TAYO Cards in Understanding Numbers 1-10 for Early Childhood, Improve?

Authors

  • Odilia Abus Universitas Terbuka Jakarta, Indonesia
  • Usmiyatun Universitas Terbuka Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jtlm.v1i1.27696

Keywords:

Ability, Concept, improving, media

Abstract

Judul penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun melalui media kartu bilangan di PAUD Anak Ceria Jawang Golokantar Manggarai Timur tahun ajaran 2022/2023. Rumusan masalah penelitian adalah: Bagaimanakah upaya untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun melalui media kartu bilangan di PAUD Ceria Anak Jawang Golokantar tahun pelajaran 2022/2023? Tujuannya untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun melalui media kartu bilangan di PAUD Ceria Anak Jawang Golokantar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 15 siswa Kelompok A PAUD Ceria Anak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Ceria Jawang Desa Golokantar Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur. Peningkatan ini terlihat dari peningkatan persentase pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dengan persentase ketuntasan 60%, kemudian peningkatan persentase yang signifikan ditunjukkan pada pelaksanaan siklus II menjadi 93,33%. Peningkatan ini terlihat dari peningkatan persentase pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dengan persentase ketuntasan 60%, kemudian peningkatan persentase yang signifikan ditunjukkan pada pelaksanaan siklus II menjadi 93,33%. Peningkatan ini terlihat dari peningkatan persentase pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dengan persentase ketuntasan 60%, kemudian peningkatan persentase yang signifikan ditunjukkan pada pelaksanaan siklus II menjadi 93,33%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdoellah. (2020). Modul 2 Perkembangan Anak Usia Dini.

Anisatul Khoiriyyah. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Kartu Angka Pada Anak Tk Kelompok a. Jurnal PAUD, 2(7), 157.

Anjelina, M., Meka, M., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Melatih Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(2), 323–333.

Astuti. (2016). Peningkatakan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1), 90–99.

Balkis, R. R., & Rakhmawati, N. I. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Paud Teratai, 8(2), 1–8.

Batubara, H. H. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. In Fatawa Publising. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Dahlan, K. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Kartu Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun Improving the Ability to Recognize Number Concepts through Number Card Media for 5-6 Years Old Children. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 9–18.

Darmayanti, R., Sugianto, R., Baiduri, Choirudin, & Wawan. (2022). Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical problems in terms of learning styles. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49–66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Darmayanti, R., Utomo, D. P., Choirudin, C., Usmiyatun, U., & Nguyen, P. T. (2023). Bruner’s theory on the development of e-book traditional snacks ethnomathematics for mathematical understanding ability. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 21–39. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2023.v5i1.21-39

Dewi, A. R. T., & Kusumah, R. (2018). Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 46–57.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(September), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Esi Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14.

Fauziddin, M., & Elyana, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dengan Metode Bermain Media Benda Konkrit pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 85–96.

Fransiska, G., & Khotimah, N. (2022). Pengaruh Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Kelompok A Di Tk Katolik Santa Theresia Kalijudan Surabaya. PAUD Teratai, 11(1), 44–50.

Gopnik, A. (2020). Childhood as a solution to explore–exploit tensions. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 375(1803). https://doi.org/10.1098/rstb.2019.0502

Gresham, G., & Burleigh, C. (2019). Exploring early childhood preservice teachers’ mathematics anxiety and mathematics efficacy beliefs. Teaching Education, 30(2), 217–241. https://doi.org/10.1080/10476210.2018.1466875

Hasanah, N., In’am, A., Darmayanti, R., Choirudin, C., Nurmalitasari, D., & Usmiyatun, U. (2022). Development of Al-Qur’an Context Math E-Module on Invers Function Materials Using Book Creator Application. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3502. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5647

Haslana, I., & Wirastania, A. (2017). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Kartu Angka Pada Taman Kanak Kanak Kelompok a. Wahana, 69(2), 61–66. https://doi.org/10.36456/wahana.v69i2.1070

Irmawati, D. A. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: Cara Gembira Belajar Matematika. books.google.com.

Juniarti, F., Arofah, N. D., & Azizah, S. R. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Anak Pada Aspek Kognitif Dengan Metode Bercerita. Tunas Siliwangi, 4(1), 32–37.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya.

