Membangun teacher learning climate sebagai strategi peningkatan kualitas guru

Authors

  • Anissa lestari kadiyono Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran http://orcid.org/0000-0001-6134-6847
  • Sekar Ayu Anjani Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
  • Serawanti Deliana Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v6i2.5746

Keywords:

Teacher Learning Climate, Teacher, Junior High School

Abstract

Abstrak. Upaya dalam mewujudkan guru sebagai pembelajar dalam menyikapi perubahan akan tuntutan pendidikan dan kemajuan zaman membuat harus adanya upaya dari lingkungan, yaitu sekolah maupun dari dalam diri guru yang akan bersinergi untuk muwujudkan guru sebagai pembelajar. Upaya sekolah dalam mendukung pembelajaran guru di sekolah dapat dijelaskan dengan teori Teacher Learning Climate dari Marsick dan Watkins (2003). Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai Teacher Learning Climate yang dapat dibangun pada guru SMP Negeri di Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan kepada 109 guru yang aktif mengajar pada SMP Negeri di Kota Bandung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental kuantitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner Teacher Learning Climate. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, kemudian diolah secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teacher Learning Climate pada guru di kota Bandung dapat dibangun melalui Kolaborasi dan Kepemimpinan yang menunjang dari Sekolah. Upaya meningkatkannya melalui forum komunikasi guru dan adanya kepemimpinan yang efektif dari sekolah akan meningkatkan Teacher Learning Climate pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Bandung. Dengan peningkatan Teacher Learning Climate, maka hal ini akan meningkatkan kualitas guru pengajar yang akan meningkatkan kualitas pendidikan secara umum.

Kata kunci: Teacher Learning Climate, Guru, Sekolah Menengah Pertama

Abstract. We needs efforts in realizing the teacher as a long-life learner in dealing with various changes will demand knowledge improvement and advancement to make them survive and will perform as well as government expected. School and their learning environment should be synergized to make a teacher as a long-life learner. School efforts in supporting teacher learning in schools can be explained by Teacher Learning Climate theory from Marsick and Watkins (2003). The purpose of this study is to provide an overview of teacher learning climate that can be built at Junior High School in Bandung. This study was conducted to 109 teachers who actively teach at Junior High School in Bandung. The research design used non-experimental quantitative. Data were collected using Teacher Learning Climate questionnaire, then processed statistically. The results showed that Teacher Learning Climate at Junior High School in Bandung city can be built from Collaboration and Leadership at School. Some efforts to improve it through teacher communication forums and the effective leadership at schools will improve Teacher Learning Climate at Junior High School in Bandung. Improving Teacher Learning Climate will fostering teacher qualitification and will make educational quality improvement.

Keywords: Teacher Learning Climate, Teacher, Junior High School

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anissa lestari kadiyono, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

Fakultas Psikologi 

Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang

References

Adha, H. F., Kadiyono, A. L., & Psi, M. (2015). Gambaran Mengenai Human Capital Pada Staf Bidang Pajak Pendaftaran Dan Bidang Pajak Penetapan Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Padjadjaran).

Brown Steven .P & Leigh Thomas .W (1996): A new look at psychological climate and its relationship to job involvement, effort, and performance. Journal of Applied Psychology [JAP], pages 358-368

Gage, N. L., & Berliner, D.C. (1998). Educational Psychology Edition. New York: Houghton Mifflin Company.

Gijzel, A.H.N. (2015). Time Out! The Learning Organization is here to stay. Diperoleh dari http://dspace.ou.nl/bitstream/1820/6247/1/Gijzel%20scriptie_DEF.pdf

Goodwin, L.D & Leech, N.L. (2003). The Meaning of Validity in The New

Standards dor Educational and Psychological Testing: Implications for Measurements Courses. American Counseling Association.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education, 3rd Ed. New York: McGraw-Hill.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kadiyono, A. L. (2011). Pengaruh Human Capital Terhadap Positive Organizational Behavior Melalui Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasional Sebagai Mediator (Studi Empirik Pada Pegawai Divisi Marketing Di Bumn Bidang Jasa Wilayah Jawa Barat) The Influences Of Human Capital To Positive Organizational Behavior Through Work Motivation And Organizational Commitment As Mediating Variables (The Empirical Study At Marketing Division Employees In The State Owned Enterprises Of Services Industry In West Java) (Doctoral dissertation, Universitas Padjadjaran).

Kadiyono, A. L., & Hafiar, H. (2016). The Influence of Psychological Capital in Shaping Future Orientation at Senior High School Students in Jatinangor, Sumedang-West Java.

Kaplan, R. M., & Sacuzzo, D. M. (2005). Psychological Testing: Principles, Application, and Issues. USA: Thomson & Wadworth.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Marsick, V.J., Watkins, K.E. (2003). Demonstrating the Value of an Organization’s Learning Culture: The Dimensions of the Learning Organization. Advances in Developing Human Resources Vol 5 No. 2

Margono, S. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shoshani, A., & Eldor, L. (2016). The Informal Learning of Teachers: Learning Climate, Job Satisfaction and Teacher’s and Students’ Motivation And Well-Being. International Journal of Educational Research 79 (2016), Pages: 52-63.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistiobudi, R. A., Kadiyono, A. L., & Batubara, M. (2017). Menemukan Kesejahteraan Psikologis Dibalik Profesi Dosen: Psychological Contract sebagai Salah Satu Prediktor Tercapainya Psychological Well Being pada Dosen. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 14(2).

Tim Dapodikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diperoleh dari http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf [13 Mei 2017].

Tim Dapodikbud. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Diperoleh dari http://www.aptfi.or.id/dokumen/2005-12-30%20UU%20No.%2014-2005%20tentang%20Guru%20dan%20Dosen.pdf [13 Mei 2017].

Tim Dapodikbud. (2008). Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 7 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Tim Dapodikbud. (2016). Jumlah Guru dan Siswa SMP Menurut Kecamatan di Kota Bandung, 2016). Diperoleh dari https://bandungkota.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/100

Tim Dapodikbud. (2017a). 6 Misi Tingkatkan Kualitas Pendidikan. Diperoleh dari http://www.jabarprov.go.id/index.php/news/22180/2017/03/29/6-Misi-Tingkatkan-Kualitas-Pendidikan

Tim Dapodikbud. (2017b). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Diperoleh dari http://jendela.data.kemdikbud.go.id/jendela/ [13 Mei 2017].

Tim Dapodikbud. (2017c). SMP Negeri 12 Bandung. Diperoleh dari http://smpdualas.sch.id/ [2 Oktober 2017].

Tim Dapodikbud. (2018). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/01/mendikbud-manusia-adalah-investasi-terbaik-3708-3708-3708.

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

kadiyono, A. lestari, Anjani, S. A., & Deliana, S. (2018). Membangun teacher learning climate sebagai strategi peningkatan kualitas guru. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(2), 153–166. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i2.5746

Issue

Section

Articles