Pengaruh Environmental Concern terhadap Purchase Intention pada Produk Skincare Organik

Authors

  • Avisa Regina Cahyaningrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Yulistin Tresnawaty Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v8i2.33844

Keywords:

environmental concern, Purchase Intention, Skincare, organik

Abstract

Makin naiknya perhatian terhadap masalah lingkungan mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk yang berkelanjutan seperti produk skincare  organik berbahan alami dalam rutinitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepedulian lingkungan individu terhadap niat membeli produk skincare organik. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif yang melibatkan 275 responden pengguna produk skincare ramah lingkungan/organik berbahan alami berusia 17-40 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur variabel environmental concern adalah environmental concern scale memiliki nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,793. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur variabel purchase intention adalah purchase intention for green products scale memiliki nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,893. Hasil analisis menunjukkan bahwa environmental concern berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention sebesar 26,6% dengan nilai koefisien yang diperoleh adalah F= 98,515 p= 0,000 dan B= 0,508. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi environmental concern pada individu maka semakin tinggi purchase intention individu terhadap pengguna skincare organik.

 

The increasing attention to environmental issues encourages consumers to be more selective in choosing sustainable products such as organic skincare products made from natural ingredients in their daily routine. This study aims to determine how much influence individual environmental concerns have on the intention to buy organic skincare products. This study uses a quantitative approach research involving 275 respondents who are users of environmentally friendly/organic skincare products made from natural ingredients aged 17-40 years. Sampling using incidental sampling technique. In this study using the linear regression method with the help of IBM SPSS version 25. Data collection used to measure environmental concern variables is the environmental concern scale which has a Cronbach’s Alpha value of 0.793. Data collection used to measure purchase intention variables is purchase intention for green products scale has a Cronbach’s Alpha value of 0.893. The results of the analysis show that environmental concern has a significant positive effect on purchase intention by 26.6% with the coefficient value obtained is F= 98.515 p= 0.000 and B= 0.508. From the results of this study, it can be concluded that the higher the environmental concern of individuals, the higher the individual purchase intention of organic skincare users.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda N. (2021, December 21). Aman untuk Kulit dan Bumi, Ini Dia 5 Skincare Organik Lokal 2021. https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/natalia-adinda-putri-danumulyo/aman-untuk-kulit-dan-bumi-ini-dia-skincare-organik-lokal

Ahmed, N., Li, C., Khan, A., Qalati, S. A., Naz, S., & Rana, F. (2021). Purchase Intention Toward Organic Food Among Young Consumers Using Theory Of Planned Behavior: Role Of Environmental Concerns And Environmental Awareness. Journal Of Environmental Planning And Management, 64(5), 796–822. https://doi.org/10.1080/09640568.2020.1785404

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Alamsyah, A. G., & Sumanti, S. T. (2023). Komunikasi Interpersonal Pada Konsep Diri Mahasiswa Laki-Laki Metroseksual Di Kota Medan. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 263–275. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25630

Corinna, A. N. (2019, December 12). 5 Rekomendasi Skincare yang Ramah Lingkungan dan Berbahan Organik. https://www.idntimes.com/life/women/arlinda-nidia-corinna-1/skincare-yang-ramah-lingkungan-berbahan-organik

Cruz, S. M., & Manata, B. (2020). Measurement of Environmental Concern: A Review and Analysis. Frontiers in Psychology, 11(363). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00363

Firmansyah, F. (2021). Pengaruh Environmental Concern Dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention Produk Upcycled Geometric Creation. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis , 4(6), 852–861. https://doi.org/10.37715/jp.v4i6.1709

Ginting, R. K., & Ekawati, N. W. (2016). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan terhadap Niat Membeli Produk Hijau pada Merek “Attack” dengan Kepedulian Lingkungan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2223–2249. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/18274

Hukrisna, A. (2021, August 26). 5 Rekomendasi Skincare Organik Lokal untuk Perbaiki Skin Barrier. https://www.idntimes.com/men/grooming/ane-hukrisna/rekomendasi-skincare-organik-lokal-untuk-perbaiki-skin-barrier-c1c2-1

Jayani, D. H. (2021, August 24). 5 Alasan Konsumen Belanja Produk Ramah Lingkungan. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/24/5-alasan-konsumen-belanja-produk-ramah-lingkungan

Kompas.com. (2021, November 8). Tren Skincare 2022 Menurut Pakar, Produk Ramah Lingkungan Masih Diminati. https://www.kompas.com/parapuan/read/532983196/tren-skincare-2022-menurut-pakar-produk-ramah-lingkungan-masih-diminati

Kristiana, R., & Aqmala, D. (2023). Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Kepedulian Lingkungan, Pengetahuan Produk dan Kesediaan Membayar Terhadap Minat Pembelian Produk Ramah Lingkungan Pada “The Body Shop” Di Kota Semarang. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 442–436. https://doi.org//10.51903/e-bisnis.v16i2.1427

Kumparanstyle. (2018, April 26). Dewi Kauw, Perempuan di Balik Suksesnya Skincare Organik Skin Dewi. https://kumparan.com/kumparanstyle/dewi-kauw-perempuan-di-balik-suksesnya-skincare-organik-skin-dewi

