Tari Glipang sebagai Sarana Peningkatan Konsentrasi Kinestetik Tunagrahita

Authors

  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dian Fitri Nur Aini Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/satwika.v3i1.8678

Keywords:

tari glipang, konsentrasi kinestetik, tunagrahita

Abstract

Usia sekolah dasar merupakan fase perkembangan awal pada anak untuk
mengembangkan kemampuan atau kecerdasannya. Peserta didik memiliki
kemampuan berbeda-beda yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kecerdasan pada manusia khususnya anak usia sekolah dasar meliputi 9 jenis kecerdasan salah satunya adalah kecerdasan kinestetik. Kecerdasan kinestetik pada usia sekolah dasar secara umum berkembang lebih cepat dibandingkan kecerdasan yang lain. Hal ini dikarenakan karakteristik anak usia sekolah dasar cenderung lebih menyukai kegiatan yang bergerak misalnya berlari dan menari. Namun pada anak tunagrahita, kemampuan motoriknya cenderung berkembang lebih lambat dibandingkan dengan
anak regular. Tunagrahita memiliki keterbatasan dalam memfokuskan diri pada sesuatu tidak lebih dari setengah jam sehingga mereka sulit berkonsentrasi. Keterlambatan perkembangan kemampuan motorik yang dialami oleh tunagrahita juga berpengaruh terhadap konsentrasi kinestetiknya. Anak cenderung sulit menghafal gerakan-gerakan yang terdapat pada pembelajaran yang mengharuskan mereka bergerak secara bersamaan dengan siswa lain misalnya pada kegiatan senam dan tari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih konsentrasi kinestetik pada anak tunagrahita adalah melalui kegiatan menari. Tari memiliki tujuan untuk mengembangkan pribadi peserta didik. Salah satu jenis tarian yang dapat digunakan sebagai sarana terapi tunagrahita adalah Tari Glipang. Tari Glipang merupakan tarian yang berasal dari Probolinggo. Tari Glipang memiliki 13 tahapan yang diterapkan dalam pembelajaran seni yang dapat digunakan sebagai terapi untuk anak tunagrahita. Penerapan gerakan Tari Glipang pada anak grahita
dapat membantu mereka meredakan emosi dan berpengaruh pada konsentrasinya. Selain itu, Tari Glipang juga cenderung memiliki gerakan yang fokus ke pengaturan pernapasan. Pengaturan pernapasan yang baik akan melancarkan peredaran darah yang secara langsung berpengaruh pada meningkatnya konsentrasi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arina Restian, Universitas Muhammadiyah Malang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dian Fitri Nur Aini, Universitas Muhammadiyah Malang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Armstrong, Thomas. (2010). 7 Kind of Smart (Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda berdasarkan Teori Multiple Intelegence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Catron, C.E. & Allen, J. (2015). Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New Jersey: Merill, Prentice-Hall.

Delphie, Bandi. (2005). Program Pembelajaran Individual Berbasis Gerak Irama. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gardner, Howard. (2010). Frame of Mind the Theory of Multiple Intelligence. Amerika: basic books

Hidayani, Rini. (2007). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Hidayat, Agus. (2006). Seni Tari Glipang Probolinggo Analisis Bentuk, Fungsi dan Makna dengan Pendekatan Folklor. Skripsi. Malang: FKIP UMM.

Jazuli. (2011). Paradigma kontekstual Pendidikan Seni. Unesa University Press. Semarang

Joyce, Mary. (2009). First Steps in Teaching Creative Dance to Children. USA: Mayfield Publishing Company.

Mumpuniarti. (2007). Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2010). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedarsono. (2012). Pengantar Komposisi Tari. Yogyakarta: ASTI.

Sujiono, Yuliani Nuraini, dkk. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks

Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks

Yaumi, Muhammad. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Downloads

Published

2019-06-21

How to Cite

Restian, A., & Aini, D. F. N. (2019). Tari Glipang sebagai Sarana Peningkatan Konsentrasi Kinestetik Tunagrahita. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i1.8678

Issue

Section

Original Research