MUSIK KLASIK DAN DAYA INGAT JANGKA PENDEK PADA REMAJA

Authors

  • Triadib Dharmawan Universitas Muhamaddiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3538

Keywords:

Short-term memory, classical music

Abstract

Mendengarkan musik klasik akan memberikan ketenangan serta merangsang dan mampu mengatur kondisi otak untuk berkonsentrasi. Kondisi seperti ini sangat baik untuk digunakan dalam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alunan musik klasik terhadap ingatan jangka pendek pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, subjek dibagi menjadi dua kelompok dengan rincian kelompok eksperimen diperdengarkan musik klasik pada saat kegiatan mengingat silabel tak bermakna sedangkan untuk kelompok kontrol tidak diperdengarkan musik klasik pada saat kegiatan mengingat silabel tak bermakna. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan kategori usia remaja akhir dan kategori IQ rata-rata. Data dianalisis dengan metode non parametric uji independent sample t-test.  Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa hipotesa ditolak karena musik klasik tidak pengaruh terhadap daya ingat jangka pendek pada remaja.

Kata kunci: Daya ingat jangka pendek, musik klasik

Listening to classical music will make a relax condition as long as stimulate and manage the brain’s condition to concentrate, this condition is very good to use in learning activities. This research intend to find out the effect of classical music strain for short-term memory in teens. The research method is experiment with the pretest-posttest control group design, subjects were divided into two groups with details the experimental group heard classical music during memorizing meaningless syllables activities whereas for the control group are not heard classical music at the time memorizing meaningless syllables activities. Subjects in this research were 20 students of the University of Muhammadiyah Malang by category teens and average IQ. The data were analyzed with non-parametric test method independent sample t-test. The results is classical music was not significant effect for short-term memory in teens.

Keyword: Short-term memory, classical music

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-22

How to Cite

Dharmawan, T. (2016). MUSIK KLASIK DAN DAYA INGAT JANGKA PENDEK PADA REMAJA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 370 –. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3538

Issue

Section

Editorial Information