat Saleh, Rio Delfiro, Rizi Fadel Afifi, Wahyu Yendra, & Syamsir Syamsir. (2022). Efektivitas Layanan Online Sapo Rancak Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Padang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 70–79. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.133

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Niscaya Hia, Mega Ulva Sari Sihombing, N. S. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Komunikasi Organisasi. 2(2), 138. https://doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395

Priyatna, C. C., Prastowo, F. A. A., Syuderajat, F., & Sani, A. (2020). Optimalisasi teknologi informasi oleh lembaga pemerintah dalam aktivitas komunikasi publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 114. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.26115

Purnamawati, D., Anadza, H., & Suyeno. (2022). Efektivitas Program Aplikasi Sistem Informasi Mojokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto). Jurnal Respon Publik, 16(6), 11–18. https://doi.org/https://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/16620

Ramadani, T. (2019). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance, 15(1), 11–27. https://doi.org/10.32834/gg.v15i1.42

Rediyono, R., Rahmiaty, A., & Cahyono, D. (2022). Pengaruh Belanja Langsung Dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Realisasi Anggaran Dan Kinerja Instansi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 630. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.928

Romli, K. (2014). Komunikasi Organisasi Lengkap. PT Grasindo.

Sari, A. A. (2017). Komunikasi antarpribadi. Deepublish.

Savinatunazah, V. (2019). Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Jurnal IIlmiah Ilmu Adminisitrasi Negara, 6(2), 70–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2276

Septiandini, R. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Melawi. JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development, 1(2), 144. https://doi.org/10.26418/jpasdev.v1i2.43466

Sinambela, L. P., Rochadi, S., Ghazali, R., D. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara.

Suhaeman, I., Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik, 13(1), 92–102. https://doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395

Suhartoyo, S. (2019). Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Administrative Law and Governance Journal, 2(1), 143–154. https://doi.org/10.14710/alj.v2i1.143-154

Yin, R. K. (2015). Studi Kasus Desain & Metode.

Yovinus. (2018). Peran Komunikasi Publik Media Sosial dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. Academia Praja, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jap.v1i01.47

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Priyanto, M. E., Arif, E., & Sarmiati, S. (2024). Komunikasi Publik Kementerian Agama Kota Padang . Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 8(1), 245–255. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.31799

Issue

Section

Table of Content