KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN

Authors

  • Danar Lesmana Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v2i1.1778

Abstract

Usia dewasa akhir merupakan masa di mana individu mencapai puncak karir dalam bekerja yang pada akhirnya akan segera pensiun. Seringkali masa pensiun telah menimbulkan kecemasan pada individu karena ketidakmampuan individu dalam menerima kenyataan yang ada. Kurangnya penerimaan kondisi dan pemahaman makna pada masalah yang terjadi disebabkan oleh faktor tingkat kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual dengan kecemasan menghadapi masa pensiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan 64 orang pegawai negeri sipil sebagai subjek . Analisa dalam penelitian ini menggunakan analisa korelasi product moment dari Pearson’s. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan  (r=-0,734 ; p/sig=0,000) antara kecerdasan spiritual dengan kecemasan menghadapi masa pensiun.

Katakunci: Kecerdasan spiritua, kecemasan menghadapi masa pensiun

 

Late adulthood is a time when individuals reach a career peak in the work that will eventually retire soon. Often retirement has caused anxiety in individuals due to the inability of the individual to accept the existing fact. Lack of acceptance of the conditions and understanding the meanings of the problems that occur due to levels of spiritual intelligence. The purpose of this study was to determine the relationship of spiritual intelligence with anxiety retirement. This research is quantitative. The sampling technique used was purposive sampling and using 64 civil servants as a subject. The result obtained from this study is that there is a significant negative correlation (r=-0,734 ; p/sig=0,000) between spiritual intelligence with anxiety retirement.

Keyword: Spiritual intelligence, retirement anxiety

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Lesmana, D. (2014). KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 168 –. https://doi.org/10.22219/jipt.v2i1.1778

Issue

Section

Editorial Information