PENGARUH MENDENGARKAN DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH

Authors

  • Nur Rahmatul Azkiya Universitas Muhamaddiyah Malang
  • Iswinarti Dr. M.Si. Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v4i2.3515

Keywords:

Preschoolers, Listen Storytelling, Language skill

Abstract

Faktor terpenting bagi anak untuk mengapresiasikan emosi mereka salah satunya adalah bahasa. Bahasa bagi anak dapat diperoleh melalui banyak faktor salah satunya dari pengalaman sehari-hari. Usia prasekolah memasuki fase pemahaman terhadap simbol termasuk bahasa, sehingga dibutuhkan metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Mendongeng merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena dalam mendongeng terjadi proses mendapatkan kosa kata baru, mengevaluasi serta memahami informasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendengarkan dongeng terhadap kemampuan bahasa pada anak prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa/i PAUD/KB Bunda Aini dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Analisa data menggunakan paired sample t-test dengan hasil yang menunjukkan bahwa mendengarkan dongeng berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan bahasa pada anak prasekolah, yang ditunjukkan dengan nilai p = 0,000.

Kata kunci: Anak prasekolah, Mendengarkan dongeng, Kemampuan Bahasa

The most important factor for children to appreciate their emotions one of which is language. Language for children can be obtained by many factors, one of them from everyday experience. Preschool entered a phase of understanding of symbols including the language, so we need a method to improve the language skills of children. Storytelling is one method that can be used to improve the language skills of children, because in storytelling process occurs to get a new vocabulary, evaluate and understand the new information. This study aims to determine the effect on the ability to listen to storytelling in the language of preschool children. This study was an experimental study using a design pretest-posttest control group design with sampling using purposive sampling method. Subjects numbered 30 students of PAUD/KB Bunda Aini  an age range of 5 to 6 years. Data were analyzed using paired sample t-test with results showing that even story very significant influence on language skills among preschool children, as indicated by the value of p = 0.000.

Keywords: Preschoolers, Listen Storytelling, Language skill

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-21

How to Cite

Azkiya, N. R., & Dr. M.Si., I. (2016). PENGARUH MENDENGARKAN DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 123–139. https://doi.org/10.22219/jipt.v4i2.3515

Issue

Section

Editorial Information