Strategi Pembelajaran Tari Untuk Anak di Sanggar Andari Kota Pontianak

Authors

  • Mutia Afilla Universitas Tanjungpura
  • Dwi Oktariani Universitas Tanjungpura
  • Ismunandar Ismunandar Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.32748

Keywords:

Strategi pembelajaran, Tari anak, Sanggar Andari, Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang di gunakan Sanggar Andari di Kota Pontianak dalam menerapkan pembelajaran tari untuk anak. Dengan menggunakan metode penelitian deskritif kualitatif untuk memaparkan data-data yang ditemukan dilapangan dari hasil wawancara bersama narasumber yang terlibat dalam proses pembelajaran, observasi serta berbagai studi dokumentasi melalui reduksi data, deskripsi data, dan pengambilan kesimpulan sehingga teknik validasi data nya dapat di uji melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tari untuk anak di Sanggar Andari adalah dengan mengikuti instruksi dari pelatih. Materi yang diberikan untuk anak adalah tari tradisional dan tari kreasi baru Kalimantan Barat dan Nusantara untuk kelas dasar dan mahir atau lanjutan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran demontrasi terbimbing, strategi pembelajaran kontekstual, dan strategi pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh pelatih. Tahapan evaluasi dilaksanakan setahun dua kali dengan sistem pertunjukan tari sekaligus sebagai apresiasi bagi anak dalam proses untuk naik ke tingkat selanjutnya. Sedangkan kendala yang ditemukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung yaitu anak kadang merasa jenuh, tidak fokus pada saat pembelajaran berlangsung, pelatih berusaha mengatasi hal tersebut melalui upaya seperti anak akan diberi penanganan khusus, memberikan dorangan, motivasi serta kata kata yang akan membangun semangat anak dalam pembelajaran di Sanggar Andari Kota Pontianak.

 

This research aims to describe the learning strategies used by Sanggar Andari in implementing dance learning for children. Dance learning for children at Sanggar Andari is one way to improve children's development. Using qualitative descriptive research methods to present data found in the field from interviews with sources involved in the learning process, observations and various documentation studies to support data regarding the learning strategies used at Sanggar Andari in children's classes. Then it is analyzed through several stages, namely: data reduction, data description, and drawing conclusions so that the data validation technique can be tested through source triangulation techniques. The research results obtained show that the dance learning strategy for children at Sanggar Andari, Pontianak City is to follow the instructions of the trainer. The material provided for children is lenggang broken Sembilan as the most basic material for Andari studios for children and the Main Sarong dance material is provided for classes of children who have entered advanced or advanced classes. The learning method used is a guided demonstration method carried out by the Sanggar Andari dance trainer. The evaluation stage is carried out twice a year using a dance performance system as well as an appreciation for children in the process of moving to the next level. Meanwhile, the obstacles found during learning activities are that children sometimes feel bored and do not focus while learning is taking place. The trainer tries to overcome this through efforts such as giving children special treatment, providing encouragement, motivation and words that will build children's enthusiasm for learning. took place at Sanggar Andari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, A. R., & Nurbaeti, R. U. (2023). Pelatihan Tari Kreasi sebagai Bentuk Apresiasi Seni Tari. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1051

Assidiq, N. F., & Atmaja, H. T. (2019). Implementasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Apresiasi Siswa SMA/MA Berbasis Islam di Kabupaten Wonosobo. Indonesian Journal of History Education, 7(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/32288

Djau, N. S. (2022). Kreativitas Guru SD di Pontianak dalam Mengubah dan Menulis Syair Lagu Sesuai Ritme Lagu. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1). https://doi.org/10.29408/tmmt.v5i1.7201

Fitria, N., & Rohita, R. (2019). Pemetaan Pengetahuan Guru TK tentang Keterampilan Gerak Dasar Anak TK. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.36722/sh.v5i2.346

Gianto, D., Sanulita, H., & Muniir, A. (2018). Biografi muhammad yusuf dahyani tokoh seniman pencipta karya musik mengenal seni kota pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(6). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i6.25880

Hartono, H., Kusumastuti, E., Pratiwinindya, R. A., & Lestar, A. W. (2022). Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas bagi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2894

Hadi, Sumandiyo. 2006. Seni Dalam Ritual Agama. Yogyakarta: Pustaka

I Gede Tilem Pastika, & Sukerni, N. M. (2022). Strategi Pembelajaran Tari Bali pada Anak Usia Dini di Sanggar Taman Giri Agung Denpasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1771

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2). https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Lestariningrum, A., Rukmana Sari, A. T., Khan, R. I., Wan, R., & Puriarantika.S, V. (2022). Pelatihan Gerak Tari Bebasis Kearifan Lokal Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(2). https://doi.org/10.59818/jpm.v2i2.100

Malarsih, A. (2007). Peranan Komunitas Mangkunagaran dalam Meperkembangkan Tari Gaya Mangkunagaran (Role of Mangkunagaran Community to Develop Dance of Mangkunagaran Style). Harmonia Journal of Arts Research and Education, 8(1). https://doi.org/10.15294/harmonia.v8i1.795

Mindflash, Agarwal, S., Tomar, D., Ahmadpour, A., Mirdamadi, M., Hosseini, J. F., Chizari, M., Al-Dosari, H., Al-Khanjari, Z. A., Kutti, N. S., Dorvlo, A. S. S., AlQahtani, S. A., Al-Saadoon, G. M. W., Alwakeel, S., Prasetijo, A., Amezquita, A., Avellis, G., Agrimi, A., Ciano, M. Di, … Djoudi, M. (2014). What are Learning Analytics? Journal of Computer Science, 3(1).

