Determinasi Minat Baca Anak di Taman Baca Masyarakat Desa Percut
DOI:
https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.33502Keywords:
Minat Baca, TBM, Motivasi, LingkunganAbstract
Minat baca merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan intelektual dan kreatif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca anak usia Sekolah Dasar di lingkungan sekitar Taman Baca Masyarakat Desa Percut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 138 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca anak usia Sekolah Dasar sangat tinggi. Hal ini mencakup berbagai topik, termasuk menilai membaca di TBM dalam memenuhi kebutuhan belajar, mengenali keinginan anak untuk berkunjung, menarik perhatian pembaca muda dengan sampul dan isi buku yang menawan, dan mendorong rasa senang dalam proses membaca yang terpisah dari lingkungan. anak-anak. Pembaca mungkin menganggap membaca sebagai hobi yang hemat waktu di TBM, yang menghasilkan pembacaan dua hingga enam jilid dalam satu minggu, serta kegembiraan yang didapat dari menyelesaikan sebuah buku dan berhubungan dengan orang lain, Agar ilmu yang diperolehnya dapat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain, hendaknya mereka menindaklanjuti buku-buku yang telah dibacanya dengan menginformasikan kepada teman-temannya. Selain itu, keberadaan TBM dapat mendorong anak usia Sekolah Dasar untuk lebih banyak membaca dalam suasana TBM.
Reading interest is one of the important aspects in children's intellectual and creative development. This study aims to determine the reading interest of elementary school children in the neighborhood around the Percut Village Community Reading Park. This research uses quantitative descriptive method. The data collection methods used are questionnaires, observation and documentation. In this study, the sampling technique used purposive sampling with a total of 138 respondents. The results showed that the reading interest of elementary school children is very high. This covers a variety of topics, including valuing reading at TBMs in meeting learning needs, recognizing children's desire to visit, attracting the attention of young readers with captivating book covers and content, and encouraging a sense of pleasure in the reading process that is separate from the environment of children. Readers may perceive reading as a time-saving hobby at TBMs, resulting in the reading of two to six volumes in one week, as well as the joy derived from finishing a book and connecting with others, In order for the knowledge gained to be useful both for themselves and others, they should follow up on the books they have read by informing their friends. In addition, the existence of TBMs can encourage elementary school-age children to read more in a TBM setting.
Downloads
References
Achru, P.A. (2019) ‘Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran’, III(36), pp. 205–215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012.
Afifatunnisa et al. (2021) ‘Inovasi Kegiatan Literasi FTBM Jawa Barat dan TBM Jatmika Bandung dalam Menjaga Energi Literasi Masyarakat Jawa Barat di Masa Pandemi’, Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 6(1), pp. 321–336. Available at: https://doi.org/10.1234/jurnal.
Alfida, A. and Maulida, R.R. (2020) ‘Taman Bacaan Masyarakat Dan Minat Baca Anak Masa Pandemi COVID-19’, Al Maktabah, 19(7), pp. 38–61. Available at: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v19i1.32058.
Banowati, E.N., Maula, A.R. and Fajrie, N. (2023) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II Di SDN 2 Kedungsarimulyo’, 1(4), pp. 116–127. Available at: https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.448.
Budiman, A. (2020) ‘Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019’, Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, pp. 1–9. http://repository.stei.ac.id/1103/
Dewanty, A.P. and Nawangsari, E.R. (2024) ‘Efektivitas Program Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Perkotaan di RW 5 Kelurahan Jambangan, Surabaya’, NeoRespublica: Jurnal …, 5(2), pp. 635–645. Available at: https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.182.
Al Fuad, Z. and Zuraini (2016) ‘Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang’, Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), p. 54. Available at: https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625.
Ghozali, I. (2017) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hamzah, M., Nasution, A.S. and Dkk (2015) ‘Meningkatkan Motivasi Membaca’, Iqra’, 09(02), pp. 3–4. Available at: https://media.neliti.com/.
Hapsari, Y.I., Purnamasari, I. and Purnamasari, V. (2019) ‘Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang’, Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), p. 371. Available at: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634.
