Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah

Authors

  • Indri Anugraheni Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457

Keywords:

faktor-faktor kesulitan guru, penulisan karya ilmiah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor kesulitan yang dialami guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar di Gugus Joko Tingkir Salatiga.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesulitan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor kesulitan yang dialami guru dalam membuat karya tulis ilmiah yaitu: 1) kesulitan guru dalam membuat karya tulis ilmiah yang berupa penelitian tindakan kelas, 2) kesulitan guru dalam membuat karya tulis ilmiah yang berupa publikasi artikel, 3) faktor eksternal dan internal dari guru. Karya tulis ilmiah yang berupa penelitian Tindakan kelas menunjukkan bahwa 42,11% guru mengalami kesultan dalam mengumpulkan data dan menganalisis data. Pada penulisan karya tulis ilmiah yang berupa publikasi ilmiah 52,63% guru mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah dan 54, 39% guru mengalami kesulitan dalam mempublikasikan artikel ilmiah. Faktor eksternal dan internal adalah kurangnya motivasi, keterbatasan waktu, keikutsertaan dalam pelatihan penulisan karya ilmiah, pendampingan dalam penulisan karya ilmiah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, R. (2017). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah.

Chotimah, U. (2009). Karya Tulis Ilmiah Sebagai Salah Satu Karya Pengembangan Profesi Guru.

Emzir (2007). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif. Rajawali Pers. Jakarta

Hendrik, M., & Martahayu, V. (2018). Pemahaman dan Partisipasi Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah. Society, 6(1), 30-41.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Kunandar, G. P. (2011). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Pers.

Kompetensi seorang guru. 2015. Didownload 4 april 2020. https://www.kompasiana.com/alvinnuri/5500fe38813311001efa8098/kompetensi-seorang-guru

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278.

Marto, H. (2019). KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI KABUPATEN TOLITOLI. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84-89.

Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2016). Upaya Peningkatan Penguasaan Guru SD dalam Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah melalui Pelatihan. Buletin Udayana Mengabdi, 15(1).

Republik Indonesia. (2005). Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen sebagai Tenaga Profesi. Jakarta.

Republik Indonesia. (2009). Undang-undang No. 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional dan angka kreditnya. Jakarta.

Sumantri, M. S. (2016). PENGARUH UMPAN BALIK DAN MINAT PROFESI GURU TERHADAP KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 190-200.

Wasmana, S. P. (2011). Penulisan karya ilmiah.

.

Downloads

Published

2021-04-26

Issue

Section

Articles