Evaluasi Kualitas Website Digital Library UMM Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis

Main Article Content

Muhammad Reza Ashari
Dharma Surya Pradana
Evi Dwi Wahyuni

Abstract

Digital Library adalah perpustakaan yang mengelola semua atau sebagian yang subtansi dari koleksi-koleksinya dalam bentuk komputerisasi sebagai bentuk alternatif, suplemen atau pelengkap terhadap cetakan konvensional dalam bentuk mikro material yang saat ini didominasi koleksi perpustakaan. Namun, dari sejak awal hingga saat ini belum pernah dilakukan evaluasi terhadap Digital Library yang dikaji dari sisi kualitasnya. Evaluasi dilakukan untuk menjawab permasalahan bagaimana pendapat pengguna tentang kualitas Digital Library yang telah diimplementasikan Universitas Muhammdiyah Malang. Berdasarkan Hasil penelitian ditemukan bahwa pada variabel usability dengan nilai 0,67, information quality 0,86, service interaction 0,71 dan untuk rata-rata dari keseluruhan variabel 0,74. Dari hasil analisis kesenjangan ditemukan bahwa seluruh variabel bernilai positif atau Qi GAP > 0 yang artinya kinerja sudah sesuai yang diharapkan oleh pengguna. kesimpulan yang didapatkan ada 15 atribut yang masuk kedalam kuadran 1 dan 3. Saran yang diberikan berupa rekomendasi mockup untuk meningkatkan kualitas pada kuadran 1 dan 3 IPA. Kesimpulan dari penelitian bahwa kualitas dari website Digital Library masih kurang karena masih banyak atribut yang perlu ditingkatkan kualitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. R. Ashari, D. S. Pradana, and E. D. Wahyuni, “Evaluasi Kualitas Website Digital Library UMM Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis”, JR, vol. 2, no. 3, Jan. 2024.
Section
Articles

References

N. Q. Nada and S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Inform. UPGRIS, vol. 1, no. 2, pp. 112–119, 2015.

Republik Indonesia, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN. 2007.

A. R. Saleh, “PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL MENDUKUNG,” no. 2005, 2011, pp. 1–8.

G. Amanda Dwi P and F. Insan M.R, “Pengukuran Kualitas untuk Aplikasi Permainan pada Perangkat Bergerak berdasarkan ISO 9126,” vol. V, no. 2, pp. 83–90, 2014.

A. R. Wulan, “Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran,” pp. 1–12, 2007.

X. Papadomichelaki, “Electronic Government,” vol. 5693, no. May, 2009.

a Parasuraman, V. a Zeithaml, and L. L. Berry, “SERQUAL: A Multiple-Item scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality,” Journal of Retailing, vol. 64. p. 28, 1988.

S. J. Barnes and R. T. Vidgen, “Assessing the quality of auction web sites,” Proc. Hawaii Int. Conf. Syst. Sci., no. September 2015, p. 189, 2001.

Syaifullah and dicky oksa Soemantri, “Pengukuran kualitas website menggunakan metode webqual 4.0,” Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, p. 1, 2016.

A. Al Baiti, Suprapto, and A. Rachmadi, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 dan IPA,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 9, pp. 885–892, 2017.

Sugiyono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2017.

Syamsudin and Damiyanti, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

S. Azwar, RELIABILITAS DAN VALIDITAS, 4th ed. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2012.

B. S. Santoso, M. F. Anwar, and S. Hermawati, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode WebQual dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus,” no. September, 2015.

J. A. Martilla and J. C. James, “Importance-Performance Analysis,” J. Mark., vol. 41, no. 1, p. 77, Jan. 1977.