Sosialisasi Perlindungan Hukum Konsumen Klinik Kecantikan Holyskin di Kota Balikpapan

Authors

  • Kana Kurnia Program Studi Hukum Universitas Mulia
  • Okta Nofia Sari Program Studi Hukum Universitas Mulia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jdh.v3i1.28295

Keywords:

Perlindungan Hukum, Konsumen, Klinik Kecantikan

Abstract

Bermula dari tidak sedikitnya berita terkait konsumen yang merasa rugi karena penggunaan jasa klinik kecantikan, khususnya terkait dengan penggunaan obat atau treatment yang salah dan kemudian menyebabkan konsumen mengalami kerugian pada kulit wajah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan hukum terhadap konsumen di klinik kecantikan Holyskin dengan tujuan agar peserta dapat memahami hak dan kewajibannya selaku konsumen dan pelaku usaha. Metode yang dilakukan dalam bentuk sosialisasi penyuluhan hukum dengan peserta yang merupakan konsumen dan pelaku usaha klinik kecantikan. Penyuluhan hukum merupakan kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat dalam hal ini konsumen dan pelaku usaha klinik kecantikan.

 

Abstract

Socialization of Consumer Legal Protection Holyskin Beauty Clinic in Balikpapan City. Starting from not a few news related to consumers who feel at a loss because of the use of beauty clinic services, especially related to the use of drugs or wrong treatment which then causes consumers to suffer losses on facial skin. Community service activities in the form of legal counseling for consumers at the Holyskin beauty clinic with the aim that participants can understand their rights and obligations as consumers and business actors. The method used is in the form of legal counseling socialization with participants who are consumers and beauty clinic business actors. Legal counseling is an activity of disseminating information and understanding of legal norms and applicable laws and regulations in order to realize and develop public legal awareness, in this case consumers and beauty clinic business actors

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeny, I., Lutfia, F., Ratna, A., Rachmaudina, T., & Author, C. (2021). Pendampingan Hukum Pengusaha UMKM dalam Penyelesaian Sengketa Kontrak Bisnis. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 527–536. https://doi.org/10.31960/CARADDE.V3I3.731

ALprialni, R. (2019). Perlindungaln Hukum Terhaldalp Konsumen Dalri Pralktik Klinik Kecalntikaln Ilegall di Kalralwalng. Yurispruden, 2(1), 75–88.

AL.Z, N. (2010). Hukum Perlindungaln Konsumen Sualtu Pengalntalr. Dialdit Medial.

Christina, C. (2021). Membongkar Mitos Kecantikan Perempuan Dan Femininitas Iklan Dove #Rambutakukataaku. PRecious: Public Relations Journal, 1(2), 140–157. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/precious/article/view/4731

Galndhi, B. S. (2021). Perlindungaln Konsumen Dallalm Pralktik Peralwaltaln Kecalntikaln oleh Klinik Kecalntikaln di Wilalyalh Kotal Suralkalrtal [Skripsi]. Universitals ALtmal Jalyal.

Haldjon, P. M. (2011). Pengalntalr Hukum ALdministralsi Indonesial. Galdjalh Maldal University Press.

Izzal, D. W., & Zalviral, S. (2020). Perlindungaln Hukum Balgi Konsumen Klinik Kecalntikaln altals Penggunalaln Kosmetik Ralcikaln Dokter. Jurnall Perspektif, 25(2), 107–119.

Kristiyalni, C. T. S. (2014). Hukum Perlindungaln Konsumen. Sinalr Gralfikal.

Leonardo Tuela, M. (2014). Upaya Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Barang Yang Diperdagangkan. Lex Privatum, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lexprivatum/article/view/6159

Miru, AL., & Yodo, S. (2007). Hukum Perlindungaln Konsumen. PT. Raljalwalli Pers.

Mutial, AL. (2022, Desember). Malkin Meroket, Pendalpaltaln Produk Kecalntikaln daln Peralwaltaln Diri di RI Calpali Rp. 111,83 triliun paldal 2022. Daltalbooks. https://daltalboks.kaltaldaltal.co.id/daltalpublish/2022/12/05/malkin-meroket-pendalpaltaln-produk-kecalntikaln-daln-peralwaltaln-diri-di-ri-calpali-rp11183-triliun-paldal-2022

Sari, E. S., Heryanti, B. R., & Triasih, D. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Problematika Kosmetik Yang Tidak Terdaftar Dalam BPOM. Semarang Law Review (SLR), 1(2), 121–133. https://doi.org/10.26623/SLR.V1I2.2763

Sidalballok, J. (2010). Hukum Perlindungaln Konsumen di Indonesial. Citral ALdityal Balkti.

Swalsthal, B., & Halndoko, H. (1997). Malnaljemen Perusalhalaln ALnallisal Perilalku Konsumen (Edisi Pertalmal). Liberty.

Tri Siwi, C. K., & Widya Karya Malang, U. (2022). Perlindungan Konsumen di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Wujud Pemenuhan HAM. Jurist-Diction, 5(2), 441–464. https://doi.org/10.20473/JD.V5I2.34877

Ussalkinalh, L. (2017). Talnggung Jalwalb Keperdaltalaln Dokter Kecalntikaln Terhaldalp Konsumen Jalsal Kecalntikaln (Studi Paldal Klinik Kecalntikaln di Wilalyalh Kotal Maltalralm) [Skripsi]. Universitals Maltalralm.

Wijaya, I. W. G. A. S., Budiartha, I. N. P., & Arini, D. G. D. (2022). Pelaksanaan Pemberian Ganti Rugi Kepada Konsumen Pada Usaha Laundry Di Desa Tampaksiring. Jurnal Preferensi Hukum, 3(3), 487–493. https://doi.org/10.55637/JPH.3.3.5635.487-493

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Kurnia, K., & Nofia Sari, O. (2023). Sosialisasi Perlindungan Hukum Konsumen Klinik Kecantikan Holyskin di Kota Balikpapan . Jurnal Dedikasi Hukum, 3(1), 95–104. https://doi.org/10.22219/jdh.v3i1.28295

Issue

Section

Articles