Fenomena Pemanfaatan Media Sosial Makeup Style dalam Mengadopsi Korean Wave
DOI:
https://doi.org/10.22219/satwika.v8i2.36583Keywords:
Korean Wave, Media Sosial, penggemar K-pop, tren makeup styleAbstract
Fenomena Korean Wave di Indonesia menimbulkan adanya tren makeup style pada generasi Z, khususnya penggemar K-pop di Indonesia. Dalam perjalanan tren makeup style, terjadi pergeseran kiblat penampilan dari barat ke Korea. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Korean Wave dalam membentuk perubahan tren makeup style di media sosial pada generasi Z penggemar K-pop. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif. Metode ini digunakan untuk memahami pengalaman subjektif informan dalam meniru tren makeup Korea. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan lima informan yang memiliki ketertarikan mengikuti tren makeup Korea, Serta observasi langsung dari akun beauty influencer di media sosial mengenai generasi Z yang meniru tren makeup Korea. Penelitian ini menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan ini dihubungkan dengan teori Uses and Gratification untuk mengungkapkan bagaimana media menyebarkan tren makeup di kalangan generasi Z melalui inovasi makeup terbaru yang diciptakan oleh idol K-pop. Hasil penelitian menunjukan bahwa Korean Wave memiliki peran dalam penyebaran tren makeup Korea melalui media sosial. Idol K-pop dan Beauty influencer ikut berperan dalam menciptakan inovasi makeup terbaru yang kemudian diadopsi oleh penggemar K-pop di seluruh dunia. Selain itu, Peneliti menemukan wawasan baru mengenai dinamika pengaruh budaya pop global terhadap preferensi makeup.
The Korean Wave phenomenon in Indonesia has given rise to a makeup style trend among generation Z, especially K-pop fans in Indonesia. In the course of makeup style trends, there has been a shift in the direction of appearance from the West to Korea. The aim of this research is to find out how the Korean Wave has shaped changes in makeup style trends among Generation Z K-pop fans. The method used in this research is qualitative. This method is used to understand the informants' subjective experiences in imitating Korean makeup trends. Data was collected through interviews with five informants who are interested in following Korean makeup trends, as well as direct observations from beauty influencer accounts on social media regarding generation Z who imitate Korean makeup trends. This research uses analytical techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. This finding is connected to the Uses and Gratification theory to reveal how the media spreads makeup trends among generation Z through the latest makeup innovations created by K-pop idols. The research results show that the Korean Wave has a role in spreading Korean makeup trends through social media. K-pop idols and beauty influencers play a role in creating the latest makeup innovations which are then adopted by K-pop fans all over the world. In addition, researchers found new insights into the dynamics of the influence of global pop culture on makeup preferences.
Downloads
References
Amanda, Y., & Matondang, M. A. (2024). Komunikasi Interpersonal Pada Konsep Diri Generasi Z terhadap Gaya Hidup Shopaholic: Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Stambuk 2020-2023. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 8(1), 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.33075
Apriliani, E. (2016). Analisis Peran Media Dalam Mempengaruhi Remaja Wanita Usia 20-an Dalam Menggunakan Make Up Korea Style Di Dki Jakarta.
Damanik, R. R., Jimmy, J., Tambotoh, C., Informasi, F. T., Informasi, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Pencarian Informasi dan Media Komunikasi Menggunakan Model Uses and Gratification. Jurnal Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1251–1261. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4814
Dwiyanti et al. (2023). Pengaruh Budaya Pop Korea terhadap Gaya Hidup Remaja di Kota Denpasar, Bali. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 162–170. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1357
Fadli. (2008). Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuluah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fella, A. (2000). “ Menjadi Korea ”: Melihat Cara, Bentuk Dan Makna Budaya Pop Korea Bagi Remaja Di Surabaya. Jurnal Urbann Sociology, 3(2), 7–19. https://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/article/view/1232/940
Fhauziah, S., & Rohani, L. (2024). Pengaruh Aktualisasi Konsep Diri dalam Self - Disclosure Gen Z terhadap Second Account pada Aplikasi Instagram di Kota Medan. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 8(No 1, April), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.33098
Hadi et al. (2021). Buku Ajar Komunikasi Massa (T. Q. Media (ed.)). CV.Penerbit Qiara Media.
