Kusmindari Triwati: Tokoh Pelestari Seni Tari di Kota Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.32747Keywords:
Biografi, Kusmindari Triwati, Seniman TariAbstract
Kusmindari Triwati, seorang koreografer aktif di Kota Pontianak, telah menciptakan lebih dari 50 jenis tari tradisional dan kreasi yang dipentaskan secara lokal dan internasional. Selain itu, ia mendirikan Sanggar Andari yang bertujuan melestarikan kesenian tari tradisional di Indonesia. Penelitian biografinya menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif untuk menganalisis perjalanan hidup dan kontribusinya dalam dunia seni tari. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Triwati adalah seorang seniman tari yang sukses, dengan dukungan dari keluarga, lingkungan kerja, dan berbagai penghargaan yang diterimanya, termasuk gelar Tokoh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat. Sanggar Andari, yang dipimpinnya, berperan dalam mengembangkan tari tradisional di Kota Pontianak dan melatih generasi muda untuk mengikuti festival tari nasional dan se-Kalimantan. Karya-karyanya yang populer, seperti tari nugal, tari tiga serangkai, dan tari rampak rebana, telah meraih banyak penghargaan dari berbagai instansi. Harapannya adalah agar masyarakat mencintai dan melestarikan budaya daerah dengan totalitas. Sebagai tokoh pelestari tari di Kota Pontianak, kisah hidupnya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menghargai dan mempertahankan warisan budaya mereka.
Kusmindari Triwati, an active choreographer in Pontianak City, has created more than 50 types of traditional dances and creations performed locally and internationally. She also founded Sanggar Andari, which aims to preserve traditional dance arts in Indonesia. This research aims to uncover and describe Kusmindari Triwati's biography. The research uses a qualitative approach with descriptive methods to analyze her life journey and contributions to the world of dance. Primary and secondary data were collected through literature studies, observations, interviews with informants, and documentation, then analyzed through data reduction, data display, and conclusion drawing. The research results show that she is a successful dancer, supported by family, work environment, and various awards, including the Cultural Figure of West Kalimantan Province awarded by the Governor. Kusmindari Triwati founded Sanggar Andari, which develops traditional dance by educating the younger generation of Pontianak to participate in national and Kalimantan-level dance festivals. Her popular works, such as the nugal dance, three serangkai dance, and rampak rebana dance, have received numerous awards from various institutions. Her hope is that people will love and preserve their local culture wholeheartedly. As a dance preservation figure in Pontianak, her life journey can inspire people to appreciate and maintain their cultural heritage.
Downloads
References
Afdholy, N. (2019). Satwika: Jurnal Kajian Budaya Dan Perubahan Sosial Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Pada Produk Kopi Ala Starbucks. Satwika: Jurnal Kajian Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(1). File:///C:/Users/User/Downloads/Eggy,+4.+Nadya+Afdholy.Pdf
Amalia, N. A., & Agustin, D. (2022). Peranan Pusat Seni Dan Budaya Sebagai Bentuk Upaya Pelestarian Budaya Lokal. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 19(1). Https://Doi.Org/10.23917/Sinektika.V19i1.13707
Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i2.119
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat Dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1). File:///C:/Users/User/Downloads/5585-21194-3-PB.Pdf
Basuki, R., Lim, R., Wonoseputro, C., & Thio, S. (2022). Konservasi dan Regenerasi Campursari Untuk Pengembangan Wisata Budaya Desa Begaganlimo, Kec. Gondang, Mojokerto. Share “Sharing - Action - Reflection,” 8(1). https://doi.org/10.9744/share.8.1.49-54
Dadang, S. (2010). Keterampilan Dasar Mengajar Oleh: Dadang Sukirman Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Keterampilan Dasar Mengajar. File:///C:/Users/User/Downloads/Makalah_Ket_Das_Mengajar.Pdf
