Manajemen Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto

Authors

  • Pradista Yuliana Mukti IAIN Purwokerto
  • Abdal Chaqil Harimi IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15561

Abstract

Kesempatan diberikan pada anak berkebutuhan khusus untuk dapat belajar bersama-sama dengan anak lainnya disuatu sekolah diberikan dalam layanan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi diharapkan sebagai sebuah upaya untuk menyerap berbagai kemampuan siswa yang mempunyai perbedaan dan potensi yang bermacam-macam dan untuk memberikan dukungan untuk membuat mereka dapat turut serta dalam kegiatan pendidikan reguler sebanyak mungkin. Pendidikan inklusi dapat menjadi sarana yang tepat dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa agar lebih menghargai perbedaan, menumbuhkan sikap untuk peduli, meningkatkan rasa untuk saling bekerja sama dan mempunyai rasa toleransi antar sesama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen pendidikan karakter bagi anak berkebutuhan khusus pada kelas inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Hal-hal yang diteliti meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian pendidikan karakter. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru wali kelas, guru pendamping, koordinator ABK, siswa kelas V serta wali murid SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengelolaan pendidikan karakter dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian sudah berjalan dengan baik, hal tersebut sejalan dengan adanya dukungan dari semua sumber daya yang terlibat yakni dari pihak sekolah, orangtua, keluarga dan lingkungan masyarakat. SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto memiliki 13 nilai karakter yang sudah diaplikasikan ke dalam kegiatan-kegiatan dalam bentuk pembelajaran, pembiasaan, keteladan serta penguatan. Para Ustadzah sudah memberikan pelayanan dan pendampingan yang baik sesuai dengan kebutuhan siswa meskipun banyak kendala dan tantangan yang dihadapi, dari pihak sekolah berusaha semaksimal mungkin agar siswa dapat secara mandiri menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam perilaku sehari-hari sesuai dengan visi dan misi SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggadewi, B. E. T. 2014. Bagaimana Memotivasinya Dalam Belajar. Jurnal Kependidikan, 27(1), 13.

Athohilah, A. 2010. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Desriani, Y. dkk. 2019. Burden of Parents in Childern With Disability At Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. Nurseline Journal, 4(1), 22.

Febri Yatmiko dkk. 2015. “ Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus”. dalam Journal of Primary Education. No. 2. Vol. 4.

Hapsari, M. I. 2015. Identifikasi Permasalahan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus dan Penanganannya. Jurnal Psycho Idea, 13(1), 2.

Irawati, I. L. 2016. Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 21.

Irham, M., dkk 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jannah, M. & I. D. (2004). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini & Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.

Melinda, E. S. (2013). Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.

Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nida, F. L. K. 2014. Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Thufula, 2(1), 59.

Santoso, H. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Shanty, M. 2012. , Strategi Belajar Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, (. Yogyakarta: Familia.

Smith, D. 2006. Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Nuansa.

Syafrida dan Aryani Tri Wastari 2013. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Dan Perkembangan Pendidikan, 2(1), 3.

Yatmiko, F. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Primary Education, 4(2), 79.

Downloads

Published

2021-04-28

Issue

Section

Articles