Integrasi Modern Honey Network Dengan Grafana Untuk Visualisasi

Main Article Content

Novandha Yudyanto
Syaifuddin Syaifuddin
Yufis Azhar

Abstract

Internet merupakan komoditas utama dalam hal komunikasi pada saat ini. Namun seiring dengan perkembangan zaman, penyerangan dalam internet semakin bertambah. Demi mencegah serangan tersebut banyak sistem atau program yang telah dikembangakan salah satunya ialah Honeypot . Honeypot mampu menahan, mendeteksi, dan mencatat serangan yang diterima guna mencari informasi mengenai serangan tersebut. Dengan menggunakan informasi tersebut akan lebih mudah untuk mencegah kerusakan apabila terjadi serangan yang serupa. Akan tetapi Honeypot masih belum banyak diminati oleh komunitas keamanan jaringan dikarenakan oleh rumitnya pengelolaan dan pemeliharaannya. Modern Honey Network atau MHN merupakan program open-source yang mampu menjalankan beberapa Honeypot sekaligus mengumpulkan log serangan yang diterima Honeypot tersebut. MHN bertujuan untuk mengatasi masalah rumitnya pengelolaan dan pemeliharaan Honeypot . Namun MHN tidak memiliki visualisasi untuk menganalisis pola serangan yang diterima oleh Honeypot . Hal ini tentu menyulitkan pengguna terlebih dengan banyaknya log yang dapat dihasilkan oleh Honeypot . Karena itulah dibutuhkan program untuk visualisasi log tersebut. Dalam penelitian ini Grafana digunakan untuk visualisasi log pada MHN. Dengan mengintegrasikan Grafana dengan MHN diharapkan pengguna MHN tidak kesulitan dalam membaca dan menganalisa log Honeypot .

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Yudyanto, S. Syaifuddin, and Y. Azhar, “Integrasi Modern Honey Network Dengan Grafana Untuk Visualisasi”, JR, vol. 2, no. 10, Jan. 2024.
Section
Articles

References

U. Gasser, J. Zittrain, R. Faris, and R. H. Jones, “Internet Monitor 2014: Reflections on the Digital World: Platforms, Policy, Privacy, and Public Discourse,” vol. 2014–17, p. 155, 2014.

B. B. Gupta, D. P. Agrawal, and H. Wang, Computer and Cyber Security: Principles, Algorithm, Applications, and Perspectives, no. 9. Boca Raton: CRC Press, 2019.

LanceSpitzner, Honeypots: Tracking Hackers, 2nd ed. Addison Wesley, 2002.

P. Kenealy and W. J. Noonan, Virtualization for Security, 1st ed. Burlington: Syngress Publishing, Inc., 2009.

S. M. Jigneshkumar, “Modern Honey Network,” Int. J. Res. Advent Technol., no. Special Issue, pp. 156–162, 2016

M. Mohammed and H. Rehman, Honeypots and Routers, Collecting Internet Attacks. Boca Raton: CRC Press, 2016.

H. Wafi, A. Fiade, N. Hakiem, and R. B. Bahaweres, “Implementation of a Modern Security Systems Honeypot Honey Network on Wireless Networks,” Int. Young Eng. Forum, pp. 91–96, 2017.

“What is Grafana? | Grafana Labs.” [Online]. Available:

https://grafana.com/docs/grafana/latest/guides/what-is-grafana/. [Accessed: 04-Apr2020].

V. Bontchev and V. Yosifova, “Analysis of the Global Attack Landscape Using Data from a Telnet Honeypot,” vol. 43, no. 2, pp. 264–282, 2019.

R. S. Pressman, Book review: Software Engineering: a Practitioner’s Approach, 5th ed., vol. 10, no. 6. Thomas Cason, 1995

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>