Pola Komunikasi Public Relations terhadap Fiksi Penggemar: Alternative Universe (AU) dalam Media Jurnalistik Digital (Media Sosial X)

Authors

  • Finny Syabhina Amanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Yoserizal Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.32830

Keywords:

alternative universe, fiksi penggemar, media sosial x, pola komunikasi public relations

Abstract

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, komunikasi dapat memecahkan masalah dan meningkatkan hubungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi telah memungkinkan terjadinya interaksi tatap muka dan virtual. Internet dan media sosial adalah hasil dari kemajuan teknologi yang memungkinkan orang untuk mengakses informasi, pengetahuan, pendidikan, dan kesenangan. Teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan Twitter. Dalam hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal yaitu (1) Pola komunikasi public relations pada akun twitter @perfectlyfine terhadap fiksi penggemar alternative universe (AU) dalam media jurnalistik digital (2) Faktor pendukung dan penghambat yang terjalin antara author dengan readers (3) Alasan media sosial X yang merupakan media jurnalistik digital ini dipilih sebagai media saluran komunikasi dan produksi sebuah karya fiksi penggemar berupa alternative universe (AU). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer denga teknik purposive sampling yang melibatkan informan kunci dan informan pendukung, yaitu pemilik akun Twitter @perfecltyfine serta pengikut yang merupakan pembaca cerita fiksi pada akun Twitter @perfecltyfine serta data sekunder melalui jurnal, buku, maupun artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi public relations yang digunakan penulis menggunakan metode pola komunikasi sirkular dalam setiap proses penyampaian pesan kepada para pembacanya; Media sosial X merupakan salah satu media jurnalisme elektronik yang digunakannya. Media sosial X juga digunakan untuk mendistribusikan cerita fiksi penggemar (fan fiction) alternative universe (AU) karya penulis yang dapat dibaca oleh pembaca dari berbagai kalangan pengguna X. Faktor-faktor yang mendukung proses komunikasi antara penulis @perfecltyfine dengan pembaca cerita fiksi AU antara lain: (1) Metode penulis sangat menentukan sebuah karya tulis yang layak di mata pembaca. (2) Fiksi penggemar yang ditulis oleh penulis berfokus pada tema-tema sosial. (3) Karakter dan pilihan visual penulis membuat pembaca terkesan. (4) Reaksi pembaca terhadap cerita. Penulis memiliki beberapa tantangan, antara lain: (1) Pembaca sering merasa malu untuk berbicara dengan penulis. (2) Sikap apatis pembaca terhadap cerita fiksi penggemar alam semesta alternatif penulis.   

 

By using information and communication technology, communication can solve problems and improve relationships. Information and Communication Technology has made face-to-face and virtual interactions possible. The internet and social media are the result of technological advances that allow people to access information, knowledge, education and fun. Information and communication technology has created Twitter. In this case, this research aims to find out three things, namely (1) The pattern of public relations communication on the @perfectlyfine twitter account for alternative universe (AU) fan fiction in digital journalistic media (2) Supporting and inhibiting factors that exist between authors and readers (3) The reason social media X which is a digital journalistic media was chosen as a media channel for communication and production of a work of fan fiction in the form of an alternative universe (AU). This research was conducted using a qualitative method, through a case study approach with data collection techniques using primary data with purposive sampling techniques involving key informants and supporting informants, namely the owner of the @perfecltyfine Twitter account and followers who are readers of fiction stories on the @perfecltyfine Twitter account and secondary data through journals, books, and articles. The results showed that the public relations communication pattern used by the author used the circular communication pattern method in every process of delivering messages to his readers; Social media X is one of the electronic journalism media he uses. X social media is also used to distribute the author's alternative universe (AU) fan fiction stories that can be read by readers from various X users. Factors that support the communication process between the writer @perfecltyfine and readers of AU fiction stories include: (1) The author's method determines the worthiness of a written work in the eyes of readers. (2) The fan fiction written by the author focuses on social themes. (3) The author's characters and visual choices impress readers. (4) The reader's reaction to the story. Writers have several challenges, including: (1) Readers are often embarrassed to talk to writers. (2) Reader apathy towards the author's alternate universe fan fiction stories.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindhita, A. (2022). Fenomena Alternative Universe di Twitter: Emang ada Manfaatnya ? Https://Www.Froyonion.Com/.

Anjani, R. (2021). Arti AU dan Istilah-Istilah Lain yang Dipakai Anak Zaman Now di Twitter. In Www.Wolipop.Detik.Com.

Annur, C. M. (2023). Jumlah Pengguna Twitter Indonesia Duduki Peringkat ke-4 Dunia per Juli 2023. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/11/01/Jumlah-Pengguna-Twitter-Indonesia-Duduki-Peringkat-Ke-4-Dunia-per-Juli-2023.

Azzahra, A. (2023). Motif dan Kepuasan Penggunaan Alternate Universe Twitter di Kalangan Pembaca Remaja Akhir. Https://Eprints.Upj.Ac.Id/Id/Eprint/6445/1/.

Cahyani, D., & Purnamasari, Y. (2019). Celebrity Worship on Early Adult K-Pop Fangirling. In 4th ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and Humanities (ACPCH 2018). https://doi.org/10.2991/ACPCH-18.2019.41

Cecaria, A., Pratiwi, W., & Muhtarom, I. (2023). Register Kedokteran Dalam Klinik Hewan Pada Alternate Universe “Eknath” Di Twitter Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Narasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 61–74. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10418173

Defianti, D. D. (2020). Permasalahan Sosial dalam Karya Sastra. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pembelajarannya, 4(2), 321-33-.

