Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner Kota Malang Dengan Metode Collaborative Filtering Dan Location Based Filtering

Main Article Content

Rendra Sandi Rendra Rakasiwi

Abstract

Wisata merupakan sebuah identitas bagi setiap kota yang memiliki nilai tersendiri untuk di kunjungi oleh wisatawan. Pada umumya yang sering di jumpai oleh wisatawan adalah wisata alam dan wisata kuliner. Dalam penelitian ini akan membahas penelitian tentang wisata kuliner yang ada di Kota Malang. Dimana terdapat permasalahan wisatawan mengalami kebingungan dalam menentukan tempat kuliner yang sesuai dengan keinginan wisatawan tersebut. Maka dari itu dalam penelitian ini, metode collaborative filtering dan location based filtering akan digunakan untuk menentukan rekomendasi wisata kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah penggunaan metode collaborative filtering yang di bagi menjadi 2 tahap yaitu tahap user based untuk menentukan tempat kuliner berdasarkan kriteria karakter setiap pengguna yang memiliki kesamaan dan tahap item based untuk menentukan tempat kuliner berdasarkan nilai rating tiap tempat kuliner yang memiliki kesamaan. Selanjutnya untuk metode location based filtering digunakan untuk menyaring tempat kuliner yang memiliki lokasi terdekat dengan wisatawan. Untuk menyamakan karakter antar pengguna begitu juga dengan nilai rating tempat kuliner akan digunakan persamaan adjusted cosine similarity. Untuk pengujian sendiri akan digunakan metode black box, dimana mencoba satu persatu fitur yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. S. R. Rakasiwi, “Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner Kota Malang Dengan Metode Collaborative Filtering Dan Location Based Filtering”, JR, vol. 2, no. 12, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Adi Robertus N., 2015, Prototipe Sistem Rekomendasi Menu Makanan Dengan Pendekatan Contextual Model Dan Multi-Criteria Decission Making, Media Teknika Jurnal Teknologi Vol. 10, 2 Desember 2015, Universitas Sanata Dharma.

Nuryunita Kirana, Nurhadryani Yani,. 2013, Pembuatan Modul Rekomendasi Pada OpenCart Menggunakan Metode Item-based Collaborative Filtering, Jurnal Ilmu Komputer AgriInformatika Vol. 2 No.1, Bogor Agricultural University.

Prama Indah S. C. P, Gunawan Hendra,. 2016, Sistem Informasi Geografis Lokasi Wisata Kuliner Di Kota Pekanbaru Berbasis Web, IT Journal Research And Developmnet Vol. 1 No.1, Teknik Informatika Universitas Islam Riau, 2016.

Tumimomor Mailany, Jando Emanuel, Meolbatak Emiliana, 2013, Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Kupang, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika Vol. 1, No. 2 Juli 2013, Teknik Informatika Universitas Katolik Widya Mandira: Kupang.

Enggar Mashita, K., Budisusanto Yanto, 2015, Aplikasi Google Maps API Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web ( Studi Kasus: Kabupaten Sidoarjo ), GEOID Vol.10, No.2 Februari 2015 Teknik Geomatika Kampus ITS Sukolilo: Surabaya.

Hadi Sayekti A., Saptono Ristu, Salamah Umi, 2012, Peningkatan Efektivitas Metode UserItem Based Collaborative Filtering Pada Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner Kota Solo, Jurnal ITSMART Vol. 1, No.1 Juni 2012, Universitas Sebelas Maret.

Kurniawan Arif, 2016, Sistem Rekomendasi Produk Sepatu Dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016, Universitas Jenderal Achmad Yani.