Kecerdasan moral ditinjau dari perbedaan pola asuh pada siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.10429Keywords:
Moral Intelligence, Parenting style, StudentsAbstract
Objektif:Saat ini banyak peserta didik kurang memperlihatkan perilaku yang baik berhubungan dengan kecerdasan moral. Salah satu faktor yang memengaruhi kecerdasan moral adalah pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara pola asuh demokratis, otoriter dan permisif terhadap kecerdasan moral.
Metode:Subyek penelitian sebanyak 177 siswa SMA Cahaya Medan dengan metode proportionate stratified random sampling. Data penelitian disatukan menggunakan skala kecerdasan moral dan skala pola asuh. Data dianalisis dengan memakai korelasi analisis regresi linear berganda melalui bantuan SPSS 23 for Windows.
Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang positif antara pola asuh demokratis dengan kecerdasan moral dengan nilai sig. 0. 040 (p < 0.05), pola asuh otoriter dan kecerdasan moral dengan nilai sig. 0.167 (p > 0.05), pola asuh permisif dengan kecerdasan moral dengan nilai sig. 0.570 (p > 0.05). Uji asumsi terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sumbangan efektif pola asuh terhadap kecerdasan moral sebesar 2,7%, selebihnya 97,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kesimpulan:Hipotesis penelitian diterima.Downloads
References
REFERENSI Ahsan, Susmarini, D., & Anitasari, A, R. (2014). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua (Ibu) Yang Bekerja Dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang. Journal of Educational Innovation, 2 (2), 30 – 40. Arikunto (2006) Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta.Bumi Aksara. As’Ari, M, H (2015). Hubungan antara pola asuh otoriter dengan kemandirian, (Skripsi Surakarta). Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah. Ayu, D., & Astuti (2016). Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri Remaja dan Perilaku Seksual. Jurnal Ilmiah dan Penelitian Kesehatan ,1 (1),10-17. Azwar (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Borba, M (2008). Membangun Kecerdasan Moral (Tujuh kebajikan utama agar anak bermoral tinggi). Hasan (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Jannah, M., Yacob, F., & Julianto (2017). Rentang kehidupan Manusia (Life Span Development) dalam Islam. International Journal of Child and Gender Studies, 3 (1), 97-114. Kurniawan & Yuniarto (2018) Analisis Regresi. Depok : Prenadamedia. Maksum & Winasih. (2017) Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri Cimpon Desa Tirtosari Kecamatan Kretek Kabupaten. LITERASI, Volume VIII, No. 2 Pangestu, K., Fadillah., & Halida (2016). Hubungan Pola Asuh Ibu dan Kecerdasan Moral Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(9), 1-12. Priyatno.(2013) Analisis Korelasi,regresi,dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media. Rahman, U., Mardhiah., & Azmidar (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Orang Tua Dan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (1), 116-130. Rottie, J. & Karundeng, M. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Kecerdasan Moral Anak Usia 12-15 Tahun di SMP Negeri 1 Tabukan Kepulauan Sangihe. Ejournal Keperawatan(e-Kp), 4 (1), 1-6 Santrock, John W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga. Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta : Rineka Cipta Stanislaus. (2006) Pedoman Analisis Data dengan SPSS Yogyakarta: Graha Ilmu Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D Bandung : Alfabeta. Wintoro, Sri Wahyuni. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Moral Anak Di Sd N 3 Buntalan Klaten Tengah, Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan Vol. 9 No. 17 https://metro.tempo.co/read/1125876/kpaitawuranpelajar2018lebihtinggidibanding-tahun-lalu/full&view=ok diunduh 01 November 2018. https://metro.tempo.co/read/1177514/pengakuan-geng-motor-soalmotifkekerasan-terhadap-korbannya/full&view=ok diunduh 01 November 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.