Fakhira, A., & Supriadi, Y. (2023). Pola Komunikasi Penulis dan Pembaca Cerita Fiksi dalam Memanfaatkan Media Komunikasi Platform Twitter. Bandung Conference Series: Public Relations, 642–649.

Febriansha, D. (2023). Fenomena Alternative Universe (AU) Boys Love di Twitter sebagai Bentuk Ekspresi Diri. Repositori.Untidar.Ac.Id.

Febriyanti, A., Ekomila, S., & Islam, J. S. (2024). Fenomena Cerita Alternative Universe (AU) Bertema Homoseksual di Media Sosial Twitter (Studi Etnografi Virtual pada akun base @aubxbfess). Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 18(1), 1–14. https://doi.org/10.56997/ALMABSUTJURNALSTUDIISLAMDANSOSIAL.V18I1.1194

Ichsan, I. R. (2022). Sirkulasi ulang berita asumsi di Twitter sebagai bentuk strategi manajemen media Jurnalisme Online: Studi kasus akun Twitter @asumsico. Etheses.Uinsgd.Ac.Id.

Jayanti, Febriani, & Indrawati. (2018). Alternative Universe Bagi Generasi Z Dalam Meningkatkan minat Literasi. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 247–254.

Jayanti, N. L. P. L., Febriani, N. M. I., & Indrawati, A. A. M. (2023). Alternative Universe bagi Generasi Z dalam Meningkatkan Minat Literasi. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 247–254. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/6141

Juba, H. F. (2018). Pola Komunikasi Public Relations PT. Vale Indonesia Tbk. dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM). Https://Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id/11074/.

Karya, M., Dinar, N. R., Harahap, H., & Setiadi, D. (2023). Analisis Alih Wahana Alternative Universe karya @ijoscriots ke dalam Novel Hilmy Milan karya Nadia Ristivani. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 159–169. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8405277

Khairunnisa, D. P., & Nurudin, N. (2024). Alternative Universe (AU) sebagai Saluran Koneksi Emosional dalam Budaya K-pop. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 180–191. https://doi.org/10.30596/JI.V8I1.17640

Merawati, F. (2016). Analisis wacana fiksi penggemar dan dampaknya terhadap pengakuan status dalam sastra indonesia. Publikasiilmiah.Ums.Ac.Id, 125–133.

Pitaloka, N. A. (2022). Fanfiction dan Alternate Universe (AU), Apa Perbedaannya? Https://Www.Kompasiana.Com/Nitayu/62810f1818ffee043e0af912/Tren-Alternate-Universe-Ternyata-Berbeda-Dengan-Fanfiction-Simak-Perbedaannya.

Pitaloka, P. A., & Mundayat, A. A. (2024). Representasi “Komdis” dalam Alternative Universe oleh Fandom NCTZEN sebagai Peoses Hiperrealitas. Jurnal Analisa Sosiologi, 13(1). https://doi.org/10.20961/JAS.V13I1.74175

Ramayanti, S., & Rachmiatie, A. (2023). Korean Pop sebagai Inspirator dalam Pembuatan Karya Novel Romance. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2), 662–670. https://doi.org/10.29313/BCSPR.V3I2.8607

Rodhiyah, I. A., & Rikarno, R. (2023). Hubungan Publikasi Fanfiction Bergenre YAOI Terhadap Diterimanya Konsep Gay Oleh Fans Kpop Indonesia Pada Situs Asianfanfics. Com. KINEMA: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.31958/KINEMA.V2I1.8384

Saragih, M. Y. (2018). Jurnalisme: Harapan dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Mendidik Masyarakat. BMC Microbiology, 17(1), 1–14.

Saragih, M. Y. (2020). Journalistic Mass Media Management. Siasat, 5(4), 59–64. https://doi.org/10.33258/siasat.v5i4.71

Saragih, M. Y. (2023). Efektivitas Komunikasi Jurnalistik Online dalam Kampanye Pemilu 2024. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1753–1758.

Sashikirana, A. (2023). Hubungan Perilaku Celebrity Worship Penggemar K-Pop Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Jurusan Kesehatan di Pulau Jawa. Repository.Unsoed.Ac.Id.

Siregar, T. A., & Arviani, H. (2023). Persepsi Remaja Terhadap Aspek Pornografi dalam Konten Alternate Universe (AU) 21+ Akun Twitter@ CAXXXSA. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(9), 4156–4163. https://doi.org/10.31604/JIPS.V10I9.2023.4156-4163

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). CV. Alfabeta, 1–274.

Zahra, S. N., & Yuliana, G. D. (2022). Hiperrealitas K-Popers Terhadap Original Character Role Player ( OCRP ) Fanfiction di Twitter The Hyperreality Of Kpopers To Original Character Role Player Fanfiction on Twtter. Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(2).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Amanda, F. S., & Saragih, M. Y. (2024). Pola Komunikasi Public Relations terhadap Fiksi Penggemar: Alternative Universe (AU) dalam Media Jurnalistik Digital (Media Sosial X). Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 8(1), 233–244. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.32830

Issue

Section

Table of Content