Upaya meminimalisasi kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dengan metode expressive writing therapy

Authors

  • Balawan Aliman Amali Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.12306

Keywords:

anxiety, expressive writing therapy, public speaking.

Abstract

Objektif: Expressive writing therapy adalah terapi yang menggunakan aktivitas menulis sebagai sarana untuk merefleksikan pikiran dan perasaan terdalam terhadap peristiwa yang dapat menimbulkan trauma. Pada penelitian ini expressive writing therapy dilakukan secara berkelompok dan merupakan terapi utama untuk membantu subjek mengembangkan mental yang lebih kuat tentang diri dan situasi di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dan mengetahui upaya meminimalisasi kecemasan saat berbicara di depan umum.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas  dengan instrumen pengambilan data menggunakan angket. Analisa menggunakan editing dan scoring. Jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang.

Temuan: Dengan menggunakan expressive writing therapy terlihat perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan saat berbicara di depan umum sebelum expressive writing therapy dan sesudahnya.

Kesimpulan: Expressive writing therapy efektif untuk siswa, karena memiliki keunggulan untuk mengatasi kecemasan berbicara di depan umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, S., Hitipeuw, I., & Mappiare, A. (2019). Keefektifan Teknik Expressive Writting untuk Mereduksi Emosi Negatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 4(1), 36–39.

Argarini, V., Gani, S., & Putri, R. M. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Konsling Komprehensif, 6(1), 1–10.

Bukhori, B. (2016). Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. https://doi.org/10.15642/JKI.2016.6.1.158-186

Cahyawan, W., & Machdum, S. V. (2019). Dukungan Sosial Bagi Perempuan Pra-Sejahtera Melalui Program Keuangan Mikro: Studi Kasus Pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Cikalongkulon. Jurnal Psikologi Ulayat, 6(2), 175–201. https://doi.org/10.24854/jpu02019-253

Djayanti, W., & Rahmatika, R. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswi. Jurnal Psikogenesis, 3(2), 187–198.

Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Mahasiwa Cognitive Behavior Theraphy Effectiveness in Reducing Students Public Speaking Anxiousness. Jurnal Psikologi, 10(1), 64–73.

Fitriani, & Safithry, E. A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Rebt Untuk Mengunrangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 22–25. https://doi.org/10.33084/suluh.v3i2.502

Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099

Haryanthi, L. P. S., & Tresniasari, N. (2012). Efektivitas Metode Terapi Ego State dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Publik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Insan, 14(5), 32–40.

Istiqomah, D., & Habsy, B. A. (2019). Keefektifan Konseling Realita untuk Mengatasi Kecemasan Mengemukakan Pendapat pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 61–70. https://doi.org/10.30653/001.201931.48

Julianto, V., Indriyani, R., & Munir, M. M. (2018). Pengaruh Membaca Al Fatihah Reflektif Intuitif terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 13(2), 162–171. https://doi.org/10.24014/jp.v13i2.4299

Muslimin, K. (2013). Faktor - Faktor yang Memengaruhi Kecemasan Berrkomunikasi di Depan Umum (Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara). Jurnal Interaksi, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.14710/interaksi.2.2.145-155

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 117–122.

Purwati, S., Sugiyono, & Tajri, I. (2012). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Fun Game Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Didepan Kelas. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 82–87.

Qonitatin, N., Widyawati, S., & Asih, G. Y. (2011). Pengaruh Katarsis Dalam Menulis Ekspresif Sebagai Intervensi Depresi Ringan Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 21–32.

Rahmawati, M. (2014). Menulis Ekspresif Sebagai Strategi Mereduksi Stres Untuk Anak-Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02(02), 276–293.

Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Jurnal Imiah Konsling, 2(1), 273–278. https://doi.org/10.24036/02013211203-0-00

Rohmadani, Z. V. (2017). Relaksasi Dan Terapi Menulis Ekspresif Sebagai Penanganan Kecemasan Pada Difabel Daksa. Journal of Health Studies, 1(1), 18–27.

Saputri, V., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Empati, 6(1), 425–430.

Sudarminah, S. (2009). Upaya Peningkatan Pembelajaran Berbicara dengan Model Pembelajaran Gambar Seri untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Lemlit, 3(2), 45–52.

Susanti, R., & Supriyantini, S. (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 9(2), 119–129.

Susilowati, T. G., & Hasanat, N. U. (2015). Pengaruh Terapi Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Depresi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi, 38(1), 92–107. https://doi.org/10.22146/jpsi.7669

Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 05(01), 52–82.

Wibawanti, I. P., Sari, E. P., & Puspa, V. (2018). Pelatihan Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Kader Kesehatan Jiwa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 109–117.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Amali, B. A. (2020). Upaya meminimalisasi kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dengan metode expressive writing therapy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 109–118. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.12306

Issue

Section

Articles