Kusumawati, A., & Tiarawati, M. (2022). Pengaruh Green Perceived Risk dan Green Packaging terhadap Green Purchase Intention pada Produk Skincare Avoskin: Studi Pada Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Avoskin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan , 1(10), 2071-2084. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i10.305

Lestari, N. I. (2020). Pengaruh Green Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan Konsumen Generasi Y. Jurnal Ekonomi Vokasi, 3(1), 36-48. e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JEV/article/view/2055/1232

Maichum, K., Parichatnon, S., & Peng, K. C. (2017). The Influence of Environmental Concern and Environmental Attitude on Purchase Intention towards Green Products: A Case Study of Young Consumers in Thailand. International Journal of Business Marketing and Management, 2(3), 1–8. https://doi.org/10.18178/ijssh.2017.7.5.844

Markonah, M., & Wahyuningsih, E. (2020). Kampanye Go Green Dengan Pendekatan Gaya Hidup Di Kawasan Industri Cikupa Jawa Barat. Jurnal Abdimas Perbanas, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.56174/jap.v1i1.338

Moslehpour, M., Chau, K. Y., Du, L., Qiu, R., Lin, C. Y., & Batbayar, B. (2023). Predictors Of Green Purchase Intention Toward Eco-Innovation and Green Products: Evidence From Taiwan. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja , 36(2). https://doi.org/10.1080/1331677X.2022.2121934

Nadiya, A. F., & Ishak, A. (2022). Analisis Niat Beli dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Perawatan Kulit Ramah Lingkungan. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(3), 186–204. https://doi.org///journal.uii.ac.id/selma/article/view/25155

Nilasari, H., Putu, N., & Kusumadewi, M. W. (2016). Peran Sikap dalam Memediasi Pengaruh Kepedulian Lingkungan terhadap Niat Beli Kosmetik Hijau Merek The Body Shop. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), 821–848. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/15783

Novita, N., Nurdin, & Putri, R. D. (2020). Pengaruh Green Perceived Knowledge dan Environmental Concern Terhadap Eco-Friendly Behavior. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 3(1), 35-50. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/article/viewFile/21940/14965

Nurjanah S. (2019, August 29). Produk Skincare The Body Shop Menggunakan Bahan Organik Aman Bagi Kulit Wajah. https://manado.tribunnews.com/2019/08/29/produk-skincare-the-body-shop-menggunakan-bahan-organik-aman-bagi-kulit-wajah

Pallant, J. (2016). SPSS survical manual:A step by step guide to data analysis using IBM SPSS. McGraw hill education. Pallant Jullie (2016) -spss-survival-manual-mcgraw-hill-house-2016-1.pdf

Paul, J., Modi, A., & Patel, J. (2016). Predicting Green Product Consumption Using Theory of Planned Behavior And Reasoned Action. Journal Of Retailing And Consumer Services, 29, 123–134. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.11.006

Purwianti, L., & Ricarto, T. (2018). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Pengguna Smartphone Di Batam. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 41–56. http://journal.maranatha.edu/jmm

Putri, N. Q. H., Afifah, N. F., & Rahman, H. (2019). Satwika (Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial) Kearifan Lingkungan Masyarakat Dayak Benuaq dalam Novel Api Awan Asap: Kajian Ekokritik Giiford. Jurnal Satwika, 3(2), 132–141. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.8264

Ramadhania, Z. M., Tjitraresmi, A. , & Nuwarda, R. F. (2018). Edukasi dan Pemanfaatan Herbal sebagai Bahan Kosmetika Alami di Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 7(3), 189–192. http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/19497

Rosaline, C. E., & Widyanti, N. N. W. (2024, January 6). Dari Umur Berapa Boleh Pakai Skincare? https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/06/111300320/dari-umur-berapa-boleh-pakai-skincare-?page=all

Rusin, F. R. A. Z., Pratama, K., Ardianto, E., & Ali, A. (2019). Pengaruh Green Perceived Value dan Green Perceived Risk terhadap Green Trust, Green Purchase Intention, dan Green Purchase Behavior pada Produk Green Cosmetics di Indonesia, Studi Kasus: Sensatia Botanicals. Kajian Branding Indonesia, 1(1), 140–147. https://doi.org/10.21632/kbi.1.1.140-170

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utama, E. A. P., & Komara, E. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus pada Gen Z di Jabodetabek. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(3), 90-101. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i3.259

Vannia, D., Sadat, A. M., & Sari, D. A. P. (2022). Pengaruh Green marketing, Environmental concern, dan Attitude toward behavior terhadap Purchase intention: Studi Pada Laki-kaki Pengguna Skincare Lokal di DKI Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 852–863. https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.18

Yulina, I. K. (2017). Back to Nature: Kemajuan atau kemunduran. In Kemajuan Atau Kemunduran. Mangifera Edu, 2(1), 20-31. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v2i1.15

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Cahyaningrum, A. R., & Tresnawaty, Y. (2024). Pengaruh Environmental Concern terhadap Purchase Intention pada Produk Skincare Organik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 8(2), 535–542. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i2.33844

Issue

Section

Table of Content