Pengembangan Media Interaktif Chesee (Cheerful House of Children) untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.18503Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media interaktif chesee (cheerful house of children) untuk pembelajaran tematik tema permainan tradisional pada kelas 3 sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan pengembangan model Lee & Owens yang meliputi beberapa tahapan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data diambil dari kelas 3 SDN Torongrejo 1 sebanyak 10 peserta didik. penelitian ini menggunakan teknik pengumupulan data ini menggunakan observasi, wawancara, lembar angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian menghasilkan produk berupa media interaktif Chesee (Cheerful House of Children) dengan menggunakan aplikasi articulate storyline 3 dan membuat buku panduan penggunaan media yang dicetak menggunakan artpaper. Data hasil presentase dari validasi media 94,23%, validasi materi 81,25%, respon pengguna guru 88,88%, respon pengguna peserta didik 1 94,44%, respon pengguna peserta didik 2 94,44%, dan hasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata 92, 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan media layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dari hasil respon pengguna media interaktif Chesee (Cheerful House of Children) dapat menarik dan efektif untuk peserta didik kelas 3 SD. saran yang diberikan yaitu penambahan video permainan tradisional jamuran dan dubbing
Downloads
References
Akbar, Taufiq Nuril. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan, (Online), 1 (6):1120-1126, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6456/2737), diakses 29 Oktober 2020.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 2 (1): 55-61, (https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf) diakses 28 September 2020.
Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Lee, William W & Owens, Diana L. 2004. Multimedia-Based Intructional Design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. San fransisco: Pfeiffer.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Malawi, Ibadullah & Kadarwati, Ani. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: AE Media Grafika.
Mariama. 2017. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SD Negeri 007 Rambah Melalui Kelompok Kerja Guru Sekolah (KKGS). Jurnal Ilmiah Edu Research, (Online), 6 (2), (https://journal.upp.ac.id/index.php/edureseach/article/view/229/118) diakses 9 Desember 2019.
Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, (Online), VIII (2):1-10, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949/759) diakses 14 Oktober 2020.
Oka, Gde Putu Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogjakarta: Deepublish.
Pramudyani, Avanti Vera Risti. 2020. Permainan Tradisional Jamuran: Analisis Pengetahuan Guru PAUD Yogyakarta Ditinjau dari Taksonomi Bloom. Jurnal Pelita PAUD, (Online), 4 (2):168-177, (http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/972/506) diakses 12 Oktober 2020.
Sadikin, Ali & Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, (Online), 6 (2):214-224, (https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759/5665) diakses 28 September 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.