Analisis Maturity Level Layanan dan Produktivitas Sumber Daya Manusia berdasarkan Business Goal 15 COBIT 4.1 (Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur)
Main Article Content
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu instansi pemerintah di Provinsi Jawa Timur yang berperan membantu Gubernur Provinsi Jawa Timur dalam menyiapkan bahan yang diperlukan dalam pemerintahan pada bidang komunikasi dan informasi dalam lingkup provinsi Jawa Timur. Penyebarluasan informasi dan pelayanan publik melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Jawa Timur merupakan tugas utama Diskominfo Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan data struktural, hasil observasi, dan penelitian terdahulu diperoleh bahwa mayoritas jumlah staf merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berasal dari instansi pemerintah lain sehingga terbatasnya pemahaman terhadap urgensi dan perkembangan TI, sistem informasi belum sepenuhnya terintegrasi karena minim pemberdayaan sumber daya manusia dan pengembangan sistem membutuhkan pihak ketiga, serta pembagian tugas pokok pegawai belum dibagi secara merata, maka diperlukan analisis maturity level. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis maturity level layanan dan produktivitas sumber daya manusia pada Diskominfo Procinsi Jawa Timur. Pelitian dilaksanakan dengan melakukan observasi, studi literatur, penentuan business goal, pengumpulan data bukti melalui wawancara, penentuan dan analisis maturity level, serta penentuan hasil temuan beserta rekomendasi. Layanan dan produktivitas sumber daya manusia berkaitan erat dengan Business Goal 15 pada perspektif internal COBIT 4.1 tentang meningkatkan dan menjaga produktivitas operasional dan staf. Hasil pengukuran maturity level menunjukan bahwa layanan dan produktivitas sumber daya manusia pada Diskominfo Provinsi Jawa Timur sebesar 3,005477646 yaitu pada level 3 (defined), yang berarti telah didefinisikan kebijakan dan pelaksanaan standarisasi terhadap proses-proses penting seperti arsitektur informasi, infrastruktur TI, pelatihan dan pendidikan pengguna, serta manajemen layanan/insiden, meski belum bersifat formal dan menyeluruh.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Timur, P.G.J, 2016. Peraturan Gubernur Nomor 80 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. Pp. 1-20.
Pratama, A., 2019. Jurnal SIBC. Perencanaan Sistem Informasi Bidang Aptika Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. 12, pp. 23-32
Sarno, Riyanarto., 2000. Audit Sistem Informasi & Teknologi Informasi. Surabaya: ITS Press.
Stroud, R. E., 2012. Comparing Cobit 4.1 and Cobit 5. http://www.isaca.org/COBIT/Documents/Comparing-COBIT.pdf [Accessed 14 Januari 2020]
ITGI. COBIT 4.1 ; Framework, Control Objectives Management Guideline. 2007. United States of America. ITGI
ISACA.,. CISA. 2019. CISA Review Manual 27th Edition. 27th Edition. USA. ISACA.
Riyanto, T. A., 2019. The Importance of Supervision and Distribution of Work Volume to Office Operations. https://www.academia.edu/39781504/Pengtingnya_Pengawasan_dan_Pembagian_Volume_Kerja_Terhadap_Operasional_Kantor?auto=download. [Accessed 28 Desember 2019]
Hasnih., 2016. Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management. Vol 1, pp. 426-445.
Priyono., 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo. Zifatama Publisher.
Pederiva, A., 2013. The COBIT Maturity Model in a Vendor Evaluation Case. Information System Control Journal. 3.
Kusumastuti, Nabila D., 2017. Analisis Tingkat Kematangan Berdasarkan Perspektif Internal Tujuan Bisnis 14 Menggunakan Standar COBIT 4.1 (Studi Kasus: PT. Kai Daop 8 Surabaya). Jurnal SIBC. Pp. 35-45.