KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY REMAJA DITINJAU DARI KELOMPOK ACUAN

Authors

  • Agus Budiyanto

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v1i2.1588

Abstract

Blackberry saat ini adalah suatu trend yang sedang menjadi topik hangat di masyarakat, khususnya pada remaja. Hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus oleh para produsen agar dapat memasarkan produknya dengan tepat sasaran. Banyak faktor yang mempengaruhi individu dalam pengambilan keputusannya dalam konsumsi. Kelompok acuan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi dengan kuat seorang remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelompok acuan mana yang lebih berpengaruh pada diri seorang remaja dalam pembelian blackberry-nya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuatitatif dengan menggunakan skala kelompok acuan dan skala keputusan pembelian dengan metode skala likert. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dan didapatkan jumlah subjek sebanyak 106 orang remaja dengan rentang usia 17-20 tahun dan memiliki ponsel blackberry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan varian pada kelompok acuan yang diketahui dengan membandingkan p-value statistik uji F dengan taraf signifikansi (0,003 < 0,05). Nilai Asymp. Sig dari Kruskal-Wallis test yang lebih besar dari taraf signifikansi (0,171 < 0,05) membuktikan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang diberikan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian.

Katakunci: Blackberry, remaja, kelompok acuan, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Budiyanto, A. (2013). KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY REMAJA DITINJAU DARI KELOMPOK ACUAN. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 361 –. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i2.1588

Issue

Section

Editorial Information