Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457Keywords:
faktor-faktor kesulitan guru, penulisan karya ilmiahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor kesulitan yang dialami guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar di Gugus Joko Tingkir Salatiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesulitan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor kesulitan yang dialami guru dalam membuat karya tulis ilmiah yaitu: 1) kesulitan guru dalam membuat karya tulis ilmiah yang berupa penelitian tindakan kelas, 2) kesulitan guru dalam membuat karya tulis ilmiah yang berupa publikasi artikel, 3) faktor eksternal dan internal dari guru. Karya tulis ilmiah yang berupa penelitian Tindakan kelas menunjukkan bahwa 42,11% guru mengalami kesultan dalam mengumpulkan data dan menganalisis data. Pada penulisan karya tulis ilmiah yang berupa publikasi ilmiah 52,63% guru mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah dan 54, 39% guru mengalami kesulitan dalam mempublikasikan artikel ilmiah. Faktor eksternal dan internal adalah kurangnya motivasi, keterbatasan waktu, keikutsertaan dalam pelatihan penulisan karya ilmiah, pendampingan dalam penulisan karya ilmiah
Downloads
References
Ana, R. (2017). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah.
Chotimah, U. (2009). Karya Tulis Ilmiah Sebagai Salah Satu Karya Pengembangan Profesi Guru.
Emzir (2007). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif. Rajawali Pers. Jakarta
Hendrik, M., & Martahayu, V. (2018). Pemahaman dan Partisipasi Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah. Society, 6(1), 30-41.
Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.
Kunandar, G. P. (2011). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Pers.
Kompetensi seorang guru. 2015. Didownload 4 april 2020. https://www.kompasiana.com/alvinnuri/5500fe38813311001efa8098/kompetensi-seorang-guru
Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278.
Marto, H. (2019). KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI KABUPATEN TOLITOLI. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84-89.
Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2016). Upaya Peningkatan Penguasaan Guru SD dalam Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah melalui Pelatihan. Buletin Udayana Mengabdi, 15(1).
Republik Indonesia. (2005). Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen sebagai Tenaga Profesi. Jakarta.
Republik Indonesia. (2009). Undang-undang No. 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional dan angka kreditnya. Jakarta.
Sumantri, M. S. (2016). PENGARUH UMPAN BALIK DAN MINAT PROFESI GURU TERHADAP KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 190-200.
Wasmana, S. P. (2011). Penulisan karya ilmiah.
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.