Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

KETENTUAN UMUM

  1. Naskah yang diterima merupakan artikel yang belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun dalam bentuk atau belum diterima (accepted) untuk dipublikasikan.
  2. Naskah berupa pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai topik di bidang studi hukum yang berbasis penelitian seperti: Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan dan advokasi, Pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat, Pendampingan Masyarakat, dan Uji Coba hasil-hasil Ilmu Pengetahuan dan Teknologi masyarakat.
  3. Naskah merupakan hasil karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme.Penegcekan plagiasi tidak melebihi 20% (dua puluh persen.
  4. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sepanjang 12-25 halaman. Naskah diketik di atas kertas A4 dengan margin atas 3 cm, margin kiri 3,2 cm, margin bawah 2,8 cm, dan margin kanan 2,5 cm, menggunakan tipe huruf Book Antiqua, ukuran font 11, dan spasi 1,1
  5. Gaya penulisan di Jurnal Dedikasi Hukum harus mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Gaya penulisan yang khusus berlaku di Jurnal Dedikasi Hukum, yaitu:
  • Bilamana merujuk suatu pasal, huruf awal kata "pasal" ditulis dengan huruf kapital.
  • Bilamana merujuk suatu ayat, huruf awal kata "ayat" ditulis dengan huruf kecil dan angka diapit oleh tanda baca kurung.
  • Apabila dalam kutipan langsung suatu frasa, paragraf,atau rumusan pasal terdapat bagian yang dihilangkan, bagian yang dihilangkan tersebut ditandai dengan elipsis yang disisipkan dalam tanda kurung siku[....].
  • Penyingkatan nama peraturan penundang-undangan diserahkan kepada gaya masing-masing penulis, selama dipergunakan secara konsisten. Bentuk yang disarankan, misalnya "UU No. 1 Tahun 1950”.
  • Penulis disarankan untuk menghindari metode penjabaran secara enumeratif.
  • Daftar Pustaka hendaknya dirujuk dari edisi mutakhir dan sangat disarankan berasal dari jurnal. Daftar Pustaka minimal memuat 10 rujukan dari data primer (sumber dari artikel penelitian dalam jurnal ilmiah dan berupa buku) dan sumber data lain (laporan penelitian/pengabdian kepada masyarakat, berita dalam surat kabar, dll)
  • Gelar akademik tidak ditulis di dalam daftar pustaka maupun catatan kaki.
  1. Template Penulisan dapat diunduh: Template Jurnal Dedikasi Hukum
  2. Penulis wajib mengirimkan naskah dalam bentuk softcopy melalui akun Open Journal System (OJS) yang tersedia pada website https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh.
  3. Penyunting berhak menyeleksi dan mengedit naskah yang masuk tanpa membuat perubahan apa pun pada isinya. Kepastian pemuatan atan penolakan naskah akan diberitahukan kepada penulis: Prioritas pemuatan naskah didasarkan pada penilaian substansi dan urutan naskah yang masuk ke Jurnal Dedikasi Substansi tulisan atau artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.
  4. Dukungan para penulis jurnal diharapkan dengan menggunakan referensi dari Jurnal Dedikasi Hukum yang telah diterbitkan.
  5. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi: Pengelola Jurnal Dedikasi Hukum, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas Nomor 246, Malang, Jawa Timur, Email: dedikasihukum@umm.ac.id.

SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika naskah hasil penelitian harus mencakup: Judul, Nama Penulis, Abstrak (berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.

  1. Judul naskah terdiri maksimal 15 kata. Naskah hurus disertai dengan abstract dan keywords dalam bahasa inggris serta intisari dan kata kunci dalam Bahasa Indonesia. Abstract dan intisari masing-masing terdiri 150-250 kata. Keywords dan kata kunci masing-masing terdiri 3 kata.
  2. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris secara terpisah dengan menggunakan huruf Book Antiqua ukuran 10 pt, spasi 1, terdiri dari 150 – 250 kata dan spasi 1, cetak miring dan dalam 1 paragraf. Abstrak meliputi latar belakang dan tujuan pengabdian pada masyarakat, metode yang digunakan dan hasil berupa dampak/manfaat serta capaian kegiatan pengabdian.
  3. Pendahuluan memaparkan permasalahan, tantangan, atau kebutuhan masyarakat (mitra) yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, hasil kajian pustaka dan atau penelitian yang relevan dengan tema kegiatan pengabdian yang dilakukan, dan tujuan kegiatan pengabdian masyarakat. Bagain pendahuluan tersebut dipaparkan dalam bentuk paragraph-paragraf dengan komposisi 10-15% dari total halaman artikel.
  4. Metode Pelaksanaan memaparkan metode pengabdian yang dilakukan dan tahapan-tahapan yang memberikan gambaran solusi permasalahan mitra pengabdian. Bagian Metode Pelaksanaan tersebut dipaparkan dalam bentuk paragraph dengan komposisi 8-10% dari total halaman artikel.
  5. Hasil dan Pembahasan memaparkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di dalam bidang hukum. Pembahasan hasil pengabdian dianalisis berdasarkan hasil penelitian/pengabdian sebelumnya dan dikaji secara kritis dan dikaitkan dengan literatur terkini yang relevan dengan topik pembahasan. Jika terdapat tabel/bagan/gambar berisi paparan hasil maka diolah sehingga mudah dipahami. Hasil dan Pembahasan tersebut dipaparkan dalam bentuk paragraph dengan komposisi 50-60% dari total halaman artikel.
  6. Kesimpulan memaparkan capaian kegiatan pengabdian masyarakat kaitannya dengan tujuan dan target kegiatan berupa intisari hasil pembahasan. Kesimpulan dipaparkan dalam bentuk paragraf dengan komposisi 5 – 10% dari total halaman artikel.
  7. Daftar Pustaka minimal memuat 10 rujukan dari data primer (sumber dari artikel penelitian dalam jurnal ilmiah dan berupa buku) dan sumber data lain (laporan penelitian/pengabdian kepada masyarakat, berita dalam surat kabar, dll) disusun secara alfabetis. Daftar pustka ditulis dengan Book Antiqua, Font 11 pt, spasi 1, menggunakan standar APA Style serta wajib menggunakan manajemen referensi Mendeley.

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.