Strategi Pengembangan RPP melalui Model Pembelajaran Project Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.10971Keywords:
RPP, Tematik integrative, Tema lingkungan, kemampuan mahasiswaAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada mata kuliah pada perkuliahan pembelajaran tematik integrated tema lingkungan di PGSD FKIP Universitas Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian tindakan ini dilakukan pada mahasiwa semester VII Tahun Akademik 2019/2020 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 40 orang. Pelaksanan penelitian dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa data tanggapan mahasiswa setelah penelitian dan data kemampuan mengembangkan RPP tematik integrative tema lingkungan. Isntrumen pengumpulan data menggunakan angket tanggapan mahasiswa dan lembar penilaian kemampuan mengembangkan RPP. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya tanggapan positif dari mahasiswa terkait pelaksanaan model Pembelajaran PJBL serta adanya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menyusun RPP pada setiap pertemuan. Mahasiwa telah dianggap mampu dalam menyusun RPP tema lingkungan dengan sangat baik.
Downloads
References
Arifin, Z. (2013). Menjadi Guru Profesional (Isu dan Tantangan Masa Depan). Edutech, Tahun 12, Vol.1, No.3, Oktober 2013 (132-155) DOI: 10.17509/edutech.v13i1.3225 tersedia online: https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/3225 diunduh pada 10 Januari 2019
Cholily, Y. M., & Suwandayani, B. I. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATERI OPERASI ARITMATIKA PADA CALON GURU SD. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 350–356.
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98–106.
Furi, L.I. F, Handayani, S., Maharani, S. 2018. Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan
Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 35 Nomor 1 Tahun 2018, Hal 49-60.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Indriani, F. (2016). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro di PGSD UAD Yogyakarta. ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 3(1).
Izzati, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun RPP melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Euclid, 4(1).
Jaedun, A. (2009). Evaluasi kinerja profesional guru. Makalah. Jaedun@ Yahoo. Com. Hal1-16. Html.
Mulyasa. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika Persada.
Muslich, M. (2008) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dasar Pemahaman
dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Nugraha, A.R., Kristin, F., Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN. Edisi Vol 6, No 4.1 tahun 2018. Hal 9-15.
Nurjaman, A., Purwasih, R., Sari, I.P. (2018) Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat RPP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No 2, April 2018, pp. 33-42 ISSN: 2548-1819.
Khusniati, M., & Pamelasari, S. D. (2014). Penerapan Critical Review terhadap Buku Guru IPA Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).
Oviana, W. (2018). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Oleh Guru SD Dan MI Di Kota Sabang. Pionir Jurnal Pendidikan. Edisi Volume 7, Nomor 1. Hal 1-16
Pendidikan, B. S. N. (2007). Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana.
Rahman, A. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).
Rasyid, AHA. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education.
Sari, N. E. (2013) Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VII SMPN 2 Dolopo Madiun. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya. Vol 1, No 1 (2013). Hal 32-44
Setyawanto, A., Sunaryo, Basuki, I., (2012). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Guru Bahasaindonesiatingkat Smp Di Kotamalang. https://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelB75014B49ADF96FF1A3C8AA02E089935.pdf
Susanto, A. ( 2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Santoso, F. B. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri, 4.
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88.
Syahbana, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.