Rekomendasi Lowongan Pekerjaan dari Portal Bursa Lowongan Kerja Memanfaatkan Cosine Similarity dan Simple Additive Weighting

Main Article Content

Rahma Ningsih
Yufis Azhar
Yuda Munarko

Abstract

Pencarian informasi melalui portal bursa lowongan kerja memanfaatkan mesin pencari (search engine) yang terdapat pada situs layanan. Hasil pencarian oleh sistem didasarkan pada kesamaan query inputan, kemudian hasilnya ditampilkan dengan model sortir yang terbatas pada hierarkis abjad atau angka. Sehingga diperlukan waktu lagi untuk memilah informasi yang dibutuhkan, karena hasil informasi yang ditampilkan sistem juga diantaranya merupakan informasi yang kurang sesuai. Sebab itu diperlukanlah adanya pengembangan model perankingan terhadap rekomendasi informasi dari hasil pencarian tersebut. Metode cosine similarity dalam pengimplementasiannya menghasilkan data sesuai dengan query yang diinputkan user, serta ditambah dengan menerapkan metode simple additive weighting sebagai metode perankingan terhadap data retrive hasil cosine similarity. Sistem memiliki fitur unggulan, yaitu model perankingan yang bertingkat sehingga user dapat menentukan sendiri aturan perankingan dengan menentukan kriteria mana yang cendrung dominan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Ningsih, Y. Azhar, and Y. Munarko, “Rekomendasi Lowongan Pekerjaan dari Portal Bursa Lowongan Kerja Memanfaatkan Cosine Similarity dan Simple Additive Weighting”, JR, vol. 2, no. 5, Jan. 2024.
Section
Articles

References

T. S. Purnomo, “Rekrutmen Online (E-Recruitment) Sebagai Suatu Inovasi Dalam Perekrutan Perusahaan,” vol. 7, no. 3, pp. 54–59, 2013.

Z. Malik, “The Role of E-recruitment Towards Attraction of Workforce: A Case of Telecom Sector Organization.,” Abasyn Univ. J. Soc. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 104–115, 2013.

Y. Suswatiningsih, “Implementasi Cosine Similarity Untuk Menilai Kemiripan Pada Pencarian Terjemahan Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist Shahih,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2012.

Firdaus, “Implementasi Simple Additive Weighting untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja,” Jurnal Edik Informatika, 2011.

E. Susanti, “Ekstraksi Informasi Konten Web Menggunakan Pendekatan Berbasis Ontologi,” vol. 7, no. Februari 2015. : https://www.researchgate.net/publication/295906067, pp. 128–136, 2016.

Z. Zaira, “Implementasi Ekstraksi Web Untuk Hadits Yang Diterjemahkan Dalam Bahasa Indonesia,” 2011.

D. Juang, “Analisis Spam Dengan Menggunakan Naïve Bayes,” vol. 3, no. 1998, pp. 51–57, 2016.

D. Susanto, A. Basuki, and P. Duanda, “Deteksi Plagiat Dokumen Tugas Daring Laporan Praktikum Mata Kuliah Desain Web Menggunakan Metode Naive Bayes,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2016.

R. V. Imbar et al., “Implementasi Cosine Similarity dan Algoritma Smith-Waterman untuk Mendeteksi Kemiripan Teks,” J. Inform., vol. 10, pp. 31–42, 2014.

D. Darmastuti, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik,” Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura, Pontianak, 2013.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>