Dan Sejarah Kebudayaan, M., Dalam Keanekaragaman Budaya Dan Peradaban, M., Dan Sumber Penghidupan Mahdayeni, M., Roihan Alhaddad, M., Syukri Saleh, A., & Nusantara Batanghari Jambi, I. (2019). Manusia Dan Kebudayaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7. File:///C:/Users/User/Downloads/Alifiantadbir,+7.+Roihan.Pdf
Diagusty, H. F., Handayaningrum, W., & Rahayu, E. W. (2022). Pepenk: Seniman Tari Kreatif Dan Humanis. Joged, 19(1). Https://Doi.Org/10.24821/Joged.V18i1.6961
Djau, N. S. (2022). Pelatihan Mengiring Lagu Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermusik Mahasiswa PGSD Universitas Negeri Gorontalo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4). Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V7i4.22777
E, N. L. Ek. Ul. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Pelestarian Kesenian Jurig Sarengseng Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Dari Desa Binangun Kota Banjar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(04). Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V2i04.688
Elvandari, E. (2020). Sistem Pewarisan Sebagai Upaya Pelestarian Seni Tradisi. Geter : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 3(1). Https://Doi.Org/10.26740/Geter.V3n1.P93-104
Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01). File:///C:/Users/User/Downloads/5-7-1-SM.Pdf
Gianto, D., Sanulita, H., & Muniir, A. (2018). Biografi Muhammad Yusuf Dahyani Tokoh Seniman Pencipta Karya Musik Mengenal Seni Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(6). File:///C:/Users/User/Downloads/25880-75676581056-1-PB.Pdf
Hasnur Ruslan. (2023). Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Cerita Rakyat Vova Saggayu Di Kabupaten Pasangkayu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2). Https://Doi.Org/10.53769/Deiktis.V3i2.449
Hendra, D. F. (2017). Estetika Sendratari Adok Di Kanagarian Paninggahan Kabupaten Solok Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 2(1). Https://Doi.Org/10.30870/Jpks.V2i1.2612
Hera, T. (2018). Aspek-Aspek Penciptaan Tari Dalam Pendidikan. Nuevos Sistemas De Comunicación E Información. File:///C:/Users/User/Downloads/Admin,+55+Treny+Abstrak+Blm+B.Ing (1).Pdf
Hudayana, B. (2021). Pengembangan Seni-Budaya Sebagai Penguatan Identitas Komunitas Kejawen Dan Santri Di Desa Pada Era Reformasi. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 8. Https://Doi.Org/10.22219/Satwika.V5i1.15641
Imas Saraswati, P. M. I. (2021). Hubungan Kadar Hemoglobin (HB) Dengan Prestasi Pada Siswa Menengah Atas (SMA) Atau Sederajat. Jurnal Medika Hutama, 02(04), 1187. File:///C:/Users/User/Downloads/246-Article Text-612-1-10-20210714.Pdf
Ismah. (2018). Melestarikan Tari Ebeg Banyumasan Sebagai Upaya Memelihara Kesenian Rakyat. Jurnal Warna, 2(2). File:///C:/Users/User/Downloads/Garuda907936.Pdf
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2). Https://Doi.Org/10.22219/Satwika.Vol3.No2.155-164
Kasih Kusuma Putri, N. N., Handayaningrum, W., & Wahyuni, E. (2022). Heri Lentho Seniman Surabaya: Biografi Dan Proses Kreatif. Joged, 20(2). Https://Doi.Org/10.24821/Joged.V20i2.8204
Kumala, O. Y., Martarosa, M., & Nursyirwan, N. (2021). Perjalanan Karir Kesenimanan Siti Chairani Proehoeman Sebagai Penyanyi Soprano (Sebuah Biografi). Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 4(1). Https://Doi.Org/10.36982/Jsdb.V4i1.1750
Leliana Sari, D. A. P., & Gumana Putra, I. G. N. (2019). Biografi Ni Nyoman Sani ; Perupa Wanita Dengan Lukisan Bergaya Ilustrasi Fashion. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 7(1). Https://Doi.Org/10.31091/Sw.V7i1.672
Maryono, M. (2023). Tari Sebagai Media Komunikasi Aktual Seniman Di Masyarakat. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 14(2), 180. Https://Doi.Org/10.33153/Acy.V14i2.4665
Nurazizah, T. S., Dewi, D. A., & ... (2023). Penanaman Literasi Budaya Dan Kreativitas Melalui Pembelajaran Tari Tradisional Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital. Sindoro: Cendikia …, 2. File:///C:/Users/User/Downloads/Jurnal+Tsani+Sindoro.Pdf