Handoko, F. A., Rahaju, S., & Siaputra, I. B. (2024). Fanatisme Penggemar K-pop Indonesia : Identitas Fandom , Tipe Kepribadian , Dan Pemujaan Selebritas Pada Penggemar K-pop. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesia Journal of Indiegenous Psychology, 11(1), 55–74. https://doi.org/10.24854/jpu714
Hardani et al. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Nomor March). CV. Pustaka Ilmu Group.
Harianja, L. W. (2024). Harianja, Lisda Waty. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 76–81. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.2217
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2020). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern ( Sebuah Studi Literatur ) Strategi Pemasran Digital Era Modern. Jurnal Eksekutif, 15(January 2018).
Hetty, F. (2016). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok : TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. 4(2), 199–208. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Ilona V, O. S. (2013). Pemanfaatan media massa terhadap hallyu sebagai budaya populer dan gaya hidup mahasiswa. Jurnal Kajian media dan Budaya Populer, 7(2), 33–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v7i2.965
Indah, E. dan. (2017). Makna Penggunaan Make Up Sebagai Identitas Diri. Jurnal pendidikan psikologi, 7(3).1–18. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/societas/article/view/12536
Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187
Kristiyono, R. (2021). Identitas digital : Konstruksi identitas pada pameran karya seni Biennale Jawa Timur 8. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(2), 187–198. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.16514
Kustiawan, D. (2022). Media Sosial Dan Jejaring Sosial. Jurnal perpustakaan dan Informasi, 2(1), 26–30. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4989
Monica, S. (2019). Analisis Kreativitas Cindercella dalam Melakukan Make Up Art. Jurnal Prologia Universitas Tarumanegara, 3(No 1 (2019): Prologia), 196–203. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6239
Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). In Multazam (Ed.), Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7
Nasution, R. D. (2017). Effect Of The Development Of Communication Information Technology On Local Cultural Exictence. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, vol 21(1). pp30-42. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/view/981
Oktaviana, M., Abidin, Z., Arviani, H., & Estetik, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok : Perluasan makna kata estetik. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560
Parivatphun, N. (2020). Chula Digital Collections The study of makeup of Thai female fans influencing from K-POP idols : Blackpink The Study Of Makeup fF Thai Female Fans Influencing From K-pop Idols : Blackpink Miss Nichakon Parivatphun A Thesis Submitted in Partial Fulfillment. In Chula Digital Collection. Chulalongkom University.
Purba, H., Utami, K., Aristi, S. M., & Soetandijo, V. J. (2023). Menganalisa Perkembangan Budaya Korea Dan Pengaruhnya Di Indonesia Melalui Perspektif Teori Komunikasi: Sebuah Tinjauan Literatur. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.53565/nivedana.v4i1.696
Putri et al. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940
Ramadhan, I., Aisya, S., & Febriana, P. (2023). Strategi komunikasi pemasaran The Body Shop melalui brand ambassador : Studi kasus. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 7(0341), 200–208. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25348
Riyantie, M. (2019). Konsep Diri Pecinta Make Up Korea ( Studi Fenomenologi Konsep Diri Mahasiswa Pecinta Make Up Korea ). Jurnal Inovasi, 13(2), 124–140.
Rizkiyah, A., Fahmi, M. I., Rajabi, J. A., & Nisa, K. P. (2024). Peniruan Trend Korea Pada Gen Z. 2(3), 353–362. https://jurnal.minartis.com/index.php/jishs/article/view/1688
Sabila et al. (2023). Makeu Up dan Identitas: Kontruksi Identitas Diri Pengguna Make Up Korea. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9), 431–437. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7968730
Safitri, R. A., & Rini, A. S. (2021). Pengaruh Ketergantungan Make-Up Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(2) pp.155-171. https://ojs.unm.ac.id/jtm/article/view/155-171
Sakinah, R. N., Hasna, S., & Wayuningsih, Y. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Jurnal on Education, 05(01), 735–745. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.653
Tran, A., Rosales, R., & Copes, L. (2020). Paint a Better Mood? Effects of Makeup Use on YouTube Beauty Influencers’ Self-Esteem. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020933591
Valenciana, J. K. K. P. (2022). Korean Wave : Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989 Jurnal
Wicaksono, M. A., W, A. P., Maryana, D., Ilmu, F., Politik, I., & Brawijaya, U. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2) pp. 75-85. https://doi.org/https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35
Wijaya, A. dan J. (2024). Efek Penyebaran Korean Wave Pada Kebudayaan Nasional Generasi Muda Di Indonesia. June.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shakila Farah Wardani, Azwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial agree to the following terms:
- For all articles published in Satwika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)