Wirausaha Muda Mandiri Sebagai Penggerak Ekonomi Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.22219/jdh.v1i3.18388Keywords:
pengabdian, Pendidikan, WirausahaAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) ini bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru mandiri yang berbasis ipteks. Pemilihan tema dalam kegiatan pengabdian ini didasarkan pada kondisi faktual di masyarakat pada saat ini yang, menunjukkan angkatan kerja sangat tinggi yang tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja sehingga berakibat pada tingginya angka pengangguran. Permasalahan yang dihadapi mitra sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Malang (SMK Muhammadiyah 2 Malang) adalah terbatasnya kegiatan diluar kurikulum yang menunjang wirausaha siswa, dan minimnya pengetahuan dan ketrampilan siswa mengenai seluk beluk wirausaha. Sehingga hal ini berakibat pada rendahnya alumni dan lulusan yang memilih wirausaha. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan keterampilan wirausaha bagi peserta didik di lokasi Mitra. Target khusus yang ingin dicapai adalah terbentuknya komunitas siswa yang mandiri dan memiliki ketrampilan menjadi wirausaha mandiri. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk seminar yang dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Malang. Kegiatan diikuti oleh 110 peserta didik dan 15 orang guru dan Tenaga Kependidikan. Evaluasi dilakukan dengan pengisian kuesioner untuk mengetahui pemahaman peserta didik terkait pelaksanaan program dan juga melalui rekam hasil usaha sebelum dan setelah program pengabdian dilaksanakan. Hasil yang dicapai setelah dilaksanakannya program pengabdian ini adalah meningkatnya tingkat pemahaman dan ketrampilan peserta didik di bidang wirausaha, yang ditunjukkan dengan jumlah penjualan produk dan jasa wirausaha dilokasi mitra mengalami peningkatan.
Independent Youth Entrepreneurs As A Driving Force fot The Nation’s Economy
This community service took education entrepreneurship or edupreneurship as the theme which aims to create independent entrepreneurship based on science and technology. The reason of taking this theme was on the factual condition of the rising numbers of job seekers in Indonesia comparing to the unequal stock of job vacancies which impacting on the highest numbers of jobless. Vocational school, as a formal education institution in developing students’ skills to work in their respective field, seems still focus on expanding students’ cognitive skills regardless assisting them with supplementary skills to support their competence. Hence, the team had been collaborating with one of Vocational Schools in Malang, East Java in providing entrepreneurship trainings for students in order to train them to be a skilled independent entrepreneur; besides, with some trainings and personal assistance, students were expected to create entrepreneur community at school as a school entrepreneur training center. The series of trainings materials had been participated by 110 students and 15 teachers. At the end of training series, questionnaire was given to the participants to evaluate their understanding of presented materials and identify some obstacles while developing their startup business. The results showed that some students have started their own business or collaborative business with some teachers and the presented materials had been well-implemented in expanding their business.
Downloads
References
Aditya Nugraha Pratamahanu, R. H. (2021). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Bersaing pada PT. Cahaya Interfreight Cargo. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 21.
B.R Baringer & Ireland, R. (2016). Entrepreneurship. Edinburgh: Pearson.
Basrowi. (2011). Kewirausahaan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Catur Harsito, A. M. (2021). Penerapan Teknologi Tepat Guna Sebagai Peningkatan Usaha. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 3.
Crouch, V. (2002). Buku Saku Para CEO . Jakarta: Harvest Publication House.
Dewi, S. M. (2017). RESIKO YANG DIHADAPI SEORANG WIRAUSAHA. Retrieved from Undergraduate Program, Business Creation: https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2017/03/resiko-yang-dihadapi-seorang-wirausaha/
Etika Sabariah. (2021). Strategi Mempertahankan Energi Dinamis Suatu Wirausaha Pada Perubahan Fenomena Khususnya Fenomena Pandemic Covid 19 Berbasis Pengetahuan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1). https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.111
Esfandiari, F. dkk. (2021). Pendampingan Akad dan Sertifikasi Halal MUI serta Edukasi Jaminan Produk Halal pada Minuman Cangloh di Mergosono Kota Malang. Dedikasi Hukum, 1(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.2229/jdh.v1i2.17607
Etika Sabariah. (2021). Strategi Mempertahankan Energi Dinamis Suatu Wirausaha Pada Perubahan Fenomena Khususnya Fenomena Pandemic Covid 19 Berbasis Pengetahuan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1). https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.111
Franita, R. (2016). Analisa Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(12).
Grace Jenny Soputan, N. C. (2021). Strategi Membentuk Wirausaha Baru di Kampus. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 51.
Hutabarat, Z. (2017). Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Wirausahawan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 22.
Matin Bin Salman, A., Doktor Manajemen Pendidikan Islam, P., & Surakarta, I. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/JIEI.V7I2.2649
Norman, T. W. (2005). Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil (Terjemahan). Jakarta: Scarbrough.
Nurhayani, Muhammad Akbar, Damayanti, Rahmatullah, & Syarigawir. (2021). Kewirausahaan Ditengah Revolusi Industri 4.0 : Teori Dan Konsep Tinjauan Ekonomi Islam. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(1). https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v6i1.586
Perdagangan, K. P. (2020). Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Menjadi Negara Maju.
Setiono, L. H. (2020). Risiko Wirausahawan dalam Pengembangan Bisnis. Esfandiari, F. dkk. (2021).
Syafariah, A. (2016). PENGARUH RISIKO BISNIS DAN RISIKO FINANSIAL TERHADAP RISIKO SISTEMATIS SAHAM INDUSTRI MANUFAKTUR. Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan), 1(2), 82–89. https://doi.org/10.32897/JSIKAP.V1I2.50
Watuseke, J. (2019). TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN KARENA PENGARUH IKLAN. LEX PRIVATUM, 7(4), 108–118. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/26870
Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2019). PENGARUH PEMBERIAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PELATIHAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT WIRAUSAHA EKONOMI KREATIF PADA MAHASISWA UNMAS DENPASAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Shinta Ayu Purnamawati, Rahmawati Khadijah Maro, Sidik Sunaryo, M. Jihadi, Endah Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.