Sistem Administrasi Kependudukan di Desa Mekarsari Berbasis Java Desktop

Main Article Content

Wildan Wildan
Rendi Prasetya
Nofita Rismawati

Abstract

Pada saat ini  sistem berbasis komputer banyak diterapkan pada kegiatan pelayanan, dengan diterapkannya sistem ini diharapkan dapat menambah kualitas dari pelayanan. Setiap warga negara juga berhak atas pelayanan publik yang baik, penjelasan tersebut terdapat dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dimana negara berkewajiban melayani setiap warga negaranya dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang standar pelayanan minimum Desa. Pada sistem yang berjalan saat ini Desa Mekarsari membutuhkan waktu lama dalam melayani penduduk dan menghambat kinerja staf, karena pengolahan data yang tidak efisien. Berpikir bahwasannya sistem masih kurang efisien, maka dibangunlah sebuah sistem administrasi kependudukan di Desa Mekarsari berbasis desktop. Dengan dibangunnya sistem ini diharapkan dapat membuat sistem yang sesuai dengan kebutuhan, mudah digunakan, dan pembuatan laporan yang cepat, tepat dan akurat, sehingga tujuan mempermudah dalam pelayanan administrasi akan tercapai. Metode dalam membangun sistem yang digunakan adalah waterfall, dengan tahapan-tahapan pada metode waterfall ini sistem administrasi yang dibangun akan sesuai dengan kebutuhan Desa Mekarsari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Wildan, R. Prasetya, and N. Rismawati, “ Sistem Administrasi Kependudukan di Desa Mekarsari Berbasis Java Desktop”, JR, vol. 3, no. 1, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Harliyan, “Analisa Dan Perancangan Sistemn Informasi Kependudukan Desa Studi Kasus Desa Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka,” J. Sist., vol. 3, hal. 13–24, 2014.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi, 2015.

Sugiyono, Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta, 2016.

W. Nugraha, M. Syarif, dan W. S. Dharmawan, “Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi,” Nugraha, Wahyu Syarif, Muhamad Weiskhy Steven Dharmawan, vol. 03, no. 01, hal. 23–29, 2018.

R. Ariani Sukamto dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2014.

F. Hari Utami dan Asnawati, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

T. Connolly dan C. Begg, Database System A Practical Approach to Design, Implementation, and Management Fifth Edition. Boston: Pearson Education, 2010.

Kusrini, Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: ANDI, 2007.

Trisyanto, Analisis & Perancangan Sistem Basis Data. Surabaya: CV Garuda Mas Sejahtera, 2017.

P. Botella dkk., “ISO/IEC 9126 in practice: what do we need to know?,” Softw. Meas. Eur. Forum 2004, hal. 297–306, 2004, [Daring]. Tersedia pada:

http://www.lsi.upc.es/~jmarco/publications_pdfs/SMEF2004.pdf.

V. Rosalina, “Pengujian Sistem Customer Relationship Management ( CRM ) pada Perusahaan Petrokimia Menggunakan ISO / IEC 9126,” hal. 1–7, 2015.