Peningkatan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Masyarakat dan Budaya dengan Metode Field Trip
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.13256Keywords:
Pemahaman Mahasiswa, Perkembangan Masyarakat dan Budaya, Metode Field TripAbstract
Mata kuliah perkembangan masyarakat dan budaya merupakan mata kuliah yang membahas tentang kehidupan masyarakat mulai dari masyarakat pra sejarah hingga masyarakat modern. Pada penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peningkatkan Pemahaman Mahasiswa PGSD UMP semester VI kelas 6 E Terhadap Kondisi Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Perlawanan Terhadap Kekuatan Asing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian mahasiswa PGSD UMP semester 6 kelas 6 E. Dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri 1 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (tes tertulis pemahaman materi perkuliahan dengan metode field trip) dan teknik non tes (penilaian laporan field trip). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang sedang dipelajari. Terbukti pada nilai rata-rata siklus I memperoleh 71, 64 dengan ketuntasan 63,88% dengan griding B mengalami peningkatan pada siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 77, 21, kemudian ketuntasannya 77,77%. Mahasiswa yang tuntas sejumlah 28 mahasiswa dan yang belum tuntas 8 mahasiswa. Dengan kriteria griding B+, hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah mencapai indikator seperti yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman materi perkuliahan dapat ditingkatkan melalui penerapan metode field trip.
Downloads
References
Behrendt, M., & Franklin, T. (2014). A review of research on school field trips and their value in education. International Journal of Environmental and Science Education, 9(3), 235-245. doi:10.12973/ijese.2014.213a
Estawul, S. S., Sababa, L. K., & Filgona, J. (2016). Effect of Fieldtrip Strategy on Senior Secondary School Students’ Academic Achievement in Geography in Numan Educational Zone, Adamawa State, Nigeria. European Journal of Education Studies, 2(12), 138-154. https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/386/1020
Marini, M., Rahayuningsih, M., & Retnoningsih, A. (2016). Efektivitas Metode Field Trip di Sungai Kaligarang Semarang terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pengelolaan Lingkungan. Journal of Biology Education, 5(1), 23-30. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/12472/6884
Rustaman. (2001). “Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA.” dalam Handout Bahan Pelantikan Guru-Guru IPA SLTP Se-Kota Bandung di PPG IPA. Jakarta: Depdiknas.
Safitri, A. 2018. Efektivitas Penggunaan Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar Sejarah Sman 6 Pontianak. FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Sujarwo, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Field Trip. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(1), 79-87. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/26
Ubaidillah, M. 2018. Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Dan Mengakses Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Sains, 6 (2) 94. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.93-103
Winkel, W.S, (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah: PT. Grasindo. Jakarta.
Widiyanto, B. (2017). Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Jurnal Cakrawala Universitas Pancasakti Tegal, 11 (2), 159-169. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.858
Yuliati, T., & Martuti, N. K. T. (2014). Efektivitas penerapan metode field trip untuk meningkatkan hasil belajar dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 178-186. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7234
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.