Fenomena Pemanfaatan Media Sosial Makeup Style dalam Mengadopsi Korean Wave

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v8i2.36583

Keywords:

Korean Wave, Media Sosial, penggemar K-pop, tren makeup style

Abstract

Fenomena Korean Wave di Indonesia menimbulkan adanya tren makeup style pada generasi Z, khususnya penggemar K-pop di Indonesia. Dalam perjalanan tren makeup style, terjadi pergeseran kiblat penampilan dari barat ke Korea. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Korean Wave dalam membentuk perubahan tren makeup style di media sosial pada generasi Z penggemar K-pop. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif. Metode ini digunakan untuk memahami pengalaman subjektif informan dalam meniru tren makeup Korea. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan lima informan yang memiliki ketertarikan mengikuti tren makeup Korea, Serta observasi langsung dari akun beauty influencer di media sosial mengenai generasi Z yang meniru tren makeup Korea. Penelitian ini menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan ini dihubungkan dengan teori Uses and Gratification untuk mengungkapkan bagaimana media menyebarkan tren makeup di kalangan generasi Z melalui inovasi makeup terbaru yang diciptakan oleh idol K-pop. Hasil penelitian menunjukan bahwa Korean Wave memiliki peran dalam penyebaran tren makeup Korea melalui media sosial. Idol K-pop dan Beauty influencer ikut berperan dalam menciptakan inovasi makeup terbaru yang kemudian diadopsi oleh penggemar K-pop di seluruh dunia. Selain itu, Peneliti menemukan wawasan baru mengenai dinamika pengaruh budaya pop global terhadap preferensi makeup.

 

The Korean Wave phenomenon in Indonesia has given rise to a makeup style trend among generation Z, especially K-pop fans in Indonesia. In the course of makeup style trends, there has been a shift in the direction of appearance from the West to Korea. The aim of this research is to find out how the Korean Wave has shaped changes in makeup style trends among Generation Z K-pop fans. The method used in this research is qualitative. This method is used to understand the informants' subjective experiences in imitating Korean makeup trends. Data was collected through interviews with five informants who are interested in following Korean makeup trends, as well as direct observations from beauty influencer accounts on social media regarding generation Z who imitate Korean makeup trends. This research uses analytical techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. This finding is connected to the Uses and Gratification theory to reveal how the media spreads makeup trends among generation Z through the latest makeup innovations created by K-pop idols. The research results show that the Korean Wave has a role in spreading Korean makeup trends through social media. K-pop idols and beauty influencers play a role in creating the latest makeup innovations which are then adopted by K-pop fans all over the world. In addition, researchers found new insights into the dynamics of the influence of global pop culture on makeup preferences.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, Y., & Matondang, M. A. (2024). Komunikasi Interpersonal Pada Konsep Diri Generasi Z terhadap Gaya Hidup Shopaholic: Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Stambuk 2020-2023. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 8(1), 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.33075

Apriliani, E. (2016). Analisis Peran Media Dalam Mempengaruhi Remaja Wanita Usia 20-an Dalam Menggunakan Make Up Korea Style Di Dki Jakarta.

Damanik, R. R., Jimmy, J., Tambotoh, C., Informasi, F. T., Informasi, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Pencarian Informasi dan Media Komunikasi Menggunakan Model Uses and Gratification. Jurnal Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1251–1261. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4814

Dwiyanti et al. (2023). Pengaruh Budaya Pop Korea terhadap Gaya Hidup Remaja di Kota Denpasar, Bali. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 162–170. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1357

Fadli. (2008). Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuluah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fella, A. (2000). “ Menjadi Korea ”: Melihat Cara, Bentuk Dan Makna Budaya Pop Korea Bagi Remaja Di Surabaya. Jurnal Urbann Sociology, 3(2), 7–19. https://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/article/view/1232/940

Fhauziah, S., & Rohani, L. (2024). Pengaruh Aktualisasi Konsep Diri dalam Self - Disclosure Gen Z terhadap Second Account pada Aplikasi Instagram di Kota Medan. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 8(No 1, April), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.33098

Hadi et al. (2021). Buku Ajar Komunikasi Massa (T. Q. Media (ed.)). CV.Penerbit Qiara Media.

Handoko, F. A., Rahaju, S., & Siaputra, I. B. (2024). Fanatisme Penggemar K-pop Indonesia : Identitas Fandom , Tipe Kepribadian , Dan Pemujaan Selebritas Pada Penggemar K-pop. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesia Journal of Indiegenous Psychology, 11(1), 55–74. https://doi.org/10.24854/jpu714

Hardani et al. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Nomor March). CV. Pustaka Ilmu Group.

