Peran taman baca masyarakat Pagon Sinau dalam edukasi literasi anak di Dusun Jayan

Authors

  • Aris Purwanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.9049

Keywords:

Children’s interest in reading, Child literacy educational, Community reading park

Abstract

Objektif: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran edukasi literasi yang dilakukan oleh TBM Panggon Sinau kepada anak-anak.

Metode: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif studi kasus yang datanya dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan pengurus IMM,  pengelola TBM Panggon Sinau, pemerintah Dusun, orang tua. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik. Keabsahan data dicapai dengan triangulasi.

Temuan: Hasil penelitian menunjukan edukasi literasi anak dilakukan melalui penyediaan sarana prasarana serta berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak, masyarakat memaknai positif kegiatan yang dilakukan oleh taman baca masyarakat bagi anak-anak mereka.

Kesimpulan: Keberadaan TBM mampu membangun sikap kolektifitas masyarakat untuk sadar akan pentingnya membaca. Hambatan yang dialami TBM berkaitan dengan kurangnya peran pemerintah dalam pengembangan TBM serta minimnya pengetahuan terkait pengadministrasian taman baca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astawa, I. N. (2017). Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197-205. Doi: 10.25078/jpm.v3i2.200

Bruns, D. B. & Pierce, C. D. (2007). Let's read together: tools for early literacy development for all young children. Young Exceptional Children, 10(2), 2- 10. Doi: 10.1177/109625060701000201

Creswell, J. (2015). Riset pendidikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Curry, D. L., Reeves, E., & McItyre, C. J. (2016). Connecting schools and families: understanding the influence of home literacy pratices. Journal of Literacy Education, 4(2), 69-77. Diakses dari https://files.eric.ed.gov

Drajea, A. J., & O’Sullivan, C. (2014). Influence of parental education and family income on children’s education in rural uganda. Global Education Review, 1(3), 149-166. Diakses dari HYPERLINK "https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1055201.pdf" https://files.eric.ed.gov

Hakim, A. R., & Kumala, F. N. (2018). Pengembangan karakter melalui kegiatan outbond. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 173-182. Doi HYPERLINK "https://doi.org/10.21067/jmk.v1i2.1527" t "_blank" 10.21067/jmk.v1i2.1527

Herdiansyah, H. (2015). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi (Ed. revisi). Jakarta: Salemba Humanika.

Hidayat, A. (2017, Desember 07). Menyongsong kopdarnas penggiat literasi: tbm panggon sinau boyolali. Muhammadiyah online. Diakses dari http://mpi.muhammadiyah.or.id

Isyanti, D. (2013). Model pembelajaran membaca menulis dan berhitung (calistung) pada anak usia dini di kabupaten pekalongan. Jurnal Pendidikan, 10(1), 1-18. Doi: HYPERLINK "https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351" https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana mencerdaskan bangsa. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 80-95. Doi: http://dx.doi.org/10.26740/jpi.vlnl.p19-95

BIBLIOGRAPHY Kurniati, E. (2018). Volunterisme Mahasiswa dalam Organisasi Keagamaan Masyarakat (Studi pada Mahasiswa yang Menjadi Dewan Pengurus Harian (DPH) Organisasi Dewan Ketakmiran Masjid Al-Falaah Mrican, Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(7), 1-20. Diakses dari HYPERLINK "http://journal.student.uny.ac.id/" http://journal.student.uny.ac.id

Kusumaningrum, A. S., Evi, Z., A’yun, M. Q., & Fadhilah, L. N. (2016). Gotong Royong Sebagai Jati Diri Indonesia. Proceeding Seminar Nasional “Selamatkan Generasi Bangsa dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal” (pp. 243-251). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari HYPERLINK "https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6504" https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6504

Kemendagri. (2007). Gerakan literasi milik bersama Diakses 17 Januari 2019 dari HYPERLINK "https://www.kemendagri.go.id/berita/baca/19503/Gerakan-Literasi-Milik-Bersama" https://www.kemendagri.go.id/berita/baca/19503/Gerakan-Literasi-Milik-Bersama

Listiawati, N. (2010). Kondisi lima taman bacaan masyarakat di tangerang dan bandung dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(1), 13-24. Doi: HYPERLINK "http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v16i1.427" http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v16i1.427

Mulyani, I. P. (2016). Peran taman bacaan masyarakat cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat di desa wringinagung kecamatan doro kabupaten pekalongan (Under Graduates Thesis). Tersedia dari Digilip Unnes Local Content Repository. (No. 24071)

Munir, S. (2016, April 28). Minat baca rendah, mayoritas warga indonesia hobi nonton televisi. Kompas Online. Diakses dari http://regional.kompas.com

Napitupulu, E. L. (2018, Maret 29). Literasi siswa secara nasional dipetakan. Kompas Online. Diakses dari https://kompas.id

Ostroff, W. L. (2013). Memahami cara anak-anak belajar (Ed. revisi). Jakarta: Indeks.

Puteh, & Ali. (2011). Pendekatan bermain dalam pengajaran bahasa dan literasi bagi pendidikan prasekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 1(1), 1-15. Diakses dari HYPERLINK "https://www.researchgate.net/" https://www.researchgate.net

Ruhaena, L. (2015). Model multisensori: Solusi stimulasi anak prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47-60. Doi: HYPERLINK "https://doi.org/10.22146/jpsi.6942" 10.22146/jpsi.6942

Saepudin, E., Sukaesih, & Rusmana. (2017). Peran taman baca masyarakat (tbm) bagi anak usia dini. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 5(1), 1-12. Doi: 10.24198/jkip.v5i1.10821

Safitri, W. U. (2013). Upaya pengelolaan taman baca masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat (studi deskriptif pada anggota taman bacaan masyarakat di skb kersana kecamatan kersana kabupaten brebes). Jurnal of Non Formal Education and Communication Empowerment, 2(2), 22-29. Diakses dari HYPERLINK "http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/1006580" http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/1006580

Saputri, K., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98-104. Diakses dari HYPERLINK "https://media.neliti.com/" https://media.neliti.com

Sitepu, B. P. (2012). Pengembangan taman baca masyarakat sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), 42-56. Doi: HYPERLINK "https://doi.org/10.21009/JIV.0701.4" https://doi.org/10.21009/JIV.0701.4

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar (Ed. 6). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sutarno, N. S. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat (Ed. 1). Jakarta: Sagung Seto.

Tavsanli, O. F., & Bulunuz, M. (2017). The development of the written expression skills of a first grade student at home, school and university: case study. Jurnal of Education Study, 3(4), 21-48. Doi: 10.5281/zenodo.321561.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Purwanto, A., & Lestari, S. (2020). Peran taman baca masyarakat Pagon Sinau dalam edukasi literasi anak di Dusun Jayan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 140–152. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.9049

Issue

Section

Articles