Remote Control Monitoring Simtem Irigasi Sprinkler Berbasis IoT Pada Tanaman Hortikultura

Main Article Content

Fakhrul Nasrulloh
Galih Wasis Wicaksono
Zamah Sari

Abstract

Dengan adanya lahan pertanian yang melimpah di Indonesia maka diperlukan suatu perencanaan jaringan irigasi yang lebih modern, berteknologi dan berinovasi. Hal tersebut dilakukan guna menunjang sistem irigasi yang baik sehingga mampu menghasilkan kualitas pertanian yang bagus. Remote control monitoring sistem irigasi sprinkler berbasis IoT (Internet of Things) merupakan rancangan jaringan irigasi sprinkler yang bisa digunakan dari jarak jauh menggunakan smartphone. Dimana pada sistem irigasi tersebut mengikuti perkembangan teknologi yang sudah berkembang di Indonesia saat ini yaitu industri 4.0. Desain dan rancangan komponen mikrokontroler sistem jaringan irigasi sprinkler berbasis IoT dapat terintegrasi dengan smartphone pada Blynk App dan tentunya terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk
terwujudnya suatu sistem irigasi sprinkler perlu dilakukan implementasi dan pengujian hardware maupun software guna mengetahui kinerja dari sistem irigasi. Mikrokontroler pada sistem irigasi sprinkler ini menggunnakan ESP8266 NodeMCU v3. Pemrograman pada board ESP8266 NodeMCU menggunakan bahasa pemrograman yang sama dengan Arduino yaitu bahasa C/C++ dan untuk melakukan pengembangan pemrograman juga support dengan software Arduino IDE. Komponen mikrokontroler yang dibahas dalam penelitian ini ialah kontroler motor servo, water
flow sensor, dan soil moisture sensor. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium terbuka milik Universitas Islam Malang (UNISMA) dengan lahan asli persawahan ukuran 10x10 meter dan tanpa memperhatikan faktor cuaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Nasrulloh, G. W. Wicaksono, and Z. Sari, “Remote Control Monitoring Simtem Irigasi Sprinkler Berbasis IoT Pada Tanaman Hortikultura”, JR, vol. 2, no. 10, Jan. 2024.
Section
Articles

References

M. D. Syamsiar, M. Rivai, and S. Suwito, “Rancang Bangun Sistem Irigasi Tanaman Otomatis Menggunakan Wireless Sensor Network,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, 2016.

S. Iqrima Hana, N. S. Juliyanti, I. Muhamad, and S. Imbarwati, “Metode Irigasi Curah dan Irigasi Tetes Pendahuluan,” Digilib.Uinsgd, no. 2011, 2017.

dona dwi Luckytasari, jadfan sidqi Fidari, and E. Purwati, “Perencanaan Jaringan Irigasi Pancar (Sprinkler Irrigation) Pada Tanaman Cabai(Capsicum annum L.) Di Desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Provinsi Bali,” 2018.

D. Rahmawati and K. Aji, “PERANCANGAN KEBUN MINI HEMAT AIR DENGAN SISTEM MIKROIRIGASI FUZZY OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO,” J. Ilm. rekayasa, vol. 8, no. 2, pp. 95–108, 2015.

D. megah Sari, Z. B. Hasanuddi, and Dewiani, “Sistem Kontrol Dan Monitoring Pertumbuhan Tanaman Hortikultura Pada Smart Garden,” J. IT, vol. 8, no. 1, pp. 6–15, 2017.

R. Efendi, “RANCANG BANGUN ALAT MONITORING SUHU, KELEMBAPAN TANAH DAN PH TANAH PADA LAHAN PERTANIAN TANAMAN PADI BERBASIS ANDROID,” pp. 1–120, 2019.

S. K. Saptomo, R. Isnain, and B. I. Setiawan, “IRIGASI CURAH OTOMATIS BERBASIS SISTEM PENGENDALI MIKRO,” vol. 8, no. 2, pp. 115–125, 2013.

D. Setiadi and M. N. A. Muhaemin, “PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IoT) PADA SISTEM MONITORING IRIGASI (SMART IRIGASI),” J. Infotronik, vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2018.

T. A. Zuraiyah, M. I. Suriansyah, and A. P. Akbar, “Smart Urban Farming Berbasis Internet Of Things ( IoT ),” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 3, no. 2, pp. 139–150, 2019.

R. Setiobudio and C. E. Suharyanto, “Sistem Irigasi Otomatis pada Tanaman Padi Menggunakan Arduino dan Sensor Kelembapan Tanah,” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 18, no. 1, pp. 1–10, 2019

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6