Nurjaman, F., Sudadio, S., & Faturohman, N. (2017). Implementasi Pelatihan Tari Daerah dalam Melestarikan Tarian Banten di Sanggar Raksa Budaya Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.19414

Oktariani, D. (2023). Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Tradisional di Sanggar Flamingo. Jurnal Golden Age, 7(01). https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18709

Oktariani, D. (2024). Pelatihan Tari Jepin Langkah Simpang Pada Siswa SMKN 1 Sukadana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1). https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2934

Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082

Restian, A., & Alifatussa’dah, A. (2019). Kartu Ragam Gerak Tari Pendet Berbasis 3 Bahasa sebagai Stimulasi Kinestetik Anak Tuna Grahita. JURNAL SATWIKA, 3(2). https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.98-102

Sabaria, R., & Budiman, A. (2022). Pembelajaran Blanded Berbasis Aplikasi Edmodo: Studi Penerapan Pembelajaran Virtual Dalam Perkuliahan Tari Pendidikan. Mudra Jurnal Seni Budaya, 37(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v37i1.1766

Setiawan, A. (2014). Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, 1(1). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v1i1.17

Setiawan, I. N. A. F., Adnyana, I. N. W., Winatha, K. R., & Trisemarawima, I. N. Y. (2019). Film Dokumenter Eksistensi Tarian Dan Kesenian Sakral Wayang Wong Desa Adat Sidan. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(02). https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i2.2561

Setyawati, A., Hartono, H., & Ary, D. Da. (2023). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tari Bendrong Lesung pada PAUD Terpadu Anak Bangsa Cilegon. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4146

Siregar, I., & Romiyanti, R. (2023). Manajemen Perubahan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Imam Syafi’i Kota Batam. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 2(1). https://doi.org/10.61456/tjiec.v2i1.85

Suandi, I. N., & Mudana, I. W. (2020). Upaya Pelestarian Bahasa Dan Budaya Bali Melalui Pengembangan Kamus Seni Tari Bali. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 6(1). https://doi.org/10.23887/jkh.v6i1.24659

Subari, L., & Widianto, S. (2020). Peran Ritual Meras Gandrung di Banyuwangi dalam Membentuk Kualitas Kepenarian. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 4(2). https://doi.org/10.22219/satwika.v4i2.13633

Suwarjiya, S. (2019). Revolusi Pendidikan Tari. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.906

Taib, B., Samad, R., Oktaviani, W., & Irham, M. (2022). Implementasi Seni Gerak Dan Lagu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Kemala Bhayangkari. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2). https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.5337

Tindarika, R. (2021). Bentuk Penyajian Tari Sabek’n Apa’k Dalam Upacara Adat Nyobeng Suku Dayak Bina’eh. Imaji, 19(2), 173–182. https://doi.org/10.21831/imaji.v19i2.44247

Ulfah, J. (2020). Seni Tari sebagai Cara Memperbaiki Suasana Hati Anak di KB & TK Indriyasana. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7222

Utami, N. R., Komalasari, H., & Sabaria, R. (2023). Pembinaan Tari Pada Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Tari Pendidikan. Jurnal Ringkang, 3(1). https://doi.org/10.17509/ringkang.v3i01.55644

Utami, N. W. (2021). Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK) Melalui Layanan Bimbingan Klasikal. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.24905/jcose.v3i2.77

Wahyuni, N., Wahyuni, S., & Damanik, S. R. H. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Tentang Bullying Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.31258/jni.10.1.21-37

Wicaksono, W., Rahayu, S., Suprayogi, S., Sugiarto, E., & Luthfiarta, A. (2019). Pencarian Rute Terdekat Sanggar Tari Menggunakan Algoritma Floyd Wharshall Di Wilayah Solo Dan Semarang. Dinamik, 24(2). https://doi.org/10.35315/dinamik.v24i2.7768

Yuliati, L., Sarjiwo, S., & Octavianingrum, D. (2021). Strategi Pembelajaran Tari untuk Anak Usia Remaja di Sanggar Tari Kembang Sore. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 1(2). https://doi.org/10.24821/ijopaed.v1i2.5099

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Afilla, M., Oktariani, D., & Ismunandar, I. (2024). Strategi Pembelajaran Tari Untuk Anak di Sanggar Andari Kota Pontianak. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 8(1), 281–292. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.32748

Issue

Section

Table of Content