Analisis Tingkat Kesiapan Pengguna Ensiklopedia Anak Dengan Menggunakan Metode Technology Readiness Index

Main Article Content

Rellanti Diana Kristy
Evi Dwi Wahyuni
Nur Hayatin

Abstract

Anapedia merupakan sebuah teknologi baru sehingga memerlukan pengukuran tingkat kesiapan penggunanya. Pengukuran tersebut bertujuan untuk  mengetahui tingkat keberhasilan penerapaan anapedia. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kesiapan pengguna adalah Technology Readinesss Index (TRI). TRI merupakan indeks yang digunakan untuk mengukur kesiapan pengguna dalam menerima dan menggunakan teknologi baru untuk mencapai tujuan dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Variabel penelitian yang digunakan adalah optimism, innovativeness, discomfort, dan insecurity. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial yaitu metode statistik untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data kuantitatif. Data penelitian didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada 108 responden yang terdiri dari 97 siswa dan 11 guru di SDN 2 Bandungrejosari Malang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan didapatkan nilai TRI sebesar 3,6 yang berarti pengguna berada didalam tingkat high technology readiness. Pengguna sudah siap dalam penerapan anapedia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. D. Kristy, E. D. Wahyuni, and N. Hayatin, “Analisis Tingkat Kesiapan Pengguna Ensiklopedia Anak Dengan Menggunakan Metode Technology Readiness Index”, JR, vol. 2, no. 2, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Angraini, “pengukuran tingkat kesiapan penerapan e learning menggunakan,” Sist. Inf., vol. 5, pp. 237–241, 2015.

H. Mukhlasin and I. Budi, “Analisis Pengukuran Tingkat Kesiapan Penerapan Manajemen Pengetahuan : Studi Kasus Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan,” Sist. Inf., vol. 13, no. 1, pp. 11–20, 2017.

A. Lazuardi, “Tingkat kesiapan (Readiness) pengadopsian teknologi informasi : studi kasus panin bank,” universitas indonesia, 2013.

A. Parasuraman, “technology readiness index(tri) : A Multiple-Item Scale to measure readiness to embrace new technologies,” J. Serv. Res., vol. 2, pp. 307–320, 2000.

M. Y. Florestiyanto, “EVALUASI KESIAPAN PENGGUNA DALAMADOPSI SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI DI BIDANG KEUANGAN MENGGUNAKANMETODE TECHNOLOGY READINESS INDEX,” vol. 2012, no. semnasIF, pp. 288–296, 2012.

J. C. Lin and P. Hsieh, “Refinement of the technology readiness index scale,” J. Serv. Manag., vol. 23, no. 1, pp. 34–53, 2012.

P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D ). ALFATBETA, CV, 2010.

F. O. F. Mathematics and N. Science, “THE APPLICATION OF ORDINAL LOGISTIC REGRESSION ON FINANCIAL LITERACY,” 2015.