Lauricella, A. R., Herdzina, J., & Robb, M. (2020). Early childhood educators’ teaching of digital citizenship competencies. Computers and Education, 158(January), 103989. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103989

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. books.google.com.

Munawarah, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Stik Angka Pada Anak Usia 5 Tahun Di RA Ibnu Khaldun Bengkalis. Akademika, 15(2), 147.

Mustafa, A., & Muadzin, A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102

NA Anggraini, EF Ningsih, C Choirudin, & R Darmayanti. (2022). Application of the AIR Learning Model Using Song Media to Improve Students’ Mathematical Representational Ability. AMCA Journal of Science and Technology, 2(1).

ND Safitri, R Darmayanti, U Usmiyatun, & D Nurmalitasari. (2023). 21st Century Mathematics Learning Challenges: Bibliometric Analysis of Trends and Best Practices in Shinta Indexed Scientific Publications. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 136–152.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini ”. Jurnal PAUD, 2(1), 82–90.

Nurinta, D. S., Yasniwarti, Y., & Muftie, Z. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1 sampai 10 melalui Permainan Kartu Angka pada Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 67–78. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3267

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pattison, S. A., & Dierking, L. D. (2019). Early childhood science interest development: Variation in interest patterns and parent–child interactions among low-income families. Science Education, 103(2), 362–388. https://doi.org/10.1002/sce.21486

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains ….

Raudilah, & Malina, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Di Paud Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir. IJIGAED, 2(1), 1–17.

Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning, 1(1), 76–85.

Sekaryanti, R., Darmayanti, R., Choirudin, C., Usmiyatun, U., Kestoro, E., & Bausir, U. (2023). Analysis of Mathematics Problem-Solving Ability of Junior High School Students in Emotional Intelligence. Jurnal Gantang, 7(2), 149–161. https://doi.org/10.31629/jg.v7i2.4944

Sugianto, R., Cholily, Y. M., Darmayanti, R., Rahmah, K., & Hasanah, N. (2022). Development of Rainbow Mathematics Card in TGT Learning Model for Increasing Mathematics Communication Ability. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 221–234. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

Sugianto, R., Darmayanti, R., Santiago, P. V. da S., & Choirudin, C. (2023). MONICA Math: Design of Mathematical Monopoly Media Development on High School Student’s Critical Thinking Ability. AMCA Journal of Science and Technology, 3(1).

Suryana, E., Hamdani, M. I., Bonita, E., & Harto, K. (2022). The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Al-Azhar Indonesia, 4(3), 193–205. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277

Syah, M. N. S. (2016). Classroom Action Research As Professional Development Of Teachers In Indonesia. Tarbawi, 13(1), 1–16.

Usmiyatun, Sah, R. A., & Darmayanti, R. (2021). Design Development of Audiovisual Teaching Materials for Canva Application-based Reading Skills in Early Childhood. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–12.

Utesch, T., Bardid, F., Busch, D., & Strauss, B. (2019). The Relationship Between Motor Competence and Physical Fitness from Early Childhood to Early Adulthood: A Meta-Analysis. In Sports Medicine (Vol. 49, Issue 4, pp. 541–551). https://doi.org/10.1007/s40279-019-01068-y

Veryawan, & Hasibuan, M. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 62–70. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6736

Wahidah, F. A. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44–62.

Wardani, M. K., & Rochmah, L. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilanagan 1-10 Melalui Permainan Engklek Pada Anak Kelompok a. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume, 6(1), 11–20.

Wright, P. (2020). Transforming mathematics classroom practice through participatory action research. Journal of Mathematics Teacher Education, 0123456789, 1–23. https://doi.org/10.1007/s10857-019-09452-1

Zaman, B., & Hernawan, A. H. (2020). Media dan Sumber Belajar PAUD. In Fisika Inti (pp. 1–326).

Tayo

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Abus, O., & Usmiyatun. (2023). TAYO Cards in Understanding Numbers 1-10 for Early Childhood, Improve?. Journal of Teaching and Learning Mathematics, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.22219/jtlm.v1i1.27696