Harianja, L. W. (2024). Harianja, Lisda Waty. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 76–81. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.2217

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2020). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern ( Sebuah Studi Literatur ) Strategi Pemasran Digital Era Modern. Jurnal Eksekutif, 15(January 2018).

Hetty, F. (2016). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok : TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. 4(2), 199–208. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Ilona V, O. S. (2013). Pemanfaatan media massa terhadap hallyu sebagai budaya populer dan gaya hidup mahasiswa. Jurnal Kajian media dan Budaya Populer, 7(2), 33–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v7i2.965

Indah, E. dan. (2017). Makna Penggunaan Make Up Sebagai Identitas Diri. Jurnal pendidikan psikologi, 7(3).1–18. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/societas/article/view/12536

Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187

Kristiyono, R. (2021). Identitas digital : Konstruksi identitas pada pameran karya seni Biennale Jawa Timur 8. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(2), 187–198. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.16514

Kustiawan, D. (2022). Media Sosial Dan Jejaring Sosial. Jurnal perpustakaan dan Informasi, 2(1), 26–30. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4989

Monica, S. (2019). Analisis Kreativitas Cindercella dalam Melakukan Make Up Art. Jurnal Prologia Universitas Tarumanegara, 3(No 1 (2019): Prologia), 196–203. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6239

Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). In Multazam (Ed.), Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7

Nasution, R. D. (2017). Effect Of The Development Of Communication Information Technology On Local Cultural Exictence. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, vol 21(1). pp30-42. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/view/981

Oktaviana, M., Abidin, Z., Arviani, H., & Estetik, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok : Perluasan makna kata estetik. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560

Parivatphun, N. (2020). Chula Digital Collections The study of makeup of Thai female fans influencing from K-POP idols : Blackpink The Study Of Makeup fF Thai Female Fans Influencing From K-pop Idols : Blackpink Miss Nichakon Parivatphun A Thesis Submitted in Partial Fulfillment. In Chula Digital Collection. Chulalongkom University.

Purba, H., Utami, K., Aristi, S. M., & Soetandijo, V. J. (2023). Menganalisa Perkembangan Budaya Korea Dan Pengaruhnya Di Indonesia Melalui Perspektif Teori Komunikasi: Sebuah Tinjauan Literatur. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.53565/nivedana.v4i1.696

Putri et al. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940

Ramadhan, I., Aisya, S., & Febriana, P. (2023). Strategi komunikasi pemasaran The Body Shop melalui brand ambassador : Studi kasus. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 7(0341), 200–208. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25348

Riyantie, M. (2019). Konsep Diri Pecinta Make Up Korea ( Studi Fenomenologi Konsep Diri Mahasiswa Pecinta Make Up Korea ). Jurnal Inovasi, 13(2), 124–140.

Rizkiyah, A., Fahmi, M. I., Rajabi, J. A., & Nisa, K. P. (2024). Peniruan Trend Korea Pada Gen Z. 2(3), 353–362. https://jurnal.minartis.com/index.php/jishs/article/view/1688

Sabila et al. (2023). Makeu Up dan Identitas: Kontruksi Identitas Diri Pengguna Make Up Korea. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9), 431–437. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7968730

Safitri, R. A., & Rini, A. S. (2021). Pengaruh Ketergantungan Make-Up Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(2) pp.155-171. https://ojs.unm.ac.id/jtm/article/view/155-171

Sakinah, R. N., Hasna, S., & Wayuningsih, Y. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Jurnal on Education, 05(01), 735–745. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.653

Tran, A., Rosales, R., & Copes, L. (2020). Paint a Better Mood? Effects of Makeup Use on YouTube Beauty Influencers’ Self-Esteem. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020933591

Valenciana, J. K. K. P. (2022). Korean Wave : Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989 Jurnal

Wicaksono, M. A., W, A. P., Maryana, D., Ilmu, F., Politik, I., & Brawijaya, U. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2) pp. 75-85. https://doi.org/https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35

Wijaya, A. dan J. (2024). Efek Penyebaran Korean Wave Pada Kebudayaan Nasional Generasi Muda Di Indonesia. June.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Wardani, S. F., & Azwar. (2024). Fenomena Pemanfaatan Media Sosial Makeup Style dalam Mengadopsi Korean Wave. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 8(2), 554–564. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i2.36583

Issue

Section

Table of Content