Kesadaran Nilai Pendidikan di Sekolah Dasar Ho Chi Minh Vietnam
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12370Keywords:
Kesadaran, Nilai Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Vietnam, sebagai salah negara yang ada di Asia Tenggara dan termasuk anggota ASEAN (Association of South East Asia Nation). Negara ini mengalami banyak perkembangan di dunia pendidikan dan memberikan peningkatan nilai kehidupan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Artikel ini menjelaskan “Kesadaran Nilai Pendidikan di SD Ho Chi Minh Vietnam”. Oleh karenanya, untuk memenuhi data penelitian di atas, dilakukan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskripstif. Data dan sumber data yaitu Guru, Pengamat Pendidikan, Kepala Konjen RI dan beberapa staf konjen RI di Ho Chi Minh, Vietnam. Analisa data melalui proses triangulasi diperoleh hasil penelitian mengenai “Kesadaran Nilai Pendidikan di SD Ho Chi Minh Vietnam”. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi diketahui bahwa nilai pendidikan yang meliputi penghargaan, kedamaian, toleransi, kasih sayang, kejujuran, kerendahan hati, kebahagiaan, kesederhanaan, kerjasama, kebebasan, tanggung jawab, persatuan tampak pada aspek kebijakan pendidikan maupun proses pendidikan yang ada di Ho Chi Minh Vietnam
Downloads
References
Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran digital dalam era revolusi industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.
Al Adawiyah, R. (2018). EFEKTIVITAS BUKU PEMBELAJARAN BUDIDAYA LELE PADA WARGA BUTA AKSARA DI KABUPATEN PROBOLINGGO [PhD Thesis]. University of Muhammadiyah Malang.
Cholily, Y. M. (2017). REALITA DAN PROBLEMA PEMBELAJARAN BILANGAN Pi UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166.
Ekowati, D. W. (2017). Ethnomathematica: Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Budaya. Semnas Pendidikan Matematika UMM 2017, 163–171.
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal dan Tari Khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 716–721.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Halstead, J. M. (2007). Islamic values: A distinctive framework for moral education? Journal of Moral Education, 36(3), 283–296.
Hammoudeh, M. M. (2012). Islamic values and management practices: Quality and transformation in the Arab world. Gower Publishing, Ltd.
Herawati, R., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen Hots pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda-Benda Di Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 151–159.
Herman, M. C., Wardani, N. K., Muhabbatillah, S., & Purwasih, J. H. G. (2019). SEKOLAH “EMAK-EMAK” UNTUK BUTA HURUF DI KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), 11–16.
Komalasari, K., & Saripudin, D. (2018). The Influence of Living Values Education-Based Civic Education Textbook on Students’ Character Formation. International Journal of Instruction, 11(1), 395–410.
Komalasari, K., Saripudin, D., & Masyitoh, I. S. (2014). Living values education model in learning and extracurricular activities to construct the students’ character. Journal of Education and Practice, 5(7).
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Saputra, W. N. E. (2016). Pendidikan Kedamaian: Peluang Penerapan Pada Pendidikan Tingkat Dasar Di Indonesia. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(3), 88–94.
Sirate, S. F. S. (2017). Studi Kualitatif tentang aktivitas etnomatematika dalam kehidupan masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(2), 123–136.
Soemantri, S. (2019). PBL dengan pendekatan realistic mathematic meningkatkan nilai karakter siswa berkebutuhan khusus. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–12.
Umar, M. (2018). Pembinaan kedamaian hidup beragama melalui Optimalisasi pendidikan agama. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).
Yaqin, M. A., & AS, A. H. (2018). IMPLEMENTASI SOCIOPRENEURSHIP DENGAN SISTEM TERINTEGRASI (E-LEARNING, E-SHOPPING, E-CROWDFUNDING) BERBASIS WEB BOOTSTRAP DAN ANDROID DI KABUPATEN PROBOLINGGO. Media Teknologi Informasi Dan Komputer [METIK], 2(2), 14–20.
Yayuk, E., & Ekowati, D. W. (2017). Proses Pembelajaran Matematika Menggunakan Budaya Indonesia pada Lesson Study di SD Indonesia Bangkok Thailand. JINoP (Jurnal Inovasi Pemebelajaran), 3(1), 459–468.
Budi, Putu A. 2007. Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Bidang Pembelajaran Melalui Lesson Study, Jurnal Pendidikan & Pengajaran.
Catherine Lewis. 2004.Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: sowi-online. de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm
Depdiknas. 2005. “Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005- 2009”. Indonesia.
In’am, Akhsanul. 2009, Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study Berbasis Metakognisi, Jurnal Volume 12 No.1 Edisi Jan-Juni. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
J.M Tedjawati. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Lesson Study Kasus di Kabupaten Bantul. Jakarta. Jurnal Vol.17 no.4.
JICA. 2009. Panduan Untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Japan
Joni, T. Raka. 2005. Resureksi Pendidikan Profesional Guru. Malang: LP3 UM-Cakrawala
Learning Assistance Program for Islamic Schools. 2009. Materi Workshop Penguatan Kapasitas Dosen. Surabaya: Australian Government.
Lewis. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Intructional. Philadelphia. PA:Research for Better Schools.
Mu’ammar, M. Arfan. 2018 Membangun Kesadaran Nilai Melalui Living Values Education. http://rumahpendidikan.id/2018/01/22/membangun-kesadaran-nilai-melalui-living-values-education-1/ diakses tanggal 1 oktober 2019
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan : Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar.
Mulyasa. 2002. KBK: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sarwoto. 1998. Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat
Slamet Hw dkk. 2010. Peningkatan Kompetensi Guru SD Melalui Lesson Study. Jurnal WARTA, Vol .13, No.1, edisi Maret.
Sudrajat, A. 2008. Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/22/less
Sukirman. 2006. “Peningkatan Profesional Guru melalui Lesson Study pada Diklat Lesson Study bagi Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP MIPA SMP se-Indonesia Tengah”. Yogyakarta: FMIPA UNY. http://www.ktsp.diknas.co.id/ktspsd/ppt3
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.