Peran taman baca masyarakat Pagon Sinau dalam edukasi literasi anak di Dusun Jayan
DOI:
https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.9049Keywords:
Children’s interest in reading, Child literacy educational, Community reading parkAbstract
Objektif: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran edukasi literasi yang dilakukan oleh TBM Panggon Sinau kepada anak-anak.
Metode: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif studi kasus yang datanya dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan pengurus IMM, pengelola TBM Panggon Sinau, pemerintah Dusun, orang tua. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik. Keabsahan data dicapai dengan triangulasi.
Temuan: Hasil penelitian menunjukan edukasi literasi anak dilakukan melalui penyediaan sarana prasarana serta berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak, masyarakat memaknai positif kegiatan yang dilakukan oleh taman baca masyarakat bagi anak-anak mereka.
Kesimpulan: Keberadaan TBM mampu membangun sikap kolektifitas masyarakat untuk sadar akan pentingnya membaca. Hambatan yang dialami TBM berkaitan dengan kurangnya peran pemerintah dalam pengembangan TBM serta minimnya pengetahuan terkait pengadministrasian taman baca.Downloads
References
Astawa, I. N. (2017). Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197-205. Doi: 10.25078/jpm.v3i2.200
Bruns, D. B. & Pierce, C. D. (2007). Let's read together: tools for early literacy development for all young children. Young Exceptional Children, 10(2), 2- 10. Doi: 10.1177/109625060701000201
Creswell, J. (2015). Riset pendidikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Curry, D. L., Reeves, E., & McItyre, C. J. (2016). Connecting schools and families: understanding the influence of home literacy pratices. Journal of Literacy Education, 4(2), 69-77. Diakses dari https://files.eric.ed.gov
Drajea, A. J., & O’Sullivan, C. (2014). Influence of parental education and family income on children’s education in rural uganda. Global Education Review, 1(3), 149-166. Diakses dari HYPERLINK "https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1055201.pdf" https://files.eric.ed.gov
Hakim, A. R., & Kumala, F. N. (2018). Pengembangan karakter melalui kegiatan outbond. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 173-182. Doi HYPERLINK "https://doi.org/10.21067/jmk.v1i2.1527" t "_blank" 10.21067/jmk.v1i2.1527
Herdiansyah, H. (2015). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi (Ed. revisi). Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayat, A. (2017, Desember 07). Menyongsong kopdarnas penggiat literasi: tbm panggon sinau boyolali. Muhammadiyah online. Diakses dari http://mpi.muhammadiyah.or.id
Isyanti, D. (2013). Model pembelajaran membaca menulis dan berhitung (calistung) pada anak usia dini di kabupaten pekalongan. Jurnal Pendidikan, 10(1), 1-18. Doi: HYPERLINK "https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351" https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351
Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana mencerdaskan bangsa. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 80-95. Doi: http://dx.doi.org/10.26740/jpi.vlnl.p19-95
BIBLIOGRAPHY Kurniati, E. (2018). Volunterisme Mahasiswa dalam Organisasi Keagamaan Masyarakat (Studi pada Mahasiswa yang Menjadi Dewan Pengurus Harian (DPH) Organisasi Dewan Ketakmiran Masjid Al-Falaah Mrican, Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(7), 1-20. Diakses dari HYPERLINK "http://journal.student.uny.ac.id/" http://journal.student.uny.ac.id
Kusumaningrum, A. S., Evi, Z., A’yun, M. Q., & Fadhilah, L. N. (2016). Gotong Royong Sebagai Jati Diri Indonesia. Proceeding Seminar Nasional “Selamatkan Generasi Bangsa dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal” (pp. 243-251). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari HYPERLINK "https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6504" https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6504
Kemendagri. (2007). Gerakan literasi milik bersama Diakses 17 Januari 2019 dari HYPERLINK "https://www.kemendagri.go.id/berita/baca/19503/Gerakan-Literasi-Milik-Bersama" https://www.kemendagri.go.id/berita/baca/19503/Gerakan-Literasi-Milik-Bersama
Listiawati, N. (2010). Kondisi lima taman bacaan masyarakat di tangerang dan bandung dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(1), 13-24. Doi: HYPERLINK "http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v16i1.427" http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v16i1.427
Mulyani, I. P. (2016). Peran taman bacaan masyarakat cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat di desa wringinagung kecamatan doro kabupaten pekalongan (Under Graduates Thesis). Tersedia dari Digilip Unnes Local Content Repository. (No. 24071)
Munir, S. (2016, April 28). Minat baca rendah, mayoritas warga indonesia hobi nonton televisi. Kompas Online. Diakses dari http://regional.kompas.com
Napitupulu, E. L. (2018, Maret 29). Literasi siswa secara nasional dipetakan. Kompas Online. Diakses dari https://kompas.id
Ostroff, W. L. (2013). Memahami cara anak-anak belajar (Ed. revisi). Jakarta: Indeks.
Puteh, & Ali. (2011). Pendekatan bermain dalam pengajaran bahasa dan literasi bagi pendidikan prasekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 1(1), 1-15. Diakses dari HYPERLINK "https://www.researchgate.net/" https://www.researchgate.net
Ruhaena, L. (2015). Model multisensori: Solusi stimulasi anak prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47-60. Doi: HYPERLINK "https://doi.org/10.22146/jpsi.6942" 10.22146/jpsi.6942
Saepudin, E., Sukaesih, & Rusmana. (2017). Peran taman baca masyarakat (tbm) bagi anak usia dini. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 5(1), 1-12. Doi: 10.24198/jkip.v5i1.10821
Safitri, W. U. (2013). Upaya pengelolaan taman baca masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat (studi deskriptif pada anggota taman bacaan masyarakat di skb kersana kecamatan kersana kabupaten brebes). Jurnal of Non Formal Education and Communication Empowerment, 2(2), 22-29. Diakses dari HYPERLINK "http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/1006580" http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/1006580
Saputri, K., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98-104. Diakses dari HYPERLINK "https://media.neliti.com/" https://media.neliti.com
Sitepu, B. P. (2012). Pengembangan taman baca masyarakat sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), 42-56. Doi: HYPERLINK "https://doi.org/10.21009/JIV.0701.4" https://doi.org/10.21009/JIV.0701.4
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar (Ed. 6). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sutarno, N. S. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat (Ed. 1). Jakarta: Sagung Seto.
Tavsanli, O. F., & Bulunuz, M. (2017). The development of the written expression skills of a first grade student at home, school and university: case study. Jurnal of Education Study, 3(4), 21-48. Doi: 10.5281/zenodo.321561.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.