Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-paru Menggunakan Metode Case Base Reasoning pada Telegram Bot

Main Article Content

Ahmadu Kajukaro
Yufiz Azhar
Maksur Maskur

Abstract

 Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai pembangunan sebuah aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit paru. Dalam mendiagnosa penyakit paru–paru, sistem pakar ini akan menggunakan metode Case Base Reasoning (CBR) pada Bot Telegram. CBR menggunakan kecerdasan buatan (Aritifical Intelegent) yang dalam pemecahan permasalahannya berdasarkan pada knowledge dari kasus–kasus sebelumnya yang ada pada database. Data kasus yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kasus yang diperoleh dari catatan atau rekam medis hasil penanganan pasien atau penderita penyakit paru-paru yang didiagnosa oleh dokter spesialis paru. Bot Telegram merupakan program komputer yang melakukan pekerjaan tertentu secara otomatis untuk meringankan pekerjaan manusia. Terdapat 7 buah kasus lama, dan satu kasus baru yang akan digunakan untuk menghitung nilai kedekatannya dengan kasus lama. Hasilnya sistem akan memberikan keluaran atau output berupa kemungkinan penyakit dan saran pengobatan yang didasarkan pada kemiripan kasus baru degan kasus lama yang ada pada basis pengetahuan (knowledge) yang dimiliki sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Kajukaro, Y. Azhar, and M. Maskur, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-paru Menggunakan Metode Case Base Reasoning pada Telegram Bot”, JR, vol. 2, no. 6, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Widiawati dan Sugiman, "Perkembanagn Gadget dan Dampaknya Terhadap Kehidupan" Palembang, 2014.

Cece Nasehudin, "Perkembangan Teknologi Handphone Dalam Kehidupan Masyarakat", 2015.

Mulyadi, "Membuat Aplikasi Untuk Android", Multimedia Center Publishing, Yogyakarta, 2010.

Anggiat Cokrojoyo, Justinus Andjarwirawan, Agustinus Noertjahyana, "Pembuatan Bot Telegram Untuk Mengambil Informasi Dan Jadwal Flim Menggunakan PHP" 2017.

Dr. Jan Hendrokusumo Sp.P. FIZR , Ahli Penyakit Paru.

Diki andita kusuma, Charani, “Rancang Bangun Sistem Pakar Pndiagnosa Penyakit Paru–Paru Menggunakan Metode Case Base Reasoning”, 2016.

Firmansyah M, Mudjiraharjo P. “Sistem Monitoring Tegangan Arus Dan Daya Pada Pada Smart Grib Berbasis Raspberry PI 3 Terintergasi Dengan Media Sosial Telegram” 2017.

Gerunescu, “Algoritma Klasifikasi Nearest Neighbor” 2011.

Beal V. “What is Application Program Interface (API)”, 2015.