Perilaku menyontek: Persepsi terhadap iklim sekolah dengan ketidakjujuran akademik

Authors

  • Yuli Fitria Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7833

Abstract

Abstrak. Perilaku ketidakjujuran akademik bertentangan dengan norma, nilai pendidikan karakter serta agama. Salah satu bentuk perilaku ketidakjujuran akademik yaitu menyontek. Ironisnya pelaku penyontek tidak menyadari perilakunya sebagai kesalahan. Iklim sekolah yang kurang kondusif cenderung dipersepsikan secara negatif, diduga menjadi penyebab siswa leluasa melakukan ketidakjujuran akademik, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahanya. Hipotesis, ada hubungan negatif significan persepsi positif terhadap iklim sekolah dengan perilaku ketidakjujuran akademik. Subjek penelitian siswa kelas XII SMAN Darul Sholah Banyuwangi sejumlah 120 siswa. Teknik sampling purposive sampling. Alat ukur menggunakan Perception School Climate Scale dan Academic Dishonesty Scale. Analisis data korelasi product moment. Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan (r = -0,129, p = 0,015). Artinya, semakin positif persepsi terhadap iklim sekolah maka semakin kecil kecenderungan perilaku ketidakjujuran akademik dan sebaliknya. Pentingnya menciptakan iklim sekolah yang dipersepsikan secara positif dapat digunakan sebagai upaya mencegah terjadinya ketidakjujuran akademik seperti menyontek.

Kata kunci : persepsi; iklim sekolah; ketidakjujuran akademik

 

Abstract. Dishonest behavior is very contrary to the norm and religion values. One of academic dishonest behavior is cheating. Unfortunately the cheaters do not realize their behavior as an error. A less conducive school climate tends to be perceived negatively and it is suspected to be the reason students are free to cheat when doing academic dishonesty, so necessary to prevent it. The subject is the XII Grade students of Darus Sholah Banyuwangi Senior High school as much 120 students. The sampling technique uses purposive sampling. Instruments used are Perception School Climate Scale and Academic Dishonesty Scale. Data analysis uses product moment correlation. Results is a significant negative (r = -0,129, p= 0,015), the more positive perception of the school climate, the smaller tendency of academic dishonesty behavior and vice versa. The importance of creating a school climate that is perceived positively can be used as an effort to prevent academic dishonesty such as cheating.

Key words : perception, school climate, academic dishonesty

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghababaei, N. (2014). God, the good life, and HEXACO: The relations among religion, subjective well-being and personality. Mental Health, Religion and Culture, 17(3), 284–290. https://doi.org/10.1080/13674676.2013.797956

Bufford, R. K., Blackburn, A. M., Sisemore, T. A., Bassett, R. L., Bufford, Rodger K.Blackburn, Amanda M.Sisemore, Timothy A.Bassett, R. L., Bufford, R. K., … Bassett, R. L. (2015). Preliminary Analyses of Three Measures of Grace: Can They be Unified? Journal of Psychology & Theology, 43(2), 86–97. Retrieved from http://web.b.ebscohost.com/ehost/detail/detail?vid=20&sid=fc90ac82-cf72-4220-bad3-5ac939f19e81@sessionmgr112&hid=102&bdata=JnNpdGU9ZWhvc3QtbGl2ZSZzY29wZT1zaXRl#AN=2015-27097-002&db=psyh%5Cnhttp://digitalcommons.georgefox.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1107&

Miyatake, S., & Higuchi, M. (2017). Does religious priming increase the prosocial behaviour of a Japanese sample in an anonymous economic game? Asian Journal of Social Psychology, 20(1), 54–59. https://doi.org/10.1111/ajsp.12164

Moltafet, G., Mazidi, M., & Sadati, S. (2010). Personality traits, religious orientation and happiness. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 63–69. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.116

Part, B., & Sciences, S. (2014). Econstor, 9(3), 276–284. https://doi.org/10.1037/rel0000136

Riadi H. 2014. Kesalehan sosial sebagai parameter kesalehan keberislaman ( ikhtiar baru dalam menggagas mempraktekan taukhid sosial) An nida: jurnal pemikiran islam, vol 39: no 1 januari-juli

Sears, David O.Fredman, Jonathan L., &Peplau, L.A .1994.Psikologi sosial jilid 2. Alih Bahasa: Michael Adryanto. Jakarta. Erlangga

Suryabrata,S (2000). Penyusunan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta Pustaka Pelajar

Zuhri S. 2014. Pendidikan Transformasi Kesalehan Sosial Individu Menuju Kesalehan Sosial Diera Globalisasi.Naskah Publikasi.Progam Studi Magister Pendidikan Islam. Sekolah Pasca Sarjana Uinversitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak Dipublikasikan.

Widiarso, W. 2009. Modul Statistik. Fak Psikologi UGM. Tidak Diterbitkan

Artikel Dosen Comments Off on Kesalehan Individual dan Kesalehan Sosial (Dr. Hj. Helmiati, M.Ag) 19th August 2015. Diunduh 3 Januari 2018

KH A. Mustofa Bisri*http://kesalehansosial.blogspot.co.id. diunduh tgl 3 januari 2018

http://sodikinmuhammad.blogspot.co.id/2011/12/hubungan-ibadah-dan-kesalehan-sosial_04.htm. Diunduh 3 januari 2018s

Downloads

Published

2019-03-11

How to Cite

Fitria, Y. (2019). Perilaku menyontek: Persepsi terhadap iklim sekolah dengan ketidakjujuran akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7833

Issue

Section

Articles