Upaya meminimalisasi kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dengan metode expressive writing therapy
DOI:
https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.12306Keywords:
anxiety, expressive writing therapy, public speaking.Abstract
Objektif: Expressive writing therapy adalah terapi yang menggunakan aktivitas menulis sebagai sarana untuk merefleksikan pikiran dan perasaan terdalam terhadap peristiwa yang dapat menimbulkan trauma. Pada penelitian ini expressive writing therapy dilakukan secara berkelompok dan merupakan terapi utama untuk membantu subjek mengembangkan mental yang lebih kuat tentang diri dan situasi di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dan mengetahui upaya meminimalisasi kecemasan saat berbicara di depan umum.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan instrumen pengambilan data menggunakan angket. Analisa menggunakan editing dan scoring. Jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang.
Temuan: Dengan menggunakan expressive writing therapy terlihat perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan saat berbicara di depan umum sebelum expressive writing therapy dan sesudahnya.
Kesimpulan: Expressive writing therapy efektif untuk siswa, karena memiliki keunggulan untuk mengatasi kecemasan berbicara di depan umum.Downloads
References
Anggraini, S., Hitipeuw, I., & Mappiare, A. (2019). Keefektifan Teknik Expressive Writting untuk Mereduksi Emosi Negatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 4(1), 36–39.
Argarini, V., Gani, S., & Putri, R. M. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Konsling Komprehensif, 6(1), 1–10.
Bukhori, B. (2016). Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. https://doi.org/10.15642/JKI.2016.6.1.158-186
Cahyawan, W., & Machdum, S. V. (2019). Dukungan Sosial Bagi Perempuan Pra-Sejahtera Melalui Program Keuangan Mikro: Studi Kasus Pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Cikalongkulon. Jurnal Psikologi Ulayat, 6(2), 175–201. https://doi.org/10.24854/jpu02019-253
Djayanti, W., & Rahmatika, R. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswi. Jurnal Psikogenesis, 3(2), 187–198.
Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Mahasiwa Cognitive Behavior Theraphy Effectiveness in Reducing Students Public Speaking Anxiousness. Jurnal Psikologi, 10(1), 64–73.
Fitriani, & Safithry, E. A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Rebt Untuk Mengunrangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 22–25. https://doi.org/10.33084/suluh.v3i2.502
Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099
Haryanthi, L. P. S., & Tresniasari, N. (2012). Efektivitas Metode Terapi Ego State dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Publik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Insan, 14(5), 32–40.
Istiqomah, D., & Habsy, B. A. (2019). Keefektifan Konseling Realita untuk Mengatasi Kecemasan Mengemukakan Pendapat pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 61–70. https://doi.org/10.30653/001.201931.48
Julianto, V., Indriyani, R., & Munir, M. M. (2018). Pengaruh Membaca Al Fatihah Reflektif Intuitif terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 13(2), 162–171. https://doi.org/10.24014/jp.v13i2.4299
Muslimin, K. (2013). Faktor - Faktor yang Memengaruhi Kecemasan Berrkomunikasi di Depan Umum (Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara). Jurnal Interaksi, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.14710/interaksi.2.2.145-155
Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 117–122.
Purwati, S., Sugiyono, & Tajri, I. (2012). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Fun Game Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Didepan Kelas. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 82–87.
Qonitatin, N., Widyawati, S., & Asih, G. Y. (2011). Pengaruh Katarsis Dalam Menulis Ekspresif Sebagai Intervensi Depresi Ringan Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 21–32.
Rahmawati, M. (2014). Menulis Ekspresif Sebagai Strategi Mereduksi Stres Untuk Anak-Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02(02), 276–293.
Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Jurnal Imiah Konsling, 2(1), 273–278. https://doi.org/10.24036/02013211203-0-00
Rohmadani, Z. V. (2017). Relaksasi Dan Terapi Menulis Ekspresif Sebagai Penanganan Kecemasan Pada Difabel Daksa. Journal of Health Studies, 1(1), 18–27.
Saputri, V., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Empati, 6(1), 425–430.
Sudarminah, S. (2009). Upaya Peningkatan Pembelajaran Berbicara dengan Model Pembelajaran Gambar Seri untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Lemlit, 3(2), 45–52.
Susanti, R., & Supriyantini, S. (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 9(2), 119–129.
Susilowati, T. G., & Hasanat, N. U. (2015). Pengaruh Terapi Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Depresi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi, 38(1), 92–107. https://doi.org/10.22146/jpsi.7669
Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 05(01), 52–82.
Wibawanti, I. P., Sari, E. P., & Puspa, V. (2018). Pelatihan Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Kader Kesehatan Jiwa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 109–117.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.