Kecerdasan moral ditinjau dari perbedaan pola asuh pada siswa SMA

Authors

  • Yulinda Septiani Manurung Medan Prima University
  • Antoneta Fransiska Bili Lete YSM
  • Mega Yuni Asri Nababan MYAN
  • Abigail Christine Ampow

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.10429

Keywords:

Moral Intelligence, Parenting style, Students

Abstract

Objektif:Saat ini banyak peserta didik kurang memperlihatkan perilaku yang baik berhubungan dengan kecerdasan moral. Salah satu faktor yang memengaruhi kecerdasan moral adalah pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara pola asuh demokratis, otoriter dan permisif terhadap kecerdasan moral.

Metode:Subyek penelitian sebanyak 177 siswa SMA Cahaya Medan  dengan metode proportionate stratified random sampling. Data penelitian disatukan menggunakan skala kecerdasan moral dan skala pola asuh. Data dianalisis dengan memakai korelasi analisis regresi linear berganda melalui bantuan SPSS 23 for Windows.

Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang positif antara pola asuh demokratis dengan kecerdasan moral dengan nilai sig. 0. 040 (p < 0.05), pola asuh otoriter dan kecerdasan moral dengan nilai sig. 0.167 (p > 0.05), pola asuh permisif dengan kecerdasan moral dengan nilai sig. 0.570 (p > 0.05). Uji asumsi terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sumbangan efektif pola asuh terhadap kecerdasan moral sebesar 2,7%, selebihnya 97,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kesimpulan:Hipotesis penelitian diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yulinda Septiani Manurung, Medan Prima University

FAKULTAS PSIKOLOGI

AKREDITASI B

Antoneta Fransiska Bili Lete, YSM

Fakultas Psikologi

Akreditasi B

Mega Yuni Asri Nababan, MYAN

Fakultas Psikologi

Akreditas B

References

REFERENSI Ahsan, Susmarini, D., & Anitasari, A, R. (2014). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua (Ibu) Yang Bekerja Dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang. Journal of Educational Innovation, 2 (2), 30 – 40. Arikunto (2006) Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta.Bumi Aksara. As’Ari, M, H (2015). Hubungan antara pola asuh otoriter dengan kemandirian, (Skripsi Surakarta). Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah. Ayu, D., & Astuti (2016). Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri Remaja dan Perilaku Seksual. Jurnal Ilmiah dan Penelitian Kesehatan ,1 (1),10-17. Azwar (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Borba, M (2008). Membangun Kecerdasan Moral (Tujuh kebajikan utama agar anak bermoral tinggi). Hasan (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Jannah, M., Yacob, F., & Julianto (2017). Rentang kehidupan Manusia (Life Span Development) dalam Islam. International Journal of Child and Gender Studies, 3 (1), 97-114. Kurniawan & Yuniarto (2018) Analisis Regresi. Depok : Prenadamedia. Maksum & Winasih. (2017) Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri Cimpon Desa Tirtosari Kecamatan Kretek Kabupaten. LITERASI, Volume VIII, No. 2 Pangestu, K., Fadillah., & Halida (2016). Hubungan Pola Asuh Ibu dan Kecerdasan Moral Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(9), 1-12. Priyatno.(2013) Analisis Korelasi,regresi,dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media. Rahman, U., Mardhiah., & Azmidar (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Orang Tua Dan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (1), 116-130. Rottie, J. & Karundeng, M. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Kecerdasan Moral Anak Usia 12-15 Tahun di SMP Negeri 1 Tabukan Kepulauan Sangihe. Ejournal Keperawatan(e-Kp), 4 (1), 1-6 Santrock, John W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga. Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta : Rineka Cipta Stanislaus. (2006) Pedoman Analisis Data dengan SPSS Yogyakarta: Graha Ilmu Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D Bandung : Alfabeta. Wintoro, Sri Wahyuni. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Moral Anak Di Sd N 3 Buntalan Klaten Tengah, Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan Vol. 9 No. 17 https://metro.tempo.co/read/1125876/kpaitawuranpelajar2018lebihtinggidibanding-tahun-lalu/full&view=ok diunduh 01 November 2018. https://metro.tempo.co/read/1177514/pengakuan-geng-motor-soalmotifkekerasan-terhadap-korbannya/full&view=ok diunduh 01 November 2018.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Manurung, Y. S., Bili Lete, A. F., Nababan, M. Y. A., & Ampow, A. C. (2020). Kecerdasan moral ditinjau dari perbedaan pola asuh pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 130–139. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.10429

Issue

Section

Articles