Family Function dan Loneliness pada Remaja dengan Orang Tua Tunggal

Authors

  • Diana Savitri Hidayati Universitas Muhamaddiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5432

Keywords:

family functioning, loneliness

Abstract

Perubahan struktur keluarga pada keluarga dengan orang tua tunggal akibat perceraian sedikit banyak akan mempengaruhi family functioning keluarga tersebut. Kondisi family functioning tersebut diduga mempunyai korelasi dengan terjadinya loneliness pada remaja sebagai salah satu anggota keluarga dari keluarga dengan orang tua tunggal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara family functioning dan loneliness pada remaja dengan orang tua tunggal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan subyek penelitiannya berjumlah 106 remaja berusia 15-18 tahun yang tinggal dengan orang tua tunggal karena perceraian. Metode pengumpulan data melalui skala yaitu skala Family Asessment Device (FAD) dan R-UCLA Loneliness Scale yang masing-masing telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dan telah melalui uji validasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesa penelitian yang diajukan diterima yang berarti bahwa ada hubungan negatif antara family functioning dan loneliness yang dibuktikan oleh perhitungan statistik dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,038.

Kata kunci : family functioning, loneliness

When parents get divorced, so there will be a change into a family functioning of  this new family. A family functioning  will be predicted to rise loneliness in a teenage. The aim of this study is to determine the relationships of family functioning and loneliness in teenage who live with singgle parents after divorced.  Methode research is a quantitative approach to correlation with number of subjects were 106 teenage who 15-18 years old. Methode of data collecting  in this study by Family Asessment Device (FAD) and R-UCLA loneliness scale. The results showed that there is a significant correlations  between family functioning  and loneliness (r = -0.202; p = 0.038; Correlation is significant at the 0.05 level).

Keywords : family functioning, loneliness

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

Hidayati, D. S. (2018). Family Function dan Loneliness pada Remaja dengan Orang Tua Tunggal. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 54–62. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5432

Issue

Section

Articles