PENERAPAN METODE PERMAINAN DADU EJAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAGI SISWA KELAS 2 SEMESTER II SDN MOJOLANGU 3 KOTA MALANG TAHUN 2012-2013
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i4.2793Abstract
Abstrak : Kemampuan menulis tidak dapat diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses belajar mengajar. Menulis merupakan kegiatan yang sifatnya berkelanjutan sehingga pembelajarannya pun perlu dilakukan secara berkesinambungan sejak Sekolah Dasar. Ketika anak meninggalkan dunia egosentris pada tahap operasi konkret, mereka mulai mengetahui bahwa beberapa benda dapat dikenali sedang lainnya tidak. Anak-anak kelas dua jarang menghawatirkan tulisan mereka, sebab mereka memberikan semua perhatian untuk menikmati aktivitas menulis dan bukannya mencari reaksi pembaca atau kesalahan ejaan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN Mojolangu 3 yang terdiri dari 41 siswa. Respon siswa terhadap metode permainan dadu ejaan sangat baik, siswa merasa senang dan bersemangat apabila dalam proses belajar bahasa Indonesia menggunakan permainan dadu ejaan. Pembelajaran menggunakan metode permainan dadu ejaan dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas karena dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar bahasa Indonesia terutama pada materi menulis karangan sederhana, slogan dan poster.
Kata Kunci: Media Dadu Ejaan, Ketrampilan Menulis.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.