Pengembangan Buku Ajar IPA SD melalui Pendekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11903Keywords:
Pengembangan Buku Ajar, IPA SD, Pendekatan KonsepAbstract
Sebagian besar siswa tidak mampu menjawab soal pada buku disebabkan minimnya penguasaan konsep pada materi yang sedang mereka pelajari. Konsep yang belum matang ditambah dengan soal-soal latihan yang banyak menyebabkan nilai yang diperoleh siswa belum sesuai dengan standar minimal ketuntasan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar IPA SD melalui uji kelayakan isi, bahasa, dan kegrafikan. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4D (Four D Model) yang terdiri dari tahap (1) Define (Pendefinisi), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) Disseminate (Penyebarluasan). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, angket. Jumlah skor yang diperoleh pada uji kelayakan isi sebasar 176 presentase rata-rata sebesar 77,19 % dengan kategori baik, uji kelayakan bahasa sebasar 179 dengan presentase rata-rata sebesar 78,50 % dengan kategori baik, uji kelayakan kegrafikan sebasar 359 dengan presentase rata-rata sebesar 85,47 % dengan kategori baik, uji coba terbatas memeroleh presentase rata-rata sebesar 86,93 % dengan kategori buku ajar sudah menunjukkan indikasi baik. Sedangkan pada uji coba luas memeroleh presentase rata-rata sebesar 92,57 % dengan kategori buku ajar sudah menunjukkan indikasi sangat baik sehingga layak untuk digunakan. Kenaikan rata-rata dari uji coba terbatas dengan presentase rata-rata sebesar 86,93 % dengan kategori baik, sedangkan pada uji coba luas dengan presentase rata-rata sebesar 92,57 % dengan kategori sangat baik terjadi kenaikan sebesar 5,64 %.Downloads
References
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Harjanto. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryati, M. (2007). Model dan Teknik Penilaian Pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kuncahyono, K. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219–231.
Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2018). Pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 9–16.
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93–98.
SUGIANTO EFENDHI, E. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88.
Suwandayani, B. I., Akbar, S., & Hanurawan, F. (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Kelas I di SD Negeri Kauman I Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1981–1986.
Utami, I. W. P., & Suwandayani, B. I. (2018). PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD MUHAMMADIYAH I MALANG. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 185–191.
Wibowo, D. A., Poerwanti, E., & Kuncahyono, K. (2019). PENGEMBANGAN BUKU ENTERDAL (ENSIKLOPEDIA TEMATIK SUMBER DAYA ALAM) TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 3(2), 89–98.
YOAN AGUSTINA, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.