Peningkatan Minat Belajar Siswa Tunagrahita Menggunakan Model STAD Berbantuan Puzzle di Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Nia Dwi Mawanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yus Mochammad Cholily Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15182

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa tunagrahita kelas 1 SD melalui strategi pembelajaran kooperatif gaya STAD berbantuan puzzle. Subjek penelitian ini adalah Mudayaroh, S. Pd selaku wali kelas 1 SD Islam Plus Al-Mudhofar dan Novia Fitri Iman Sari S. Pd selaku guru pendamping khusus yang bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan, Kepala SD Islam Plus Al-Mudhofar sebagai subjek yang membantu dalam pengumpulan data, sedangkan siswa kelas 1 tunagrahita SD Islam Plus Al-Mudhofar Tahun Ajaran 2020/ 2021 yang berjumlah 2 siswa perempuan sebagai subjek peneliti yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus II, persentase nilai DS adalah:  82% untuk persentase menyebutkan angka, 82% untuk persentase menyamakan angka ,84% untuk persentase menambahkan angka, dan 87% untuk pesentase mengurangi angka. Sedangkan SH memperoleh persentase nilai 75% untuk menyebutkan angka, 75% untuk menyamakan angka, 78% untuk menambahkan angka, dan 74% untuk mengurangi angka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif gaya STAD dengan menggunakan media puzzle bilangan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SD tunagrahita kelas I.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, R., & Violita, V. (2020). The Effect of Cooperative Learning Models Type Student Team Achievement Division ( STAD ) and Intrapersonal Intelligence on the Learning Competency of Students Class X SMA Adabiah 1 Padang. 72–78.

Basori, E. R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 di SD Inklusi Glagahwero 01. Journal of Special Education, I(2), 1–4.

Dewi, L. M. S., Wibawa, I. M. C., & Tri Agustiana, I. G. A. (2020). Improving Science Learning Outcomes Through Student Team Achievement Division (STAD). International Journal of Elementary Education, 4(3), 329. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25917

Dian Andari Hania, R. W. (2016). The Use of Puzzle 3D Puzzle in Therapy Media Fine Motor Skill to Autis Syndrom at Talenta’s Therapy Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers, 5(1). https://doi.org/10.15294/ijeces.v5i1.11278

Endang Warman, S. P. (2017). MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE ANGKA DI SKH NEGERI 02 KABUPATEN LEBAK.

Erbil, D. G. (2020). A Review of Flipped Classroom and Cooperative Learning Method Within the Context of Vygotsky Theory. Frontiers in Psychology, 11(June), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01157

Gemi, S. (2020). The Differences in Mathematics Learning Outcomes of Students Taught by Cooperative Learning Students Teams Achievement Division Type and Cooperative Learning Type of Group Investigation Model in High School. 1(January), 115–122. https://doi.org/10.31327/icusn-adri.v1i0.1151

Hasyda, S., & Djenawa, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Bermedia Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosoal Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 696–706. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.414

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Jebril, T., & Chen, Y. (2020). The architectural strategies of classrooms for intellectually disabled students in primary schools regarding space and environment. Ain Shams Engineering Journal, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.asej.2020.09.005

Karalina, V. (2020). PERANAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI MOTORIK HALUS BAGI ANAK AUTIS. 1–8.

Kim, D. (2018). A study on the influence of Korean Middle School Students’ relationship through science class applying stad cooperative learning. Journal of Technology and Science Education, 8(4), 291–309. https://doi.org/10.3926/jotse.407

Ling, W. N., Ghazali, M. I., & Raman, A. (2016). The effectiveness of student teams-achievement division (STAD) cooperative learning on mathematics achievement among school students in Sarikei District, Sarawak. International Journal of Advanced Research and Development, 1(3), 17–21.

Mardini, S. (2016). Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas Reguler Melalui Model Pull Out Di Sd N Giwangan Yogyakarta. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 25. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4952

Melliana, P. S., Widyantoro, W., & Anisa, O. (2018). PERMAINAN PUZZLE MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 1-3 SDLB NEGERI SLAWI Abstrak PENDAHULUAN Kemampuan motorik halus anak usia dini hampir sama dengan kemampuan motorik halus anak tunagrahita kategori sedang walaupun kateg. STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi.

Miragliotta, E., & Baccaglini-frank, A. (2018). Visuo-spatial abilities and geometry : A first proposal of a theoretical framework for interpreting processes of visualization To cite this version : HAL Id : hal-01950545 Visuo-spatial abilities and geometry : A first proposal of a theoretical.

Nasution, M. L., & Hafizah, N. (2020). Development of students’ understanding of mathematical concept with STAD type cooperative learning through student worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012035

Niswati, Z., Irawan, A., Syamsiah, Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Rangka, I. B. (2020). The Design and Development of Android-Based “Puzzle Games” Mathematics Learning Media. 464(Psshers 2019), 575–578. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.133

Putra, F. G., Widyawati, S., & Ariyani, S. (2020). An experiment on connecting , organizing , reflecting , and extending ( core ) learning model and learning styles : the interaction and effects on mathematical communication skills 1. 1(June), 37–42.

putri ambarwati1, putri syifa darmawel2. (2020). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA. 18(2), 51–58.

Rahayu, T., Syafril, S., Wati, W., & Yuberti, Y. (2017). The Application of STAD- Cooperative Learning in Developing Integrated Science on Students Worksheet. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 247. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1933

Saputri, P. (2020). Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD : Peningkatkan Keterampilan Membuat Bantal Karakter Pada Anak Tunagrahita Ringan. 5(1), 41–48.

Sari, L., Pratama, R. A., & Permatasari, B. I. (2020). Media Pembelajaran Puzzle Angka dan Corong Angka (PANCORAN) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 88–100. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23618

Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning. Review of Educational Research, 50(2), 315–342. https://doi.org/10.3102/00346543050002315

Suarmini, kadek ayu. (2020). TERAPI BERMAIN BAGI TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI 2 SINGARAJA BALI. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(September), 59–64.

Sudarto, Z. (2020). Modification of Puzzle Play As Mathematical Learning Media in Lightweight Mental Retardation Children. Jurnal Pendidikan Inklusi, Vol 3. No(e-ISSN: 2580-9806), 117–128.

Sufi, L. F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Probem Based Learning. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 7(Knpmp I), 260–267. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6965/27_64_Makalah Rev Laili Fauziah Sufi.pdf?sequence=1

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif. In Journal of Experimental Psychology: General.

Suherti, P. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Sekolah Inklusi. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 10(1), 42–50.

Sutinah, S. (2019). Terapi Bermain Puzzle Berpengaruh Terhadap Kemampuan Memori Jangka Pendek Anak Tunagrahita. Jurnal Endurance, 4(3), 630. https://doi.org/10.22216/jen.v4i3.4385

Trisnawati, R. A. (2019). Aplikasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Bilangan Untuk Anak Tunagrahita.

Yulia Rahmadani, Thamrin Tayeb, B. (2018). MODUL MATEMATIKA BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STAD lantaran mengikuti perkembangan zaman , teknologi , dan budaya masyarakat . Didalam Pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa tujuan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah untuk mencerdaskan kehid. c, 23–32.

Yunanto, S. H., & Chandrawati, T. B. (2017). “Smart Puzzle” Game Helping Children Learn to Read. Sisforma, 3(1), 13. https://doi.org/10.24167/sisforma.v3i1.677

Downloads

Published

2021-04-25

Issue

Section

Articles