Manajemen Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15561Abstract
Kesempatan diberikan pada anak berkebutuhan khusus untuk dapat belajar bersama-sama dengan anak lainnya disuatu sekolah diberikan dalam layanan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi diharapkan sebagai sebuah upaya untuk menyerap berbagai kemampuan siswa yang mempunyai perbedaan dan potensi yang bermacam-macam dan untuk memberikan dukungan untuk membuat mereka dapat turut serta dalam kegiatan pendidikan reguler sebanyak mungkin. Pendidikan inklusi dapat menjadi sarana yang tepat dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa agar lebih menghargai perbedaan, menumbuhkan sikap untuk peduli, meningkatkan rasa untuk saling bekerja sama dan mempunyai rasa toleransi antar sesama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen pendidikan karakter bagi anak berkebutuhan khusus pada kelas inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Hal-hal yang diteliti meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian pendidikan karakter. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru wali kelas, guru pendamping, koordinator ABK, siswa kelas V serta wali murid SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengelolaan pendidikan karakter dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian sudah berjalan dengan baik, hal tersebut sejalan dengan adanya dukungan dari semua sumber daya yang terlibat yakni dari pihak sekolah, orangtua, keluarga dan lingkungan masyarakat. SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto memiliki 13 nilai karakter yang sudah diaplikasikan ke dalam kegiatan-kegiatan dalam bentuk pembelajaran, pembiasaan, keteladan serta penguatan. Para Ustadzah sudah memberikan pelayanan dan pendampingan yang baik sesuai dengan kebutuhan siswa meskipun banyak kendala dan tantangan yang dihadapi, dari pihak sekolah berusaha semaksimal mungkin agar siswa dapat secara mandiri menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam perilaku sehari-hari sesuai dengan visi dan misi SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto
Downloads
References
Anggadewi, B. E. T. 2014. Bagaimana Memotivasinya Dalam Belajar. Jurnal Kependidikan, 27(1), 13.
Athohilah, A. 2010. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Desriani, Y. dkk. 2019. Burden of Parents in Childern With Disability At Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. Nurseline Journal, 4(1), 22.
Febri Yatmiko dkk. 2015. “ Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus”. dalam Journal of Primary Education. No. 2. Vol. 4.
Hapsari, M. I. 2015. Identifikasi Permasalahan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus dan Penanganannya. Jurnal Psycho Idea, 13(1), 2.
Irawati, I. L. 2016. Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 21.
Irham, M., dkk 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jannah, M. & I. D. (2004). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini & Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.
Melinda, E. S. (2013). Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.
Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nida, F. L. K. 2014. Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Thufula, 2(1), 59.
Santoso, H. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Shanty, M. 2012. , Strategi Belajar Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, (. Yogyakarta: Familia.
Smith, D. 2006. Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Nuansa.
Syafrida dan Aryani Tri Wastari 2013. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Dan Perkembangan Pendidikan, 2(1), 3.
Yatmiko, F. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Primary Education, 4(2), 79.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.