Ethics and Malpractice

Etika Publikasi dan Pernyataan Malpraktek

Jurnal Dedikasi Hukum bermitra dengan peer-review yang diterbitkan tiga kali setahun di bidang cetak dan online oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etik semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam Jurnal Dedikasi Hukum, termasuk penulis, dewan editor, mitra bestari, dan penerbit. Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Etika Pedoman Penerbitan

Universitas Muhammadiyah Malang sebagai penerbit bertanggung jawab mengawal Jurnal Dedikasi Hukum  mulai tahapan penerbitan dengan serius dan bertanggung jawab secara etika, substansi dan objektifitas terbitan. Keputusan dari, editorial tim bersifat mutlak dan independent tanpa campur tangan pihak manapun. Selain itu, penerbit juga berkomitmen untuk membantu komunikasi dengan pengelola jurnal dan/atau penerbit, jika dianggap diperlukan.

Tuduhan Penyelewengan Penelitian dan Hasil Pengabdian

Penyelewengan penelitian dan hasil pengabdian berarti pemalsuan, manipulasi kutipan, atau plagiarisme dalam mengerjakan, melakukan, atau meninjau penelitian dan menulis artikel oleh penulis, atau dalam melaporkan hasil Pengabdian. Saat penulis diketahui terlibat dengan pelanggaran penelitian atau penyimpangan serius lainnya yang melibatkan artikel yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah, penulis akan diberikan sanksi mulai dari yang bersifat teguran hingga tindakan baik dalam ranah perdata maupun pidana.

Penulis

Kepenulisan harus dibatasi pada siapa saja yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, eksekusi, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua pihak yang telah memberikan kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis, seperti  orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas yang disertakan di kertas, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Data dan reproduksi

Akses data mentah harus disediakan untuk kebutuhan editorial.

Pengawasan

Jika penelitian melibatkan data rahasia dan praktik bisnis/pemasaran, penulis harus membenarkan dengan jelas masalah ini apakah data atau informasi akan disembunyikan/dirahasiakan dengan aman atau tidak