Oktariani, D. (2023a). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Seni Tari Tradisi Nusantara Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2). Https://Doi.Org/10.26418/J-Psh.V13i2.64172
Oktariani, D. (2023b). Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Tradisional Di Sanggar Flamingo. Jurnal Golden Age, 7(01). File:///C:/Users/User/Downloads/Rohyana45,+125-131.Pdf
Oktarina, N., Nopianti, H., & Himawati, I. P. (2022). Kearifan Lokal Dalam Pengelolaan Repong Damar Pekon Pahmungan Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Lampung. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(1), 77. Https://Doi.Org/10.22219/Satwika.V6i1.19609
Pratama, Y. S., & Marwati, S. M. (2020). Wayang Beber Karya Pujianto Kasidi Studi Biografi Dan Estetika. Ornamen, 16(1). Https://Doi.Org/10.33153/Ornamen.V16i1.2923
Priatna, Y. (2017). Melek Informasi Sebagai Kunci Keberhasilan Pelestarian Budaya Lokal. Publication Library And Information Science, 1(2), 39. Https://Doi.Org/10.24269/Pls.V1i2.720
Purnomo, H., & Subari, L. (2019). Manajemen Produksi Pergelaran: Peranan Leadership Dalam Komunitas Seni Pertunjukan. JURNAL SATWIKA, 3(2). Https://Doi.Org/10.22219/Satwika.Vol3.No2.111-124
Putri, F. D. V., Yuandana, T., & Fitriyono, A. (2022). Analisis Kreativitas Tari Kreasi Balap Kadhu’ (Karung) Di Sanggar Tari Tarara Bangkalan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 66. Https://Doi.Org/10.21107/Pgpaudtrunojoyo.V9i1.13556
Rahayu, G. (2021). Pelestarian Budaya Sikatuntuang Ke Seni Tari Di Payakumbuh Sumatera Barat. KOBA:Jurnal Pendidikan Seni Derama,Tari Dan Musik, 8(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/koba/article/view/7983
Rondhi, M. (2017). Apresiasi Seni Dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi, 11(1). File:///C:/Users/User/Downloads/11182-25977-1-SM.Pdf
Sebayang, K. B. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Medan, 1. File:///C:/Users/User/Downloads/Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal .Pdf
Sukerti, N. W., Marsiti, C. I. R., Adnyawati, N., & Dewi, L. J. E. (2017). Pengembangan Tradisi Megibung Sebagai Upaya Pelestarian Seni Kulier Bali. Seminar Nasional Riset Inovatif, 2004.
Susanti, S., & Sukaesih. (2017). Mempertahankan Tarian Klasik Sunda Dengan Cinta Dan Inovasi. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(1). File:///C:/Users/User/Downloads/97-66-1-PB.Pdf
Susilowati, D. (2019). Keefektifan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2). File:///C:/Users/User/Downloads/3062-2979-1-SM.Pdf
Suwarjiya, S. (2019). Revolusi Pendidikan Tari. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2). Https://Doi.Org/10.33654/Jpl.V14i2.906
Syah, F., Ramadhani, S., & Poedjioetami, E. (2021). Arsitektur Neo Vernakular Pada Gedung Pertunjukan Seni Tari Tradisional Suku Dayak Di Samarinda. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 2(2). Https://Doi.Org/10.31284/J.Tekstur.2021.V2i2.2049
Taib, B., Samad, R., Oktaviani, W., & Irham, M. (2022). Implementasi Seni Gerak Dan Lagu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Kemala Bhayangkari. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2). Https://Doi.Org/10.33387/Cahayapd.V4i2.5337
Titi Andaryani, E. (2016). Proses Terjadinya Suatu Karya Seni. Imaji, 14(2), 12. Https://Doi.Org/10.21831/Imaji.V14i2.12179
Uzhma, M. R. (2021). Biografi Datu Sanggul. Dimension. File:///C:/Users/User/Downloads/Biografi Datu Sanggul (1).Pdf
Wikandia, R. (2016). Pelestarian Dan Pengembangan Seni Ajeng Sinar Pusaka Pada Penyambutan Pengantin Khas Karawang. Panggung, 26(1). Https://Doi.Org/10.26742/Panggung.V26i1.162
Wulaningsih, D. A. (2021). Biografi Seni Ni Ketut Arini, Seorang Penari Dan Guru Tari Bali 1943–2020: Pendekatan Struktural Fungsional. Journal Idea Of History, 4(1). Https://Doi.Org/10.33772/History.V4i1.1296
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 sephira pira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial agree to the following terms:
- For all articles published in Satwika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)