Pengembangan Media Interaktif Chesee (Cheerful House of Children) untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar

Authors

  • Kristin Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tyas Deviana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Bustanol Arifin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.18503

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media interaktif chesee (cheerful house of children) untuk pembelajaran tematik tema permainan tradisional pada kelas 3 sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan pengembangan model Lee & Owens yang meliputi beberapa tahapan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data diambil dari kelas 3 SDN Torongrejo 1 sebanyak 10 peserta didik. penelitian ini menggunakan teknik pengumupulan data ini menggunakan observasi, wawancara, lembar angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian menghasilkan produk berupa media interaktif Chesee (Cheerful House of Children) dengan menggunakan aplikasi articulate storyline 3 dan membuat buku panduan penggunaan media yang dicetak menggunakan artpaper. Data hasil presentase dari validasi media 94,23%, validasi materi 81,25%, respon pengguna guru 88,88%, respon pengguna peserta didik 1 94,44%, respon pengguna peserta didik 2 94,44%, dan hasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata 92, 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan media layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dari hasil respon pengguna media interaktif Chesee (Cheerful House of Children) dapat menarik dan efektif untuk peserta didik kelas 3 SD. saran yang diberikan yaitu penambahan video permainan tradisional jamuran dan dubbing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Taufiq Nuril. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan, (Online), 1 (6):1120-1126, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6456/2737), diakses 29 Oktober 2020.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 2 (1): 55-61, (https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf) diakses 28 September 2020.

Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lee, William W & Owens, Diana L. 2004. Multimedia-Based Intructional Design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. San fransisco: Pfeiffer.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Malawi, Ibadullah & Kadarwati, Ani. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: AE Media Grafika.

Mariama. 2017. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SD Negeri 007 Rambah Melalui Kelompok Kerja Guru Sekolah (KKGS). Jurnal Ilmiah Edu Research, (Online), 6 (2), (https://journal.upp.ac.id/index.php/edureseach/article/view/229/118) diakses 9 Desember 2019.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, (Online), VIII (2):1-10, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949/759) diakses 14 Oktober 2020.

Oka, Gde Putu Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogjakarta: Deepublish.

Pramudyani, Avanti Vera Risti. 2020. Permainan Tradisional Jamuran: Analisis Pengetahuan Guru PAUD Yogyakarta Ditinjau dari Taksonomi Bloom. Jurnal Pelita PAUD, (Online), 4 (2):168-177, (http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/972/506) diakses 12 Oktober 2020.

Sadikin, Ali & Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, (Online), 6 (2):214-224, (https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759/5665) diakses 28 September 2020.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles