Pengaruh Direct Reading Thinking Activity Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar

Authors

  • Trio Ardhian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)
  • Trisniawati Trisniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11364

Keywords:

Strategi pembelajaran, Directed Reading Thinking Activities (DRTA), keterampilan membaca pemahaman.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa setelah mengikuti strategi Directed Reading Thinking Activities (DRTA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Sebelum dilakukan analisis regresi, maka dilakukan uji kualitas data yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Selain itu juga dilakukan uji normalitas untuk mengetahui distribusi data penelitian dan juga ui homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa indikator yang digunakan dalam penelitian ini valid, reliable, berdistribusi normal namun tidak homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activities (DRTA) berpengaruh signifikan terhadap ketrampilan membaca pemahaman siswa yang dibuktikan dengan hasil evaluasi membaca pemahaman yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional.Kesimpulannya penelitian ini adalah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai nilai rata-rata kelas 82,22. Nilai tertinggi adalah 100 sedangkan nilai terendah adalah 70. Ketuntasan belajar mencapai sebanyak 18 siswa atau sebesar 100%. Pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa, mencapai nilai koefisien sebesar 0,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,031

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Trio Ardhian, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)
Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan (FKIP)
Dosen Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD)

References

Anggreni, K.Putri; Marheini, AAIN; Dantes, G. R. (2013). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Dharma Wiweka Denpasar. 3(3), 0–11.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Bariska, H. F. (2013). Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. JPGSD, Volume 01, 0–216.

Biehl, P. F. (2013). Teaching and Researching Cultural Heritage. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-6077-0_6

Jack C. Richards, W. A. R. (2003). The English Teacher as Professional. in Cambridge University Press (Vol. 57, Issue 4, p. 480). Cambridge University Press.https://doi.org/10.2307/812663

Martin-Beltrán, M., Montoya-Ávila, A., García, A. A., Peercy, M. M., & Silverman, R. (2019). ‘Time for Una Pregunta’: Understanding Spanish Use and Interlocutor Response among Young English Learners in Cross-age Peer interactions while Reading and Discussing Text. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 22(1), 17–34. https://doi.org/10.1080/13670050.2018.1515176

Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Snowling, M., Cain, K., Nation, K., & Oakhill, J. (2009). Reading Comprehension: Nature, Assessment and Teaching. ESRC Booklet. http://eprints.lancs.ac.uk/50134/

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca. Angkasa.

Zare, P., & Noordin, N. (2011). The Relationship between Language Learning Strategy Use and Reading Comprehension Achievement Among Iranian Undergraduate EFL Learners. World Applied Sciences Journal, 13(8), 1870–1877

Downloads

Published

2020-04-26

Issue

Section

Articles