Perancangan Smart Charger Untuk Meghindari Overheat Pada Baterai Lithium-Ion

Main Article Content

Agung Wahyu Purnadi
Zamah Sari
Fauzi Dwi Setiawan Sumadi

Abstract

Untuk mengisi daya pada smartphone dibutuhkan charger sebagai media pengisian, charger smartphone hanya akan berhenti mengisi ketika dilepas dari sumber listrik,hal ini menyebabkan baterai mengalami over heat dan bisa mengakibatkan baterai meledak karena baterai cukup sensitive dengan suhu panas dan hanya bisa mencapai batas maksimal 45o, smart charger adalah charger yang dapat secara otomatis memutus aliran listrik ketika level baterai mencapai 100%, selain itu smart charger mendeteksi suhu baterai pada smartphone menggunakan aplikasi yang dikirimkan melalui bluetoth HC-05 selanjutnya data akan diolah dan menghasilkan output apaka pengisian daya bisa dilakukan atau tidak, jika pengisian bisa dilakukan mikrokontroler akan memberi perintah ke riley untuk membuka arus listrik dan melakukan pengisian daya pada smart phone, sebaliknya apabila kondisi baterai tidak memenuhi syarat maka mikrokontroler akan memberi perintah pada riley untuk menutup arus listrik sehingga pengisian daya tidak bisa dilakukan, terdapat tombol emergency pada alat smart charger untuk mematikan rangkaian sehingga menjadi charger biasa, hal ini ditujuakan agar charger tetap bisa digunakan ketika smartphone mati dan tidak bisa mengirim data kepada smart charger.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. W. Purnadi, Z. Sari, and F. D. S. Sumadi, “Perancangan Smart Charger Untuk Meghindari Overheat Pada Baterai Lithium-Ion”, JR, vol. 3, no. 1, Jan. 2024.
Section
Articles

References

R. Gunawan, “Perancangan Alat Dan Sistem Smart Charger Pada Smartphone Menggunakan Arduino,” 2017.

S. Putra, “Rancang Alat dan Aplikasi Smart Charger pada Smartphone,” 2018.

M. T. Afif, I. Ayu, and P. Pratiwi, “Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion , Lithium-Polymer , Lead Acid Dan Nickel-Metal Hydride Pada Penggunaan Mobil Listrik - Review,” vol. 6, no. 2, pp. 95–99, 2015.

E. Yulianti, R. D. Saputri, and H. Jodi, “Synthesis of Solid Polymer Electrolyte Based on Chitosan Montmorillonite Nanocomposite for Battery Application,” pp. 77–83, 2013.

G. Nagasubramanian and R. G. Jungst, “Energy and Power Characteristics.”

B. V Ratnakumar and K. B. Chin, “Performance characteristics of lithium ion cells at low temperatures,” no. January, 2003.

M. Hilmi and I. Danial, “Smart Charger Based on IoT Concept,” vol. 2, no. 1, pp. 39–44, 2019.

P. S. Teguh Susilo, Susijanto Rasmana, “Sistem Kontrol Charger Handphone Otomatis Berbasis Android,” 2018.

M. F. M. Elias, K. M. Nor, and S. M. Ieee, “Design of Smart Charger for Series Lithium-Ion Batteries,” no. December, 2005.

F. T. P. W and H. Priyatman, “Rancang Bangun Kendali Lampu On / Off Dengan Smartphone Android Via Bluetooth Darwin Sudarma Pembimbing :,” pp. 1–5, 2013.

M.-S. J. Yu-shin LIN, Kuei-Han Chen, “Remote Bluthooth Comunication System.pdf.” .

Rindri Andewi Gati, “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” Univ. Brawijaya Malang, 2006.

L. S. Musianto, “Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian,” J. Manaj. dan Wirausaha, vol. 4, no. 2, pp. 123–136, 2002.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>