Hartati, S. (2023) ‘The The Effect of Inflation and Investment Growth Rate on Local Income in South Sumatra 2018-2020’, Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 16(2), pp. 225–253. Available at: https://doi.org/10.24843/JEKT.2023.v16.i02.p03.
Haslinda, F., Maghfiroh, N. and Fadillah, S.R. (2022) ‘Buku Digital Sebagai Media Pengembangan Literasi’, Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 576, pp. 576–584. Available at: https://proceeding.unesa.ac.id/.
Hewi, L. and Shaleh, M. (2020) ‘Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini)’, Jurnal Golden Age, 4(01), pp. 30–41. Available at: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima.
Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud RI (2019) ‘Kemendikbud RI Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2015 - 2019’, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 51(2), pp. 1–205. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main/tentang-kemdikbud/rencana-strategis-renstra.
Ketut Artana, I. (2017) ‘Anak, Minat Baca, Dan Mendongeng’, Acarya Pustaka, 3(1), pp. 26–36. Available at: https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12733.
Kompri (2016) Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maulidia, R. (2020) ‘Problem Malas Belajar Pada Remaja (sebuah Analisis Psikologis)’, At-Ta’dib, 4(2), pp. 129–144. Available at: https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i2.587.
Nufus, H. et al. (2022) ‘Peran Taman Bacaan Masyarakat Paguyuban Pemuda Literasi Global (Tbm Pplg) Terhadap Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar’, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), pp. 1379–1395. Available at: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8600.
Nurzuliani, R., Syukri, M. and Miranda, D. (2022) ‘Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia 5-6 Tahun’, Journal of Equatorial Education and Learning, 11, pp. 1–9. Available at: https://doi.org/10.26418/jppkv.11i11.59482
Pers, P.S. (2023) ‘Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018’, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/.
Pertiwi, A.D., Nurfatimah, S.A. and Hasna, S. (2022) ‘Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), pp. 8839–8848. Available at: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3780.
Pramudyo, G.N. et al. (2018) ‘Inovasi Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM)’, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(1), p. 29. Available at: https://doi.org/10.14710/lenpust.v4i1.17332.
Putri, E.D.P. and Setyadi, A. (2019) ‘Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Kegiatan “Seni Berbahasa” (Studi Kasus Di Taman Baca Masyarakat Wadas Kelir, Kec. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas)’, Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), pp. 1–13. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23214.
Ramadaniah, A.R. and Hakim, I.A. (2018) ‘Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Taman Baca Masyarakat Jayanti Palembang’, Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), pp. 108–115. Available at: https://doi.org/10.15294/jnece.v2i2.27481.
Rosana, A.S. (2010) ‘Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia’, Gema Eksos, 5(2), pp. 146–148. Available at: https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia.
Ruslan & Wibayanti (2019) ‘Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, (Seminar Nasional Pendidikan 12 Januari 2019), pp. 767–775. Available at: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/issue/view/312.
Sari, C.P. (2018) ‘Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), pp. 3128–3137. Available at: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400.
Sari, M. et al. (2022) ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Jagung (Zea Mays L) Di Kecamatan Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara’, inovasi penelitian, 3 No.5. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2044
Sudaryono (2016) Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sunardi et al. (2017) ‘Sumber Belajar Penunjang Plpg 2017 Kompetensi Pedagogik Mata Pelajaran : Guru Kelas SD’. Available at: https://web.usd.ac.id/.
Tambunan, V.R. (2023) ‘Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Beringin Permai Kecamatan Sipoholon’, 1(2). https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v1i2.693
Usman, H. (2013) Manajemen Teori, Praktik dam Riset Pendidikan. 4th edn. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsihna, J. (2016) ‘Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik)’, Jurnal Kwangsan, 4(2), p. 67. Available at: https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84.
Zuhria, A.F. et al. (2020) ‘Dampak Era Digital terhadap Minat Baca Remaja’, JUBAH RAJA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 1(2), pp. 17–23. Available at: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Syam, Muhammad Fachran Haikal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial agree to the following terms:
- For all articles published in Satwika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)