KESEPIAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN YANG TINGGAL TERPISAH DARI KELUARGA

Authors

  • Rizqi Khoirunnisa Nurlayli Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Diana Savitri Hidayati Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v2i1.1767

Abstract

Kesepian merupakan fenomena yang sering terjadi pada manusia namun memiliki dampak buruk bagi kesejahteraan hidup.Mahasiswa pada tahap perkembangan dewasa awal rentan mengalami kesepian jika tidak mampu menyelesaikan tugas perkembangannya yaitu membangun hubungan dekat (intim) dan membangun afiliasi.Peluang itu bertambah pada mahasiswa yang harus berpisah dengan keluarganya.Melihat manfaat aktivitas memelihara hewan dari beberapa penelitian dan perkembangan ketertarikan masyarakat untuk memelihara hewan yang semakin meningkat, penelitian ini mencoba untuk melihat gambaran kesepian pada mahasiswa pemiliki hewan peliharaan yang tinggal terpisah dengan keluarga.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Revised University of California, Los AngelesLoneliness Scale (R-UCLALoneliness Scale).Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 50 mahasiswa pemilik hewan peliharaan dan tinggal terpisah dengan keluarga.Hasil penelitian ini menggambarkan 36 orang mengalami kesepian pada kategori rendah dan 14 orang mengalami kesepian pada kategori tinggi.

Katakunci: Kesepian, hewan peliharaan

 

Loneliness is a phenomenon often occurs in humans. It has negative effects on welfare. Students in the early stages of adult development are to build close relationships (intimate) and build affiliations that make susceptible to loneliness if they cannot able to complete the task of development. The susceptibility increases by being apart of family during adult development. Many researchs showed that public interest in raising pet inclined. This research was aimed to describe loneliness feature of students who raising pet and living apart from their family. This was qualitative and descriptive research and used Revised University of California, Los AngelesLoneliness Scale(R-UCLALoneliness Scale). It involved 50 students who raising pet and living apart from their family. Here we showed that 36 students experienced low categoric loneliness while 14 students had high category.

Keywords: Loneliness, pet

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Nurlayli, R. K., & Hidayati, D. S. (2014). KESEPIAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN YANG TINGGAL TERPISAH DARI KELUARGA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 21 –. https://doi.org/10.22219/jipt.v2i1.1767

Issue

Section

Editorial Information