PARENTING SELF EFFICACY AYAH PADA NUCLEAR DAN EXTENDED FAMILY

Authors

  • Sri Hardyanti Universitas Muhamaddiyah Malang
  • Diah Karmiyati Universitas Muhamaddiyah Malang
  • Diana Savitri Hidayati Universitas Muhamaddiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4939

Keywords:

PSE, nuclear family, extended family

Abstract

Bentuk keluarga di Indonesia cukup beragam, namun secara garis besar bentuk keluarga tersebut dibagi menjadi nuclear family dan extended family. Kedua bentuk keluarga ini memiliki perbedaan mendasar dari anggota keluarga yang ada dalam keluarga tersebut, dimana keduanya mampu menimbulkan dinamika yang berbeda  khususnya dari ketersediaan dukungan sosial dan berdampak terhadap Parenting Self-Efficacy (PSE) ayah. Penelitian ini bertunjuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan PSE ayah pada nuclear dan extended family yang diukur dengan menggunakan Fathering Self-Efficacy Scale (FSES), dimana desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah snowball dengan jumlah subjek sebesar 200 orang dan data yang didapatkan dari subjek dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan nilai Z= -1.273 dan p=0.216 (p>0.05) sehingga dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap PSE ayah pada nuclear dan extended family.

 

Kata Kunci: Parenting Self-Efficacy,  nuclear family, extended family

 

There are a lot of family form in Indonesia, but the outline of that form devides into nuclear family and extended family. The basic difference of both of them is family member who existing in and causes a different dynamic spesifically the availibilty of social support, so at the end of the day it will affect on father’s Parenting Self-Efficacy (PSE). The aim of this study is identying the differences of PSE level between father in nuclear family and extended family by using a Fathering Self-Efficacy Scale (FSES) with  quantitative as a research design. Snowball is a sampling technique with 200 subjects and the data is analyzed by using Mann Whitney test. The result shows Z score=-1.273 and p=0.216 (p>0.05), therefore there is no significant differences of PSE level between father in nuclear and extended family.

 

Keywords:  PSE, nuclear family, extended family

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-07

How to Cite

Hardyanti, S., Karmiyati, D., & Hidayati, D. S. (2017). PARENTING SELF EFFICACY AYAH PADA NUCLEAR DAN EXTENDED FAMILY. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2), 236–249. https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4939

Issue

Section

Articles